Menu

9 Manfaat yang Kamu Dapat Bila Ikut Ekskul Teater

Di tiap sekolah-sekolah, pasti ada yang namanya ekstrakulikul atau ekskul—yang dapat dipilih oleh para siswa/siswi sesuai dengan minat mereka masing-masing. Ekskul-ekskul di sekolah itu banyak banget macemnya, gaes. Sebut saja, basket, voli, futsal, pramuka, paskibraka, vokal, tari, modern dance, teater dan lain sebagainya.

Di antara sejumlah cabang ekskul di sekolah, teater jadi salah satu yang paling banyak diminati. Ya, gimana nggak, hampir setiap acara sekolah pasti ekskul ini ambil bagian dalam pementasan. Ekskul teater ini selalu menampilkan sesuatu yang unik, beda, dan (kadang) bikin kita tercengang. Hihihi.

Menjadi salah satu anggota teater juga nggak menutup kemungkinan kamu bakal tenar di seantero sekolah, lho. Tapi apakah cuma itu manfaat yang bisa diambil, dari gabung ke ekskul drama?

Tentunya nggak, dong. Masih banyak kok dampak positif yang bisa kamu kantongi dari menjadi anggota teater. Penasaran apa aja? Berikut 9 di antaranya!

1. Meningkatkan rasa percaya diri

meningkatkan percaya diriKalau kamu tipe orang yang malu-malu dan nggak percaya diri (PD), coba deh gabung ke dalam ekskul teater. Di sana, kamu akan dilatih tampil PD di muka umum. Awalnya, kamu akan diminta berbicara di depan cermin tanpa memalingkan tatapan mata. Kemudian kamu mulai berlatih monolog (berdialog seorang diri) di depan teman-temanmu.

Mungkin awalnya masih ragu-ragu, tapi lama kelamaan akan menjadi biasa kok. Apalagi saat udah pentas, kamu akan merasakan kepuasaan tersendirisaat ada banyak mata fokus pada penampilanmu di atas panggung. Rasa grogi yang tadinya nempel, segera deh pergi jauh-jauh dengan sendirinya.

2. Badan jadi lebih sehat

badan jadi lebih sehat

Dalam latihan teater, kamu akan mengenal yang namanya olah tubuh, olah suara dan olah pikir. Olah tubuh difokuskan pada gerakan badan dan melatih kelenturan agar saat memerankan satu tokoh nanti—gestur yang kamu perlihatkan bisa memperkuat karakter yang tengah dimainkan.

Mayoritas pertunjukan teater masih mengandalkan suara murni aka tidak menggunakan pengeras suara, lho. Maka dari itu, penting banget untuk melatih suaramu biar bisa terdengar jelas tanpa harus berteriak atau membuatmu lelah.

Terakhir ada olah pikir dimana kamu akan diajarkan berkonsentrasi dan meresapi karakter tokoh yang akan diperankan. Dalam latihan ini, diperlukan fokus yang baik layak kayak meditasi gitu, gaes.

Ketiga latihan dasar tadi, secara nggak langsung akan memberikan efek menyegarkan pada badan serta pikiran. Jadi makin sehat sekaligus, ‘kan?

3. Melatih mental berani

melatih mental beraniKetika tampil, anak teater itu harus penuh totalitas. Persiapannya juga nggak mudah, gaes. Bakal nguras banyak energi dan waktu! Dengan ikut ekskul ini, kamu dilatih untuk terbiasa dengan tekanan dan jadi pribadi yang kuat. Widihh, mantap!

Dan yang paling penting, kamu jadi berani tampil di depan umum, gaes.

4. Melatih kemampuan menghafal

melatih kemampuan menghafal

Di sekolah/kampus, kamu pasti dituntut bisa menghafalkan banyak materi pelajaran sekaligus, ‘kan? Nggak dipungkiri bahwa kegiatan menghafal bisa terasa amat sulit, apalagi jika kamu gak tau teknik menghafal yang benar.

Nah, dalam ekskul teater nantinya kamu akan diajarkan bagaimana menghafalkan dialog. Bukan semata-mata untuk mengingat semua dialog—mulai dari titik sampai komanya. Tapi, bagaimana kamu menghafal cerita secara garis besar. Lalu sebagai pemain, nantinya kamu harus bisa berimprovisasi dengan luwes.

5. Mengenali diri sendiri

mengenal diri sendiri

Lewat ekskul teater, kamu pasti berkesempatan memainkan banyak peran. Misalnya menjadi seorang putri kerajaan, seorang yang sedang tertekan, atau bahkan memerankan lawan jenis dan harus berperilaku layaknya seorang laki-laki ataupun perempuan. Dengan mengolah emosi yang berbeda-beda dari tiap karakter itu—percaya nggak percaya, kamu akan menemukan perbedaan dan persamaan dengan sifat aslimu.

Jadi, kamu bisa belajar untuk mengenali diri sendiri dan menemukan jati diri. Itu juga bisa membantumu menentukan akan menjadi apa kamu nantinya, gaes.

6. Latihan jadi aktor/aktris

latihan jadi aktor/aktris

Buat kamu yang cita-citanya jadi pemain film ketika udah gede nanti, lewat ekskul inilah kamu belajar dasar-dasar akting dan seni pentas. Nggak cuma yang di depan panggung aja, gaes! Tapi juga berbagai pekerjaan di belakang panggung yang enggak kalah seru bisa kamu pelajari.

7. Mudah beradaptasi

mudah beradaptasi

Ekskul teater mengajarkan kamu jadi lebih memahami orang- orang di sekitar, lho, gaes. Kamu bisa jadi lebih tau bagaimana berperilaku dan bisa mudah diterima di mana aja.

Intinya, kamu akan diajarkan jadi orang yang supel dan mudah beradaptasi di tempat baru.

8. Punya banyak kenalan

punya banyak kenalanMengikuti salah satu ekskul di sekolah, tentunya bakal memperluas jaringan pertemananmu. Kalau sebelumnya kamu hanya mengenal teman-teman sekelas aja, kini kamu juga bisa akrab dengan kawan lintas kelas, bahkan dengan adik atau kakak kelas.

Manfaat yang satu ini, nggak cuma didapat dari ekskul teater aja kok, gaes. Dengan mengikuti ekskul, kamu juga bisa meraih kesempatan yang sama. Asyik ‘kan, bisa punya banyak kenalan di sekolah?

9. Waktumu tersalurkan ke hal-hal yang positif

hal positifApapun jenis ekskul yang kamu ikuti di sekolah, tentunya membawa dampak yang positif. Nggak terkecuali ekskul teater, ini. Salah satu manfaat yang paling nyata dirasa adalah waktu luangmu nggak terbuang sia-sia. Daripada nongkrong, bergosip atau menghabiskan uang jajan untuk sesuatu yang nggak perlu, lebih baik mengasah kemampuan dan bakat yang dimiliki, ‘kan?

Jadi, gimana tertarik bergabung jadi anak teater?

Baca juga:

 

(Sumber gambar: experiencecolumbus.com, dailybruin.com, live-everythingbk.time.ly, hkit.com, thoughtco.com, harmoniaschool.org, cinnaminsonsun.com, stories.butler.edu, ydr.com)

LATEST COMMENT
Khaedirul faqih | 11 jam yang lalu

karena bidikmisi itu sesuai dengan yang lebih dahulu mengeluarkan pengumuman

Program Bidikmisi Jalur SNMPTN, SBMPTN dan Ujian Mandiri/PMDK/UMPN 2019
Khaedirul faqih | 11 jam yang lalu

kalo ga salah disuruh prioritaskan yang lebih dahulu keluar pengumuman

Program Bidikmisi Jalur SNMPTN, SBMPTN dan Ujian Mandiri/PMDK/UMPN 2019
Rudjanah Widya Sari | 17 jam yang lalu

Boleh kok S1/S2 itu diambil kan cuman sebentar klo udh slesai D4 nya

Apa Sih, Bedanya D1, D2, D3, D4 dan S1?
Arifin Yuwono | 17 jam yang lalu

Kebetulan saya jg lulusan Gizi dari AKZI Depkes RI. Maaf hanya ingin sharing saja. Terimakasih

Profesiku: Ahli Diet dan Nutrisi, Irna Herawati
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©