5 Hobi yang Bisa Bikin Kamu Tambah Pintar

Ternyata hobi nggak cuma berfungsi sebagai hiburan atau kegiatan yang bisa bikin kamu rileks, sob. Hobi juga bisa bikin kamu tambah pintar, lho, termasuk kalau hobi kamu main video game (dan sama sekali nggak hobi baca buku pelajaran!).

Berikut lima hobi yang bisa mendongkrak kepintaran kamu, plus penjelasannya.

1. Rutin berolahraga

Kenapa bisa bikin tambah pintar? Karena…

Olahraga bisa meningkatkan daya ingat terhadap objek. Artinya, kalau kamu pernah melihat suatu benda, kamu akan cepat mengingatnya ketika lain kali melihat benda tersebut lagi.

Menurut penelitian Dartmouth College tahun 2009, rutin olahraga membuat otak menghasilkan suatu zat protein bernama Brain-Derived Neurotrophic Factor (BDNF), yang berpengaruh terhadap kemampuan kognitif, misalnya, daya ingat jangka panjang.

Tips: berolahraga jangan jadi beban, gaes! Pilih satu kegiatan “bergerak” yang paling kamu suka, dan lakukan dengan konsisten. Lari-lari kecil pun boleh, asalkan jangan sekedar lari-lari kecil di pikiran si do’i, ya.

2. Main alat musik

Kenapa bisa bikin tambah pintar? Karena…

Main alat musik bisa mendorong perkembangan fungsi-fungsi eksekutif dalam otak, sehingga kemampuan kognitif dan prestasi akademik kamu jadi meningkat cepat.

Menurut penelitian Boston Children’s Hospital tahun 2014, anak-anak yang bisa bermain alat musik menunjukkan peningkatan kemampuan verbal—dengan kata lain, kemampuan bicaranya jadi lebih cepat lancar—dan kecepatan memproses informasi

Tips: semakin muda kamu mulai belajar main musik, semakin banyak manfaat yang kamu dapat. Nggak harus selalu dengan ikut les, kok. Kamu juga bisa belajar sendiri, dengan Youtube, misalnya.

3. Main video game

Kenapa bisa bikin tambah pintar? Karena…

Menurut penelitian Leiden University tahun 2012, main video game bisa mengembangkan working memory, yaitu sebuah sistem di otak yang bertugas untuk menyimpan dan memproses informasi, baik informasi baru maupun lama.

Lalu, menurut hasil riset Charite tahun 2013, main video game bisa memperbaiki performa navigasi ruang, perencanaan strategis, dan performa motorik kita. Bermain game selama 30 menit sehari bisa meningkatkan “gray matter” di otak, lho. FYI, “gray matter” adalah bagian otak yang menjadi pusat syaraf.

4. Belajar bahasa asing

Kenapa bisa bikin tambah pintar? Karena…

Sama seperti kemampuan bermain alat musik, kemampuan berbicara dalam beberapa bahasa bisa memperbaiki fungsi eksekutif pada otak. Kalau fungsi eksekutif otak kita bagus, kita jadi bisa melaksanakan tugas-tugas yang berat (secara mental) dengan lebih bagus juga.

Bahkan hasil riset Cerebrum tahun 2012 mengatakan, orang-orang bilingual lebih jago menyelesaikan puzzle atau teka-teki, membuat perencanaan, dan manajemen tugas, karena otaknya lebih fokus dan bisa beralih tugas dengan cepat.

Tips: malas belajar bahasa asing karena merasa repot dan nggak punya waktu? Alasan ah, sob! Karena pada faktanya, sekarang ada banyak banget aplikasi mobile belajar bahasa yang canggih, praktis, bahkan gratis. Kamu bisa belajar dimana aja, kapan aja.

5. Membaca

Kenapa bisa bikin tambah pintar? Karena…

Rutin membaca tiap hari akan meningkatkan konektivitas di korteks temporal kiri otak, yaitu bagian otak yang terasosiasi dengan penyerapan bahasa.

Orang yang hobi baca akan mengalami “perwujudan semantik”, yaitu sebuah proses yang menyerupai koneksi otak saat si pembaca mengalami hal yang sebenarnya.

Contohnya, nih, kalau kamu membaca buku tentang lomba lari, maka otak kamu akan mengalami koneksi syarat yang muncul kalau kamu sedang lomba lari beneran.

Tips: untuk jadi pintar, kamu nggak harus baca-baca buku yang berat atau intelek, lho. Membaca apapun bisa bikin otak kamu “berenergi”, termasuk buku komik dan artikel-artikel di Internet.

Intinya, walaupun kamu merasa lagi banyak tugas dan ujian di sekolah atau kampus, jangan merasa guilty feeling kalau sekali-kali rehat sejenak untuk melakukan hobi kamu, terutama hobi-hobi di atas. Bermanfaat dan nggak akan “buang waktu” kamu, kok.

(sumber gambar: proessaywriter.net)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 17 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 27 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1