Studyblr, Alternatif Teknik Belajar yang Hits nan Estetik

Pernah, nggak, sih kamu ngerasa suntuk banget ketika belajar? Rasanya nggak ada satu materi pun yang berhasil nyangkut di otak. Mungkin itu pertanda kalau sudah saatnya kamu mengganti teknik belajar dengan sesuatu yang lebih fresh dan menyenangkan.

Belajar dengan cara yang menyenangkan? Yakin bisa? 

Bisa banget, dong. Dan Studyblr bisa menjadi salah satu solusinya.

Studyblr tuh apa, sih?

Studyblr merupakan gabungan dari kata "Study" yang artinya belajar dan "Tumblr", situs blogging yang menjadi asal mula munculnya tren ini.

Yes, Studyblr awalnya memang merupakan sebuah kategori di tumblr yang berisi postingan mengenai tips–tips belajar, journaling, planner decorating, hingga manajemen waktu untuk siswa maupun mahasiswa.

Studyblr kemudian berkembang menjadi sebuah teknik belajar yang unik dan menarik karena menojolkan segi estetik. Egimana?

Blogger atau pengguna Tumblr yang menerapkan teknik ini biasanya akan meng-upload apa yang mereka buat di  Studyblr ke media sosialnya masing-masing. Karya yang di-upload ini bentuknya macam-macam lho. Mulai dari catatan, jadwal pelajaran, daily planner, hingga bullet journal. Ciri khasnya adalah tampilan yang kreatif, terstruktur, namun lebih catchy.

Nah, karena makin banyak yang tertarik dengan gaya dan tampilan Studyblr, maka akhirnya dibuat sistem belajar a la Studyblr. Studyblr pun nggak lagi menjadi istilah untuk fitur aja, tetapi lebih beken sebagai nama teknik belajar.

studyblr

Langkah mudah menggunakan Studyblr

Sekarang kamu pasti penasaran, ‘kan, gimana sih cara melakukan  teknik Studyblr dalam aktivitas belajar sehari-hari? Youthmanual merangkum cara sederhana untuk memulai Studyblr kamu sendiri:

1. Gunakan pensil atau atau alat tulis lainnya yang warna-warni untuk meyalin catatan yang sudah kamu buat di kelas ke buku lain yang lebih rapi. Selain bisa memudahkan kamu untuk membaca-baca materi, cara ini juga membantu kamu untuk menyerap pelajaran dengan lebih mudah.

2. Tambahkan doodle dan gambar–gambar lucu, biar catatanmu makin menarik dan seru untuk dibaca. Nggak bisa gambar? Nggak perlu bingung, kamu bisa kok membuat bentuk-bentuk abstrak di sudut-sudut catatanmu sebagai pemanis agar catatanmu nggak kelihatan b aja.

Psst, menurut penelitian, gambar atau simbol akan lebih mudah diingat, lho, dibandingkan dengan kata-kata. Misalnya, simbol berupa inisial nama gebetan. Yekaaan??

3. Manfaatkan highlighter dan sticky notes untuk mempertegas poin-poin tertentu dalam catatanmu. Hal ini juga berfungsi sebagai bookmark yang mempermudah kamu untuk mencari informasi tertentu dari buku catatanmu.

Seru banget ‘kan?

Oya, kamu tentunya boleh banget, nih, meng-update hasil karya a la Studyblr-mu ke media sosial seperti Instagram maupun blog pribadi. Jangan lupa menyertakan hashtag #studyblr dan caption yang kece. Siapa tau, ada temanmu atau sesama pelajar lain yang terinspirasi dengan karya buatanmu.

Beidewei, ada, lho, komunitas Studyblr di ragam media sosial memang memungkinkan kamu untuk saling berbagi informasi dengan banyak "pelaku" Studyblr lain dari luar kota, bahkan luar negeri. Lumayan ‘kan, bisa saling bertukar catatan sembari menambah kawan baru.

Gimana, gaes? Kamu tertarik untuk mencoba tren belajar yang satu ini?

Baca juga:

(sumber gambar: studytherin.tumblr.com, fizzilizzi.tumblr.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 13 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 23 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1