Menu

Serba-Serbi SMK: Bidang dan Jurusan SMK Bisnis dan Manajemen

Bidang bisnis & manajemen adalah salah satu bidang jurusan terfavorit di kalangan para pelajar SMP yang ingin melanjutkan ke SMK. Karena prinsip bisnis ekonomi nggak akan pernah lepas dari kehidupan sehari-hari, penerapan bidang ini tentu juga akan selalu digunakan dan dibutuhkan dalam setiap aspek dan industri tanpa terkecuali.

Seiring berkembangnya zaman, jurusan yang dipayungi oleh bidang ini kini nggak cuma mempelajari Akuntansi, Manajemen, dan Ilmu Ekonomi aja, lho, gaes. Pilihan jurusan di SMK juga semakin beragam. Belum lagi peran teknologi serta pergeseran kebutuhan masyarakat di era digital ini.

Cakupan Studi

Bidang bisnis dan manajemen di SMK mencakup lima jurusan yang terbagi ke dalam 3 program keahlian sebagai berikut:

  • Bisnis dan Pemasaran

    • Bisnis Daring dan Pemasaran

  • Manajemen Perkantoran

    • Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran

  • Akuntansi dan Keuangan

    • Akuntansi dan Keuangan Lembaga

    • Perbankan dan Keuangan Mikro

    • Perbankan Syariah

Sejarah dan Perkembangan

Ekonomi sendiri ada sejak manusia menciptakan, memasok, serta mendistribusikan barang atau jasa. Dimulai dari sistem barter (tukar-menukar barang), ekonomi terus berkembang menjadi suatu sistem yang jauh lebih kompleks seperti uang komoditas, kurs mata uang, sampai hukum yang mengikat transaksi. Sistem ekonomi kompleks yang pertama kali digunakan oleh masyarakat kuno Babilonia (1696 – 1654 SM) adalah sistem ekonomi yang paling mendekati sistem ekonomi modern yang kita gunakan saat ini.

Dalam teori ekonomi, bisnis adalah adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau organisasi lainnya untuk mendapatkan laba. Jika dihubungkan dengan pelakunya, bisnis merupakan kesibukan mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. Lalu tata kelola ekonomi dan bisnis seringkali disebut manajemen.

Akibat pengaruh globalisasi dan perkembangan teknologi, bidang bisnis dan manajemen berkembang semakin pesat dikarenakan dunia yang seakan tanpa batas dan mudah serta cepatnya proses pertukaran informasi kepada siapapun, di mana pun, dan kapan pun. Bidang ini kini telah berkembang sesuai dengan kebutuhan dan tren masyarakat modern serta pengaruh sektor-sektor lain dan menumbuhkan konsep ekonomi baru, seperti e-commerce dan ekonomi kreatif.

Berdasarkan data dari Harvard Business Review (hbr.org), lebih dari 60% aktivitas on-demand economy terjadi pada online marketplace, dan 49% dari komposisi konsumennya adalah generasi milenial—alias generasi muda.

Gambaran Bidang di Indonesia

Menurut data BPS tahun 2016, Indonesia sebagai negara berkembang memiliki pertumbuhan ekonomi yang terbilang pesat, yaitu sebesar 5.02%. Faktor ilmu pengetahuan dan teknologi, serta peralihan bisnis dan menajemen yang begitu cepat adalah salah satu faktor yang paling berpengaruh, yang artinya semakin cepat perkembangan teknologi suatu negara, semakin cepat pula dampaknya pada bisnis, efisiensi dari sisi manajemen, kualitas dan kuantitas serangkaian aktivitas pembangunan ekonomi yang dilakukan dan pada akhirnya berakibat pada percepatan laju pertumbuhan perekonomian.

Saat ini, Indonesia menempati posisi ke 16 dalam daftar negara dengan perekonomian terbesar di dunia. Menurut laporan McKinsey, pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang pesat akan menaikkan posisi negara kita sebagai negara dengan perekonomian terbesar ke-7, mengalahkan Jerman dan Inggris pada tahun 2030 mendatang. Pasalnya, perkembangan berbagai sektor perekonomian di Indonesia benar-benar terbantu oleh intervensi teknologi, sehingga nggak hanya jumlah konsumer aktif saja yang meningkat, tetapi juga hasil ekspor serta manufaktur (produksi barang).

Prospek Karir

Lulusan dari jurusan di bidang bisnis dan manajemen ibarat ‘bunglon’ yang bisa masuk ke mana saja. Soalnya, di dunia ini nggak ada yang industri yang nggak membutuhkan tenaga yang berasal dari bidang bisnis dan manajemennya.

Ada banyaaak banget pilihan profesi dan karier yang dapat kamu jajal. Namun umumnya, lulusan bidang ini berkarier di:

  • Instansi pemerintahan, lembaga kenegaraan, dan BUMN seperti Kementrian Keuangan, Bappenas, Bappeda, KPPU, BPK, Bank Indonesia, Pegadaian, Dinas Perpajakan, dan lain-lain,

  • Sektor swasta seperti perbankan, Leasing, Asuransi, Pasar Modal, Kantor Akuntan, Perusahaan profit & nonprofit lainnya.

  • Perusahaan asing

  • Organisasi publik dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)

  • Lembaga pendidikan dan penelitian

  • Wirausaha, dan lainnya.

Jurusan Kuliah yang Relevan

Baca juga:

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©