Menu

Apa, Sih, Beasiswa Kuliah Bidikmisi Itu? Dan Bagaimana Cara Mendapatkannya

Beasiswa Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan buat calon mahasiswa yang nggak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik, baik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada program studi unggulan sampai lulus tepat waktu. Program ini diselenggarakan sejak tahun 2010.

Bantuan biaya pendidikan diberikan sejak calon mahasiswa dinyatakan diterima di perguruan tinggi selama 8 semester untuk program Diploma IV dan S1, dan selama 6 semester untuk program Diploma III.

Beasiswa Bidikmisi ini berupa pembebasan dari seluruh biaya pendidikan selama di perguruan tinggi, baik uang pangkal maupun SPP per bulan. Selain itu, mahasiswa penerima beasiswa juga menerima uang saku sebesar Rp600.000 untuk biaya kuliahnya yang akan diterimanya setiap 6 bulan sekali.

Meskipun mahasiswa Bidikmisi dari kalangan kurang mampu, tapi prestasi mereka selalu tinggi lho, sob. Menurut Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kak Intan Ahmad, lebih dari 51% mahasiswa Bidikmisi mempunyai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3-3,5, 28% meraih IPK 3,5 dan 0,7% bisa mencapai IPK 4!  

Selain itu, banyak mahasiswa Bidikmisi yang terpilih dalam program pertukaran pelajar ke luar negeri atau mejadi delegasi lomba berkelas dunia.

Bapak Menristek-Dikti, Mohammad Nasir, bilang kalau beasiswa Bidikmisi memang dibuat agar mahasiswa terpacu untuk mencapai impiannya. Mereka yang datang dari kalangan nggak mampu, akan berusaha sebaik-baiknya untuk mengubah nasib keluarga.

Oleh karena itu, salah satu persyaratan yang paling penting dalam program beasiswa Bidikmisi adalah rekomendasi sekolah yang menyatakan kalau kamu berprestasi secara akademik.

Syarat umum untuk mendaftar program beasiswa Bidikmisi:

1. Siswa SMA/SMK/MA atau bentuk lain yang sederajat

2. Lulusan tahun sebelumnya yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing- masing perguruan tinggi

3. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun

4. Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria:

  • Siswa penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM) atau Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau sejenisnya; atau
  • Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali (suami istri) maksimal sebesar Rp 3.000.000,00 per bulan dan atau pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp 750.000,00 setiap bulannya.

5. Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4

6. Memiliki potensi akademik baik berdasarkan rekomendasi obyektif dan akurat dari Kepala Sekolah

7. Pendaftar difasilitasi untuk memilih salah satu diantara PTN atau PTS dengan ketentuan:

  • PTN dengan pilihan seleksi masuk: SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Mandiri PTN
  • Politeknik, UT, dan ISI
  • PTS sesuai dengan pilihan seleksi masuk

Kamu juga bisa mencari tahu lebih banyak soal program beasiswa Bidikmisi di sini.

***

Yuk, persipakan diri kamu sebaik-baiknya sejak dari bangku sekolah, gaes! Cari tahu apakah sekolah kamu bisa membantu kamu dalam mendapatkan beasiswa Bidikmisi dan sebarkan berita baik ini ke teman-teman!

(Sumber gambar: populer.web.id, international.ui.ac.id)


LATEST COMMENT
Yoga Satriya | 6 jam yang lalu

Sastra Inggris Universitas Negeri Malang (UM) Alhamdulillah sudah terakreditasi A :) http://www.um.ac.id/page/akreditasi-prodi

Kampus Terbaik Jurusan Sastra Inggris dan Serba Serbi Jurusan Ini
Pelentt Piakk | 12 jam yang lalu

free endorsementt. bole cek IG ku ya guys..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
ades | 14 jam yang lalu

Ilmu komunikasi ui masuk rumpun ipa apa ips

Q & A Tanya Youthmanual: Bedah Jurusan Ilmu Komunikasi
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2018 Youthmanual ©