Menu

UGM Kampus dengan Kegiatan Kemahasiswaan Terbaik dan Prestasi Perguruan Tinggi Lainnya

Universitas Indonesia dan Universitas Airlangga merupakan kampus dengan pusat karier (career center) terbaik berdasarkan Anugerah Kemahasiswaan 2017 yang diberikan oleh Kementerian Riset  Teknologi dan Pendidikan Tinggi awal Desember lalu. Cek juga prestasi perguruan tinggi lainnya sebagai bahan pertimbangan kamu dalam memilih kampus.

Bagi yang sudah kuliah, cek apakah kampusmu merupakan salah satu yang terbaik.

Kampus dengan Pusat Karir Terbaik

Bagi yang belum tahu, pusat karier merupakan bagian penting kampus zaman now. Yup, perguruan tinggi nggak hanya membekali mahasiswa dengan ilmu dan skill akademik tetapi juga kesiapan dan soft skills untuk masuk dunia kerja. Pusat karier di kampus-kampus melakukan pembekalan kerja serta wirausaha, sekaligus menjadi penghubung antara perusahaan dengan mahasiswa/freshgrad. Nah, Universitas Indonesia dengan Career Development Center (CDC) serta Universitas Airlangga dengan Pusat Pengembangan Karier dan Kewirausahaan (PPKK) dinilai sebagai yang terbaik.  

Kampus Pengelola Beasiswa Bidikmisi Terbaik  

Untuk membantu biaya pendidikan tinggi, pemerintah menyediakan beasiswa bidikmisi. Kampus yang memiliki pengelolaan Bidikmisi terbaik adalah Universitas Negeri Semarang . Di peringkat kedua dan ketiga ada Universitas Andalas serta Universitas Malikussaleh .

Kampus dengan Kegiatan Mahasiswa Terbaik

Untuk kategori perguruan tinggi, Universitas Gadjah Mada berhasil menjadi yang terbaik. Menurut Direktur Kemahasiswaan UGM, Dr. R. Suharyadi, M.Sc., penghargaan ini diraih UGM lantaran pencapaian mahasiswa di berbagai bidang non akademis. “Penghargaan itu dapat tercapai jika kita aktif di semua bidang tidak hanya satu bidang saja misalnya penelitian, tetapi aktif juga di bidang lain, seperti seni, kewirausahaan, dan lain-lain,” jelas beliau.

UGM memang punya beragam kegiatan kemahasiswaan. “UKM terpopuler di UGM menurut saya adalah Sakagama (tari saman), GMCO (chamber orchestra), dan marching band,” Ghea, mahasiswi Akuntansi memberi review kampus pada Youthmanual. Sedangkan menurut Karunia Ayu, mahasiswi Teknik Arsitektur, Badan Eksekutif Mahasiswa serta UKM kesenian dan olahraga populer di kalangan mahasiswa.

Sedangkan untuk Kategori politeknik, Politeknik Elektonika Negeri Surabaya didaulat sebagai kampus dengan kegiatan mahasiswa terbaik. Kalau masuk ke sana, kamu bisa memilih organisasi kemahasiswaan BEM, DPM, dan HIMA (Himpunan Mahasiswa) serta UKM seperti voli, futsal, tenis meja, basket, taekwondo, musik, dan lainnya.

Kampus Pelaksana Kegiatan Kemahasiswaan Terbaik

Inilah kampus dengan berbagai kegiatan yang digelarnya:

* Universitas Pendidikan Indonesia (Kontes Robot Indonesia)

* Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang (Musabaqoh Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional)

* Universitas Muslim Indonesia Makassar (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional)

* Universitas Hasanuddin (Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional)

* Universitas Semarang  (Sukan Malaysia Indonesia)

* Politeknik Negeri Pontianak (Expo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia)

* Universitas PGRI Semarang (National University Debate Championship)

* Institut Teknologi Sepuluh Nopember (Mobil Hemat Energi)

* Institut Teknologi Sepuluh Nopember (Kontes Robot Terbang Indonesia)

* Universitas Indonesia (Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi Komunikasi

* Universitas Negeri Gorontalo (KKN Kebangsaan)

Kampus dengan Prestasi Kegiatan Internasional Terbaik

* Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

* Universitas Muhammadiyah Malang

* Universitas Pelita Harapan

* Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

* Universitas Negeri Semarang

* Universiatas Negeri Medan

Semoga aja prestasi ini membuat kampus-kampus semakin meningkatkan perhatian dan kualitas mereka, khususnya yang berkaitan dengan kemahasiswaan.

(sumber gambar: Youthmanual)

LATEST COMMENT
Gioabi Fashar | 6 jam yang lalu

siapa bilang gk bisa? yg ada di jurusan arsitektur itu gk ada itung2an dan jurusan arsitektur juga bukan cuma soal gambar. Jurusan arsitektur harus jago problem solving tapi bukan berarti harus jago matematika

5 yang harus Kamu Persiapkan Sebelum Masuk Jurusan Arsitektur
Nancy Tasia Sopaheluwakan | 20 jam yang lalu

Min , saya mau nanya kalau misalnya kita dari semester 1 dan 2 tidak masuk kuliah , apakah di semester 3 kita masih bisa masuk kuliah atau tidak ?

Strategi Mengisi KRS: Memilih Mata Kuliah dan Menentukan Jumlah SKS
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©