Menu

Kenalan Sama UKM Madah Bahana Universitas Indonesia, Yuk!

Kamu handal dalam bermusik? Suka banget main alat musik seperti quint tom, terompet, snare dan sebagainya? Atau kamu suka menari dengan berbagai alat seperti bendera, rifle, sabre dan sebagainya? Wah, kamu harus banget tahu tentang salah satu UKM kece di Universitas Indonesia nih, gaes. Yuk, kenalan lebih lanjut dengan Marching Band Madah Bahana Universitas Indonesia yang biasa disingkat MBUI!

MBUI merupakan salah satu UKM di UI yang sudah legend. Menurut sejarahnya, pada 26 Desember 1978 Dewan Mahasiswa UI mendirikan Drum Band Universitas Indonesia. Pada tanggal 17 Mei 1983, Drum Band Universitas Indonesia ini berubah bentuk menjadi Marching Band dan diberi nama Madah Bahana yang memiliki arti “hymne yang berbunyi nyaring”. Selain legend karena sudah lama terbentuk, MBUI ini juga memiliki segudang prestasi, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Keren banget, 'kan?

Kamu kan sekarang sudah tahu nih informasi umum tentang MBUI, tapi kamu juga harus tahu nih tentang empat hal dari organisasi kece yang satu ini berdasarkan dari para anggota dan juga alumnusnya. Ada apa saja sih? Let’s check these out!

Apa Aja, Sih Kelebihan dari MBUI?

Kalau kamu tertarik untuk bergabung dengan MBUI, UKM yang satu ini terbuka untuk semua anak UI yang ingin belajar marching band tanpa ada persyaratan kemampuan tertentu atau proses seleksi, lho, gaes. Jadi untuk kamu yang tertarik untuk menjadi bagian dari MBUI, kamu punya kesempatan yang sama satu dengan yang lainnya.

Setelah kamu bergabung dengan MBUI, kamu bisa banget belajar bermusik, berorganisasi dan berolahraga sekaligus! Seru banget, kan, gaes? Selain itu, secara tidak langsung, MBUI akan membentuk karakter kamu juga, lho. Misalnya, sebelum kamu menjadi anggota MBUI, kamu tergolong orang yang suka males-malesan dan kurang bertanggung jawab. Nah, setelah kamu bergabung di MBUI dan mengikuti segala kegiatannya, sifat-sifat seperti itu sedikit demi sedikit akan berkurang dan tergantikan dengan karakter yang lebih baik.

MBUI turut memeriahkan acara OKK

MBUI pun merupakan sebuah UKM yang cukup besar skalanya, karena terdiri dari ratusan orang di setiap angkatannya. Nah, dari ratusan orang tersebut pastinya akan memiliki banyak perbedaan dari segi sifatnya, cara berpikir dan juga peran di dalam organisasi. Namun, dengan MBUI semua orang dapat bersatu demi satu tujuan yang sama.

Dalam hal kompetisi pun, MBUI juga memiliki banyak kelebihannya, gaes. Salah satunya, nih, setiap tahun MBUI selalu mengikuti ajang perlombaan dan di setiap tahunnya, MBUI akan membuat tema pertunjukkan yang original dan inovatif sehingga selalu membuat penonton terpukau dengan pertunjukkannya.

Ada Apa Aja Kegiatan di MBUI?

Kegiatan di MBUI cukup banyak, nih, gaes. Misalnya, kalau kamu seorang cadets (mahasiswa yang baru bergabung di MBUI) kegiatan dasarmu yang pasti adalah berlatih tentang dasar-dasar bermain musik sesuai dengan instrumen musik yang kamu pegang.

Kalau kamu seorang pasukan (mahasiswa yang telah lama bergabung di MBUI dan akan mengikuti perlombaan) kegiatan dasarmu adalah berlatih tentang gerakan dan juga tentunya lagu yang akan dibawakan pada saat perlombaan.

pasukan yang sedang berlomba

Kalau kamu seseorang yang terlibat dalam PI a.k.a Pengurus Inti, tentunya kamu akan memiliki kegiatan yaitu mengurus segala hal yang menunjang seluruh kegiatan dari MBUI sesuai dengan divisi yang kamu jalani. PI ini terdiri atas sebelas orang yang diantaranya ada satu ketua, dua project officers, satu sekretaris dan tujuh managers. Dua project officers terbagi atas Project Officer Kejuaraan dan Project Officer Kaderisasi.

Sedangkan tujuh managers terbagi atas manager teknis, manager humas, manager keuangan, manager publikasi dan dokumentasi, manager alat, manager perlengkapan dan manager dana usaha. Nah, PI ini merupakan sebelas orang yang akan bekerja di balik layar demi kesuksesan MBUI.

Selain belajar, mengajar bermusik, olahraga dan berorganisasi, kegiatan di MBUI ada banyak banget, nih, gaes. Aktivitas yang dapat dilakukan misalnya seperti belajar baris berbaris, belajar berkomunikasi, memelihara alat-alat musik, tampil di depan banyak orang, memproduksi lagu, mendesain formasi, belajar tata rias untuk penampilan, belajar tari, motivational learning dan masih ada kegiatan-kegiatan lainnya yang tentunya super menarik untuk dicoba.

Apa yang Akan Didapatkan Ketika Bergabung di MBUI?

Well, dengan berbagai macam kegiatan yang dimiliki MBUI, tentu akan memberikanmu banyak sekali manfaat, gaes! Misalnya seperti memiliki banyak teman, pengetahuan dan kemampuan dalam bidang musik, postur tubuh yang bagus, kemampuan mengelola sumber daya manusia, kemampuan manajemen waktu yang baik dan sebagainya.

Kamu juga akan mendapatkan pendidikan karakter dengan nilai-nilai seperti toleransi, kreatif, disiplin, kerja keras, demokratis, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, komunikatif dan yang paling terpenting adalah tanggung jawab.

Dengan bergabung dengan MBUI, kamu juga akan terbiasa untuk menemukan kebiasaan-kebiasaan baru yang berbeda dengan kebiasaanmu. Mungkin pada awalnya, kamu akan merasa aneh dengan kebiasaan barumu dan cenderung mempertanyakan kebiasaan tersebut. Nah, karena kamu cenderung sering bertanya dan ingin tahu akan suatu hal yang baru, hal ini tentu dapat membuka pola pikir dan sudut pandang yang baru. 

Karena kegiatan MBUI yang cukup padat, tentu akan membentuk dirimu menjadi seseorang yang memiliki mental baja, gaes. Coba kamu bayangin, kalau kamu sejak kuliah saja sudah memiliki mental yang kuat bagaikan baja, hal itu bisa menjadi suatu kelebihan yang bisa kamu gunakan di dunia pekerjaan, lho.

Selain itu, dengan menjadi bagian dari MBUI, kamu pun akan dituntut untuk “bekerja” secara profesional. Misalnya nih, kamu punya masalah sama si A dan kamu nggak mau banget ketemu sama dia selama di MBUI. Eits… MBUI nggak mengajarkan kamu menjadi orang yang seperti itu, lho. Justru dengan aktif di MBUI akan mengajarkanmu bagaimana caranya untuk menyampingkan urusan pribadi dan lebih berfokus pada urusan “kerja” di MBUI. Lagi-lagi, hal ini merupakan suatu modal buat kamu ketika kamu sudah berada di dunia kerja.

Bagaimana MBUI di mata marching band Indonesia?

kemenangan MBUI menjadikannya UKM yang disegani oleh para kompetitor

Kamu harus tahu, nih, gaes, kalau MBUI memiliki segudang prestasi baik di luar negeri maupun di dalam negeri. Tahun lalu saja, MBUI telah berhasil menyabet dua prestasi sekaligus dalam acara WGI Thailand. Prestasi tersebut ialah juara ketiga kategori Brasswinds Competition dan kategori color guard contest. Untuk prestasi di dalam negeri, MBUI sudah tiga kali memenangkan juara pertama dalam pertandingan bergengsi yaitu Grand Prix Marching Band atau yang biasa disingkat GPMB, keren banget kan? Sebenarnya, masih banyak banget, nih, gaes, prestasi-prestasi dari MBUI. Kalau kamu penasaran dengan prestasi MBUI, kamu bisa cek di sini.

Nah, karena banyaknya prestasi-prestasi dari MBUI, UKM yang satu ini menjadi kiblat bagi para marching band universitas lainnya di Indonesia. Selain itu, UKM ini pun juga disegani oleh para kompetitornya di setiap perlombaan. Sampai sekarang MBUI masih tetap menjadi marching band favorit bagi para penggemarnya karena selalu menampilkan tema-tema yang unik, original dan tentunya selalu berbeda-beda setiap tahunnya.

***

Kamu kan sekarang sudah kenal lebih dekat nih dengan MBUI, buat kamu yang mau masuk UI atau yang sudah menjadi mahasiswa UI, apakah kamu tertarik untuk bergabung dengan UKM MBUI?

Baca juga:

(Sumber gambar: youtube.com, anakui.com)

LATEST COMMENT
Aditya Guntur | 16 menit yang lalu

Open endorse pria Instagram @guntur_g9

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Shahfa Ananda | 6 jam yang lalu

apa aja sih kak jurusan yang berkaitan dengan fisika selain teknik sipil?

Daya Tampung SNMPTN 2019 di Universitas Brawijaya
Arif Alfon Gordon | 17 jam yang lalu

Jadi, ketika saya lulus sbm, harus saya lepaskan kak??

Program Bidikmisi Jalur SNMPTN, SBMPTN dan Ujian Mandiri/PMDK/UMPN 2019
Achmad Choirul Huda | 19 jam yang lalu

Min jadi univ mau nerima kita dipilihan kedua kan? Banyak kabar hoax yg bilang gitu :(

Strategi Menentukan Pilihan Pertama dan Kedua pada SBMPTN 2019
Azizah Nur | 21 jam yang lalu

Bismillah maba oseanografi itb 2021:)). O iya kalo oseano di itb tesnya saintek atau soshum?

Serba-Serbi Jurusan Oseanografi—Untuk Kamu yang Ingin “Kenalan” Lebih Jauh dengan Laut dan Seisinya
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©