Tradisi Wisuda Unik dari Beragam Universitas Ternama di Indonesia

Momen wisuda emang jadi momen yang dinanti-nanti nih oleh banyak mahasiswa. Setelah berhasil melewati monster terakhir aka skripsi, nggak heran kalau para wisudawan menginginkan sebuah perayaan yang memorable sebagai ajang pelepasan mereka dari kampus.

Beberapa universitas ternama di Indonesia pun punya tradisi khusus nih untuk merayakan momen kelulusan para mahasiswanya ini. Cekidot yuk, gaes!

1. Nyanyian Mahasiswa Baru Sebagai Pengantar Kelulusan – Universitas Indonesia

wisuda ui

Di Universitas Indonesia upacara wisuda diadakan 2 kali dalam setahun, yaitu di bulan Februari dan Agustus. Tapi, untuk beberapa alasan, wisuda Agustus lah yang selalu jadi highlight untuk para alumni kampus yang terkenal dengan jaket kuningnya ini.

Setiap maba UI diwajibkan untuk mengikuti latihan paduan suara sebagai bagian dari rangkaian kegiatan orientasi mahasiswa baru. Paduan suara ini nantinya bertugas mengiringi prosesi wisuda Agustus dengan menyanyikan lagu-lagu kebangsaan maupun hymne UI. Berbalut jaket kuning kebanggaan, adik-adik maba tersebut “menghantarkan” kakak-kakaknya aka para wisudawan menuju penghujung masa kuliah mereka di kampus makara.

Rasa merinding dan haru pun bercampur jadi satu, karena entah 4, 4.5, atau 5 tahun yang lalu, para wisudawan tersebutlah yang berdiri dalam balutan jaket kuning dan menyanyikan senior-senior mereka yang diwisuda tahun itu.

2.  Parade Meriah dan Pendamping Wisudawan – Institut Teknologi Bandung

wisuda itb

Institut Teknologi Bandung merupakan salahsatu universitas di Indonesia yang punya tradisi unik nih, gaes, dalam melepas para wisudawannya. ITB melaksanakan wisuda sebanyak 3 kali dalam setahun, yaitu di bulan April, Juli, dan Oktober. Wisuda yang dilaksanakan di Sasana Budaya Ganesha ini dimeriahkan oleh beragam arak-arakan dari Himpunan Mahasiswa masing-masing jurusannya.

Parade ini nggak main-main lho, karena para anggota himpunan tersebut memiliki panitia terpusat khusus yang bertugas untuk meng-handle seluruh jalannya acara. Serunya lagi, setiap wisudawan disediakan liaison officer (LO) khusus yang mendampingi dan menemani wisudawan sepanjang prosesi berlangsung.

3. Diboyong dengan Kendaraan Tempur – Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Parade wisuda ternyata bukan cuma jadi tradisi dari ITB aja lho, guys. Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya juga memiliki tradisi ini sebagai bentuk selebrasi bagi para wisudawannya.

Di hari wisuda, mahasiswa dari beragam fakultas di kampus ini berbondong-bondong berdiri di luar pagar Graha Sepuluh Nopember, menunggu para wisudawan menyelesaikan acara seremonialnya di gedung tersebut dengan membawa bendera lambang fakultas masing-masing. Mereka kemudian memboyong wisudawan kembali ke fakultas dengan menggunakan berbagai kendaraan mulai dari yang normal seperti motor, hingga yang paling spektakuler kayak kendaraan tempur dari Satuan Brimob Jatim.

Meriah banget nggak sih, gaes?

4. Marching Band dan Roll Depan – Universitas Sebelas Maret

wisuda uns

Universitas Sebelas Maret juga punya tradisi unik nih dalam merayakan wisuda para mahasiswanya. Universitas yang menyelenggarakan wisuda hingga 6 kali dalam setahun ini, memeriahkan upacara wisudanya dengan nyanyian dari mahasiswanya dan iringan marching band.

Bahkan beberapa jurusan seperti Pendidikan Kepelatihan Olahraga dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) memiliki perayaan khusus yang mana mereka mengharuskan para wisudawannya untuk melakukan roll depan di depan teman-temannya.

(sumber gambar: anakui.com, suarabandungraya.com, tribunnews.com)

Baca juga:

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 18 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 28 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1