Pilihan Laptop Tepat Untuk Jurusan Kuliah DKV, Sastra, Kedokteran, dan Lainnya

 

 

Setelah bergulat memilah jurusan kuliah, yuk lanjut dengan pilah-pilih laptop yang tepat sesuai bidang studimu.

Kenapa laptop? Sebab laptop adalah salah satu “perangkat perang” mahasiswa. Banyaknya tugas, berbagai presentasi, proyek kuliah, skripsi,  ditambah dengan kegiatan mahasiswa yang mobile, bikin anak kampus PERLU punya laptop pribadi Serius deh, mendingan nggak usah gonta-ganti smartphone dan nggak kebanyakan jajan, biar kamu bisa menabung untuk laptop yang memenuhi kebutuhanmu.

Nah, tiap jurusan kuliah, ‘kan, punya kesibukan serta karakter yang beda-beda. Maka perlengkapannya, termasuk soal laptop, tentu perlu disesuaikan. Mari memilih laptop berdasarkan kebutuhan jurusan kuliah kamu. 

Jurusan: Desain Komunikasi Visual, Fotografi, Animasi, Arsitektur, Teknik, Film, dll

Kebutuhan: Inilah jurusan-jurusan yang mahasiswanya banyak yang begadang dan kurang liburan gara-gara mengerjakan tugas. Hihihi… Tugasnya berkaitan dengan desain, gambar, hingga karya audio-visual. Tentunya, kamu perlu tampilan layar yang baik dan tajam. Salah warna aja, bisa berabe! Jika kamu butuh untuk editing film atau bikin karya audio visual, kamu butuh laptop dengan sound alias kualitas suara yang baik.

Di samping itu, kalau kamu mahasiswa di jurusan desain, film, atau seni audio visual lainnya, kamu akan banyak memakai software (Please, jangan yang bajakan!) dan aplikasi. Makanya, kamu butuh laptop dan kapasitas besar untuk menampung file, dan kecepatan yang kencang. Kalau lelet, bisa-bisa ditengah ngerjain tugas kamu kehilangan mood.

Yang perlu diperhatikan saat memilih laptop:  Jangan sekadar melihat desain body laptop yang keren atau milih karena warna favorit, karena spesifikasi itu penting banget. Karena Kamu butuh prosesor yang canggih, minimal i5.  Memori atau RAM yang besar alias 4 GB ke atas dan VGA dan kartu grafis yang sesuai.

laptop desain

Salah satu yang recommended adalah laptop Aspire VX 15 keluaran Acer. Laptop ini memiliki layar 15.6 inci dan resolusi high definition 1920 x 1080 sehingga tampilan gambar dan videonya maksimal, serta speaker Dolby Audio Premium untuk memastikan kualitas suaranya oke. Laptop ini didukung oleh prosesor Kaby Lake alias Intel® Core™ i generasi ke-7 dan kartu grafis NVIDIA GeForce GTX 1050 Ti 4 GB dengan teknologi  NVIDIA GeForce NVIDIA Optimus. Trus, kapasitas RAM-nya besar 16GB DDR4 dan bisa ditingkatkan hingga 32 GB.

Selain buat mengutak--atik gambar, grafis, foto, dan video, laptop seberat 2.5 kilogram ini juga dirancang untuk main game. Lumayan lah, buat refreshing saat jenuh berkutat dengan tugas. Atau lebih cocok lagi, untuk membantu kamu dalam tugas membuat desain game.    

Jurusan Sastra, Bahasa, Arkeologi, Sejarah, Budaya, Komunikasi

Kebutuhan: Inilah jurusan-jurusan yang menuntutmu banyak membaca, update dengan berita dan juga menulis. Baik menuliskan esai maupun hasil penelitian. Mahasiswanya perlu berbagai macam bacaan, baik artikel online, koran elektronik maupun e-book. Pilihlah laptop yang membuat kamu nyaman melakukan kegiatan tersebut. Kamu juga bakalan menyimpan banyak file dan foto ke dalam laptop.

Nah, karena kegiatan menulis laporan, esai, atau skripsi bisa memakan waktu lama, ketahanan batere pun menjadi kebutuhan penting.

Yang diperhatikan saat memilih laptop:  Untuk urusan spesifikasi gadget, jurusan Sastra, Bahasa, dan Budaya memang nggak sedetil dan sekompleks jurusan desain dan seni audio visual. 

Namun ada dua hal yang mesti diperhatikan mahasiswanya saat memilih laptop: layar dan keyboard. Pastikan kualitas keduanya sangat baik serta nyaman digunakan. Sebaiknya sih, saat hunting laptop kamu mencobanya sendiri. Jangan lupa pula, cari tahu pula soal ketahanan baterenya.

Salah satu laptop yang bisa kamu coba adalah Acer Chromebook 14. Layar high definition-nya memiliki piksel lebih banyak dibandingkan layar umumnya. Trus, terdapat teknologi wide viewing angle display yang membuat kamu bisa melihat layar dengan nyaman dari berbagai sudut.

Jurusan FISIP, Hukum, Psikologi, Kedokteran, Ekonomi

Kebutuhan: Umumnya, mahasiswa jurusan ini mobile dan punya banyak kegiatan. Mulai dari proyek kelompok, magang, presentasi, praktek lapangan, dan lainnya. Mereka juga butuh update dengan informasi dan mesti banyak mencari referensi lewat browsing.

Dalam kegiatannya, koneksi internet penting banget buat mahasiswa jurusan ini. Misalnya, untuk data sharing, email, memasukkan data dengan sistem online dan lainnya. Trus saat magang, biasanya mahasiswa jurusan ini memakai laptop pribadi. Jadi, pastikan perangkat laptop kamu bisa diandalkan. Dan bakal jadi poin plus jika tampilan desain laptopnya canggih dan keren. 

Yang diperhatikan saat memilih laptop: Kamu butuh laptop dengan kualitas yang baik, teknologi canggih, dan model yang praktis untuk dibawa-bawa. Perhatikan desain, ketahanan batere, Operating System, serta kapasitas memori dan penyimpanan. Pilihlah laptop yang paling mendekati kebutuhan kuliah dan kegiatanmu yang banyak itu.

Nah, laptop tipe hybrid yang modern dan praktis seperti Acer Swift One pas banget untuk kamu. Keunggulannya, tentu saja desainnya yang fleksibel, dengan keyboard yang bisa diputar. Laptop ini juga bisa bertransformasi menjadi tablet. Jadi ada 4 model yang bisa kamu manfaatkan untuk 4 kegiatan yang berbeda.

Dengan prosesor Intel Cherry Trail X5-Z8300, ukuran layar 10.1 inci, berat total yang kurang dari 1.5 kilogaram (680 gr layar + 680 gram keyboard) serta ketahanan batere hingga 12 jam, Swift One 10 perfect buat menemanimu.

(sumber gambar: Acer)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 18 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 28 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1