Menjaga Kesehatan Mudah dan Murah A la Mahasiswa

Kesehatan itu mahal, sedangkan menjaga kesehatan itu murah, gaes. Bayangin, betapa ruginya kalau kalian menyia-nyiakan kesehatan. Pastinya, sakit itu rasanya nggak enak. Kamu pun jadi susah mau ngapa-ngapain. Betapa banyaknya kesempatan yang terlewatkan gegara malas jaga kesehatan; kesibukan kuliah, kegiatan UKM, hingga rencana kongkow sama teman teman pun jadi berantakan. Daripada jadi susah, mendingan kamu jaga kesehatan dan kebugaran dengan cara mudah dan murah a la mahasiswa. Cekidot!

1. Manfaatkan fasilitas kesehatan yang ada di kampus. Biasanya ada klinik gratis untuk mahasiswa. Kalau kamu merasa kurang fit, bisa konsultasi ke sana. Begitupula untuk pemeriksaan kesehatan rutin, seperti kontrol tiap 6 bulan ke dokter gigi.

2. Rutin olahraga. Pilihannya cukup banyak, bisa gabung dengan UKM olahraga, lari keliling kampus (kalau memungkinkan), atau mengikuti video olahraga yang bisa dilakukan di rumah. Olahraga itu mesti rutin dilakukan ya, gaes. At least seminggu sekali, jangan sampai satu semester sekali.

3. Hindari rokok dan asapnya. Soal larangan merokok udah jelas lah, ya. Nah, begitupula dengan berada di sekitar perokok. Maksudnya, bukan dilarang temenan sama orang yang merokok, tapi sebisa mungkin hindari saat ia (atau orang lain) sedang merokok. Termasuk menghindari kantin/tempat makan “terkontaminasi asap rokok”.

Tapi 'kan, saya bolak-balik naik angkutan umum, gimana dong? Di jalanan yang banyak polusi, sebaiknya mengenakan masker.

4. Banyak minum air putih. Saat ke kampus, bawa botol minum. Jika tersedia fasiltas dispenser/air minum di kampus, kamu bisa mengisi ulang botol minum tersebut. Kekurangan air bisa bikin kamu merasa letih dan nggak fit, alhasil jadi kurang konsen. Trus, pilih air putih ketimbang minuman berpemanis, soda, atau kopi sachet instan.

Oya, walau sibuk belajar dan mengerjakan tugas di rumah, jangan sampai lupa minum, ya. Simpan minumanmu di botol atau jug besar. Dengan demikian, kamu bisa memperhitungkan berapa banyak yang telah diminum.

5. Jangan jajan sembarangan, terutama bagi yang ngekos. Cek dulu kebersihan jajanannya. Jangan pula makan makanan yang terlalu pedas atau kecut.

6. Tidak stres berlebihan. Saat kuliah kamu akan berhadapan dengan masalah yang lebih kompleks ketimbang SMA, seperti tugas yang lebih banyak dan tantangan menguasai materi yang lebih besar. Meskipun berat, coba deh, berpikiran positif. Nggak perlu stress berlebihan menghadap permasalahan.  

7. Konsumsi makanan sehat dan teratur.  Ini juga nih salah satu kebiasaan jelek mahasiswa, makannya suka nggak teratur! Kesehatanmu ditentukan oleh pola dietmu. Selain memilih makanan sehat (cek info diet sehat di sini).

Trus, jangan makan banyak dan “menyimpannya” untuk seharian. Perut kamu bukan kulkas, gaes! Penting untuk makan secara teratur 3 kali sehari (breakfast is a must!) dan porsinya disesuaikan dengan dirimu. Ingat prinsip, makan sebelum perut menjerit keroncongan dan stop makan sebelum terlalu kenyang, yes?

See, langkah-langkahnya gampang banget dan murah meriah, ‘kan? Jauuuuh lebih menyulitkan jika kamu harus mengurus UTS atau UAS susulan gara gara sakit.. Pssst, ada lho kampus/dosen yang nggak mengadakan ujian susulan walaupun kamu sakit. Trus gemana? Ya, NGULANG TAHUN DEPAN! Jangan sampe ya, gaes. Jaga bae-bae kesehatan dan kebugaran dirimu.

(sumber gambar: exudeinc.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 18 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 29 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1