Maba 101: Segala Sesuatu yang Perlu Diketahui Mahasiswa Baru

Menjadi Maba (Mahasiswa Baru) merupakan fase baru dalam hidupmu. Tak lagi berseragam dan berstatus sebagai siswa, saat ini kamu telah menjadi pelajar di institusi pendidikan formal tertinggi. Sedap! Tentunya dinamika dunia kampus beda dengan masa-masa SMA. Makanya, Youthmanual merangkum berbagai hal yang perlu kamu tahu dan perhatikan sebagai mahasiswa baru.

Keamanan

Sangat penting bagi kamu para maba untuk memperhatikan faktor keamanan di kampus. Sebab, umumnya warga kampus itu banyak dan beragam, areanya luas serta memiliki akses keluar masuk yang relatif mudah. Belum lagi kegiatan di kampus yang bisa sampai malam. Yang perlu jadi catatan kamu adalah:

1. Jangan parno dan berprasangka buruk sama orang, tapi kamu perlu waspada. Misalnya, nggak pergi keluar kampus berduaan dengan teman yang baru dikenal.

2. Pantang meletakkan barang berharga sembarangan. Banyak banget mahasiswa baru yang dengan pede menggeletakkan laptop dan smartphone di area kampus. Kamu perlu lebih bertanggung jawab lah sama barang sendiri.

3. Pertimbangkan pula faktor keamanan saat memilih kos.    

Kemandirian

Beda dengan zaman sekolah, di kampus kamu lah yang mengurus dirimu sendiri. Nggak ada lagi terima rapor sama mama papa atau pengajar yang superperhatian dan mengingatkan kamu ini-itu. Faktanya, kamu sudah besar, gaes! Nggak perlu lah dosen mengejar-ngejar kamu buat ngumpulin tugas atau memperbaiki nilai. Kalau sampai mangkir, ya konsekuensinya nilai dan ilmu yang kamu peroleh bahkan minim, bahkan terancam nggak lulus.

Kamu sendiri juga yang bakalan berurusan dengan nilai, konsultasi dengan pembimbing akademik, dan berjuang dengan bimbingan skripsi. Ortu cukup bantu doa dan support finansial.

Masa pengenalan kampus

Di awal masa kuliah, akan ada masa orientasi mahasiswa baru. Agenda kegiatannya berbeda antarkampus. Memang sih, masih ada senior nakal dan menyelipkan agenda ospek. Namun nggak sedikit juga kegiatan pengenalan kampus yang berfaedah dan menurut beberapa senior merupakan pengalaman yang nggak terlupakan.

Anyway, yang perlu kamu perhatikan selama masa pengenalan adalah:

1. Denah kampus dan kelas supaya nggak nyasar.

2. Mulai cari tahu soal dosen, sebab mereka biasanya menjadi pembicara dalam kegiatan maba.

3. Mengenal senior. Ini akan sengat bermanfaat ketika kuliah. Kamu bisa nanya-nanya, berdiskusi, bahkan meminjam perangkat/buku kuliah dari kakak-kakak. Untuk jangka panjang, mengenal senior adalah bagian dari networking, lho. Siapa tahu di masa depan, senior lah yang memberi info kamu lowongan kerja atau menjadi klien kamu.

4. Aneka tempat makan di kampus.

5. Rules di kampus dan di kelas.  

6. Fasilitas dan prasarana kampus, seperti perpustakaan, wifi, tempat solat, tempat fotokopi, klinik, dan lainnya.

7. Menelusuri kampus, supaya kamu tahu lokasi yang asik buat nongkrong dan ngerjain tugas. Misalnya, bawah tangga gedung, dekat taman, atau samping kelas.

8. Mencari toilet yang nyaman. Penting tuh, hehehe…

9. Eksplorasi berbagai rute dan kendaraan dari kampus ke rumah/kos.

10. Cek gedung fakultas atau jurusan lain. Biar lebih mengenal lingkungan kampus.

11. Kenalan juga sama petugas administrasi kampus, satpam, pekerja di kantin, petugas kebersihan, penjaga fotokopi dan lainnya.

12. Lihat koperasi, toko buku, dan tempat jualan lain di kampus.

13. Cari tahu fasilitas lain yang dekat dengan kampus seperti mini market, klinik, tempat fotokopi, bengkel, dan lainnya. Sehingga jika mendadak butuh sesuatu atau jika tempat yang tersedia di dalam kampus tutup, kamu tahu harus ke mana.

14. Jadwal rangkaian acara mahasiswa baru. Biasanya keseluruhan kegiatannya cukup panjang dan aktivitasnya beragam. Mulai dari seminar hingga outbond dan presentasi Unit Kegiatan Mahasiswa.

Seputar perkuliahan

Sistem belajar mengajar di kampus berbeda dengan di sekolah. Satu kampus dengan kampus lain pun bisa berbeda. Gambaran umumnya adalah yang berikut ini.

1. Berlaku sistem moving class alias tiap mata kuliah di ruang kelas berbeda.

 2. Jam dan hari kuliah juga beragam dan belum tentu berurutan. Misalnya, hari Senin kamu ada 3 kuliah, jam 08.00-09.45 jam 10.00-11.45, dan jam 15.30-17.15  trus hari Selasa hanya ada satu kelas di pukul 13.00-14.45. Makanya kamu perlu mencatat jadwal kuliah setiap hari beserta lokasi kelasnya.

3. Pengajar terdiri dari akademisi (orang yang berkecimpung dan ahli di bidang akademis tertentu) dan praktisi atau profesional di suatu industri yang diminta mengajar. Kedua tipe dosen ini bakalan memberikan ilmu dan wawasan yang kamu perlukan. Tipe akademisi memberi kamu banyak informasi mengenai teori, penelitian terbaru, dan membuat kamu memahami dasar suatu Ilmu, sedangkan dosen praktisi memberikan informasi tentang aplikasi ilmu di dunia kerja serta bisa kamu tanyakai soal pengalamannya yang berkaitan dengan kuliah.

4. Umumnya mata kuliah di semester-semester awal merupakan mata kuliah yang umum.

5. Di kelas mahasiswa dituntut untuk aktif, berinisiatif, dan kritis. “Nggak disuapin” lagi alias diarahkan ini-itu sama dosen. Kamu lah yang benar-benar harus mencari ilmu sendiri.

6. Saat diberi tugas, kamu harus memahami banget maksudnya. Trus kerjakan dengan sungguh-sungguh dan jangan ngasal. Ekspektasi untuk level mahasiswa jelas lebih tinggi daripada ketika masih jadi siswa.

7. Penilaian yang berlaku di kelas bisa dengan angka atau huruf, tetapi hasil akhirnya akan diterjemahkan ke huruf. Panduan umumnya adalah:

A (nilai 85 ke atas)

A- (80-84)

B+ (75-79)

B  (70-74)

B- (65-69)

C+ (60-64)

C (55-59)

C- (50-54)

D (40-50)

E (di bawah 40)

Nilai akhir di bawah C umumnya dianggap tidak lulus.

 8. Ada silabus yang berisi kisi-kisi materi serta jadwal kegiatan perkuliahan selama satu semester, termasuk jadwal ujian. Tiap matkul memiliki silabus tersendiri. Nah, info di dalamnya penting banget, dan memudahkanmu untuk mengatur jadwal belajar.

9. Selain UAS, UTS, dan tugas, ada juga kuis atau tes kecil di kelas untuk mengukur kemampuan sekaligus “pemanasan” otak. Kuis ini bisa dadakan. Jeng jeng!

Selamat menempuh hidup baru sebagai mahasiswa, semoga lancar jaya, gaes!

(sumber gambar: depts.ttu.edu)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 18 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 28 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1