Menu

Kuliah Sambil Magang: Kenapa Nggak?

Memasuki dunia perkuliahan merupakan salah satu fase dalam kehidupan yang bisa dikatakan menjadi penentu masa depan. Ibarat kata, mau jadi apa kita besok tergantung gimana kamu waktu menjadi seorang mahasiswa, lho, gaes.

Mahasiswa jaman sekarang, harusnya udah bisa memanfaatkan waktu dengan lebih produktif. Kamu punya kesempatan buat mengembangkan skill yang kamu miliki—misalnya dengan magang. Selagi ada kesempatan itu, pergunakan sebaik mungkin. Toh, icip-icip dunia kerja juga lumayan, lho.

Namun, di Indonesia sendiri, jarang ada mahasiswa yang melakukan magang. Karena sering dari kita berpikir negatif sehingga mindset yang terbentuk pun akan negatif. Dilema yang sering dihadapi oleh mahasiswa yang ingin magang tapi masih kuliah—seperti, "Yakin nggak, sih, bisa kuliah sambil magang?", "Bakalan susah nggak, ya?"

Padahal sebenarnya akan lebih banyak hal berarti jika kita melihatnya dari sisi positifnya. Nah, buat kamu yang lagi kuliah sambil magang atau ingin kuliah sambil magang. Ada baiknya kamu pelajari 10 mindset berikut ini biar kamu nggak nyesel!

1. Jangan buang waktu kuliahmu cuma untuk sekedar belajar teori

teori di bangku perkuliahan bukan segalanya

Gaes, ini adalah hal yang paling penting. Sangat amat disayangkan kalo kamu punya mindset bahwa kuliah itu cukup dengan datang, lalu belajar secara teoritis. Ini pemikiran yang harus diubah. Mengapa?

Ya, karena nyatanya, kamu pun juga harus tau bagaimana kamu bisa mengaplikasikan ilmumu dalam dunia kerja nantinya. Sehingga kamu bisa menakar seberapa dalam pengetahuan dan skill yang kamu miliki.

2. Kamu belajar menghadapi berbagai karakter orang dengan cara kerjanya

karakter orang yang berbeda-beda

Saat kamu mulai menjadi mahasiswa, kamu dituntut untuk banyak menghadapi karakter orang-orang—mulai dari dosen, teman-temanmu lintas angkatan, lintas jurusan bahkan lintas kampus,’kan? Apalagi kalo kamu mahasiswa yang kuliah sambil magang!

Mereka tentu punya cara belajar, cara kerja dan karakteristik yang berbeda-beda. Tugasmu adalah beradaptasi. Nggak akan susah, kalo kamu mau dan mampu untuk melakukan yang terbaik, gaes.

Buatlah tujuan yang jelas, apa saja yang menjadi targetmu ketika kuliah sambil magang. Belajarlah untuk bekerja sama dengan orang-orang di sekitarmu, ya, gaes! Soalnya bekerja dalam satu tim yang solid jauh lebih mudah daripada melakukan semuanya sendirian.

3. Kamu masih punya waktu me time

me time

Sapa bilang kalo dunia magang itu bakal mengikat waktu kamu?

Meskipun kamu adalah staf magang yang berada di bawah suatu institusi tertentu, bukan berarti waktumu akan sepenuhnya untuk bekerja kok. Kamu masih bisa curi-curi waktumu untuk me time, lho.

Ingaat, meskipun kamu kuliah sambil magang, kesehatan mentalmu harus tetap dijaga!

4. Kamu produktif, bukan orang sibuk

produktif

Kalo kamu kuliah sambil magang, kamu harus bangun mindset yang positif. Jangan melulu bilang kamu sibuk, dan kesibukanmu itu menyita segala waktu yang kamu punya.

Belajar untuk produktif itu baik, lho, gaes. Kenapa? Soalnya waktu-waktumu tentunya akan kamu gunakan untuk hal-hal yang lebih bermanfaat.

5. Kamu menjadi pribadi yang kuat dan tangguh

pribadi tangguh

Bisa dikatakan ketika kamu magang itu berarti kamu bekerja. Tentu, lingkungan sekitarmu punya cara kerja tersendiri yang berbeda saat kamu berada di kampus. Mungkin akan ada banyak perbedaan cara kerja sebagai mahasiswa dengan karyawan.

Deadline tugas yang menumpuk, memenuhi keinginan atasan, mengerjakan suatu proyek dengan ketentuan-ketentuan tertentu. Akan ada banyak tanggung jawab daripada hanya sekedar kuliah.

Dengan begitu, kamu bisa belajar banyak hal, gaes. Kamu juga akan menjadi pribadi yang kuat dan tangguh!

6. Kamu menjadi lebih mandiri

mahasiswa mandiri

Untuk soal kemandirian, mahasiswa yang kuliah sambil magang menempati urutan pertama dibandingkan jenis mahasiswa lainnya. Terlebih kalo mereka seorang perantau atau anak kos, kuliah sambil magang merupakan hal yang berat.

Kuliah sambil magang emang membutuhkan sebuah kemandirian yang matang. Soalnya kamu harus menjalankan kedua tugasmu dengan tenaga dan pikiranmu sendiri. Terlebih dengan hal-hal lain diluar dua peran sebagai karyawan dan mahasiswa—seperti urusan pribadimu.

7. Kamu adalah seorang pembagi waktu ulung

manajemen waktu

Mahasiswa yang kuliah sambil magang adalah orang yang pandai dalam hal membagi waktu. Bayangin aja, gaes. 24 jam waktu mereka harus dipenuhi dengan tugas pekerjaan dan tugas kuliah. Satu menit waktu mereka terbuang sia-sia, merupakan kerugian tersendiri, lhoo.

Management waktu mereka biasanya jauh lebih baik daripada mahasiswa jenis lainnya. Dari bangun tidur sampai mau tidur lagi waktu mereka udah terjadwal rapi.

8. Kamu punya pengalaman menghadapi dunia kerja

punya pengalaman kerja

Seenggaknya dengan magang, kamu bisa tahu bagaimana lingkungan kerja yang sebenarnya. Kamu bisa belajar untuk beradaptasi dengan sistem yang akan kamu terima.

Berlatih untuk menjadi sosok yang profesional itu penting, lho. Soalnya, profesionalitas kamulah yang nantinya akan menjadi pondasi kuat untuk menjadi seorang pekerja yang baik.

Oya, seorang mahasiswa yang udah perna magang, memiliki peluang lebih besar untuk diterima kerja setelah lulus kuliah. Coba kamu pikir (sebagai pemilik usaha), mana yang akan kamu pilih :

Si A: mahasiswa baru lulus, belum ada pengalaman kerja.

Si B: mahasiswa baru lulus, dan ada pengalaman kerja magang selama 1 tahun.

Kalau saya, sih, yang B. Kaena dia sudah punya pengalaman kerja, si B nggak akan canggung ketika mulai bekerja dan tidak butuh waktu lama untuk beradaptasi di dunia kerja.

9. Jangan pernah takut mencoba

jangan takut mencoba

Tunjukkan performa terbaikmu, buat pengalaman magangmu lebih bermakna. Dengan begitu, niscaya kamu akan mendapatkan banyak hal yang berharga dalam hidup ini. Jangan takut untuk mencoba, karena dengan mencoba kamu akan tau seberapa besar kemampuanmu.

10. Pengalamanmu sebanding dengan apa yang sudah kamu lakukan

pengalaman berharga

Teenaangg, gaes! Entah kamu mendapatkan upah kerja atau nggak—tenagamu akan terbayarkan dengan pengalaman yang kamu dapatkan sebagai anak magang kok. Pengalaman-pengalaman kuliah sambil magang itulah yang nggak akan kamu temukan di bangku perkuliahan manapun.

***

Itulah 10 mindset buat kamu yang ingin kuliah sambil magang. Tentunya, selain 10 hal tersebut masih banyak lagi mindset positif lainnya. Tapi, yang pasti kalo kamu ingin kuliah sambil kerja, kamu harus punya mindset seperti itu. 

Atau kalo kamu udah pernah atau sedang mangalami kuliah sambil magang, mungkin bisa menambahkan berbagai pengalaman di komentar, ya, gaes.

Baca juga:

 

(Sumber gambar: metaltechalley.com, jerseydigs.com, opportunitydesk.org, healthyvoyager.com, timesheets.com, childcareconcepts.com.au, edsurge.com, lynda.com, steelcase.com, jesusmendez.ca careers.microsoft.com)

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©