Menu

Kenapa Kamu Harus Membaca Materi Kuliah Duluan Sebelum Kelas DImulai

Sejak SD sampai SMA, kita selalu di-encourage sama bapak ibu guru untuk baca-baca buku pelajaran sebelum masuk kelas. Tapi di bangku kuliah, nggak semua dosen akan mengingatkan mahasiswanya untuk melakukan hal tersebut. Bukan karena membaca jadi nggak penting—malah makin penting, kok!—tapi dosen menganggap kita sudah dewasa dan punya inisiatif sendiri dalam membaca.

Youthmanual mau mengingatkan alasan-alasan kenapa kamu nggak boleh malas membaca—baca materi kuliah tentunya, bukan baca komik—sebelum perkuliahan dimulai. Intinya, supaya kamu makin berjaya jadi mahasiswa, deh, sob!

Membuat waktu perkuliahan jadi lebih efisien

Membaca 3 - Youthmanual

Kalau kamu menyempatkan diri baca-baca materi perkuliahan sebelum masuk kelas, kamu bakal menghemat waktu untuk memahami apa yang disampaikan dosen selama di kelas. Catatan kamu juga akan semakin efektif, karena selama dosen cuap-cuap menjelaskan, kamu sudah bisa menganalisa, mana omongan dosen yang penting untuk dicatat dan mana yang nggak.

Kamu jadi tahu, bagian mana yang nggak kamu pahami

Kalau kamu membaca materi duluan sebelum kuliah dimulai, kamu bisa tahu duluan, bagian mana yang kamu mengerti dan bagian mana yang enggak. Jadi, ketika di kelas, kamu tahu harus nanya apa sama dosen.

Selain itu, kamu akan jadi lebih mudah berpartisipasi di kelas. Kalau kamu sudah tahu gambaran materi yang akan disampaikan di kelas, kamu jadi bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dosen. Hal ini bisa bikin kamu mendapat nilai plus di mata gebetan dosen kamu, lho!

Mendorong keaktifan dalam kerja kelompok

Di kelas, kadang dosen menugaskan mahasiswanya untuk berdiskusi dalam kelompok. Kalau kamu sudah baca materi perkuliahannya lebih dulu, kamu jadi bisa “bersuara” dengan aktif di kelompok diskusi. Nggak bengang-bengong aja.

Membaca 4 - Youthmanual

Banyak yang menganggap dalam kerja kelompok, persiapan individu nggak penting, atau seenggaknya nggak sebesar kerja individu. Ini salah besar, sob. Kalau masing-masing anggota kelompok sudah membaca materi yang akan didiskusikan, kerja kelompok bakal jauh lebih cepat dan efektif. Materi diskusinya pun bisa dikembangkan lebih jauh. Otomatis, kelompok kamu akan memberikan hasil yang lebih bagus dan menyeluruh.

Menunjukkan rasa hormat pada dosen

Membaca 5 - Youthmanual

Membaca materi sebelum perkuliahan dimulai adalah tanda hormat kita terhadap dosen. Lagian percaya, deh. Mahasiswa yang meluangkan waktu untuk membaca materi kuliah duluan pasti akan lebih diperhatikan sama dosen. Dan kalau kita mendapat perhatian dosen, kita jadi bisa lebih dekat dengan beliau. Dan yakinlah sama Kakak, ikrib sama dosen itu banyak untungnya!

 

(Sumber foto: thetimes.co.uk, blog.textbooks.com, americanenglish.state.gov, inquarta)

LATEST COMMENT
M Rian Nasrullah Al-fath | 13 jam yang lalu

Mungkin kek ekonomi pembangunan ya,kali ya aku jg kurang tau

66 Program Studi Baru di SBMPTN 2019 dan Daya Tampungnya
zahara fonna | 22 jam yang lalu

Pilihan 1: kedokteran (unsyiah) Pilihan 2: biologi (unsyiah) Bisa gak kira kira?

Strategi Menentukan Pilihan Program Studi Pertama, Kedua, dan Ketiga pada SBMPTN
Andari Widanto Fitria Aisyah | 1 hari yang lalu

Memang ada psikologi saintek dan psikologi soshum. Nah, untuk selengkapnya kamu bisa baca di sini https://www.youthmanual.com/post/dunia-kuliah/jurusan-dan-perkuliahan/bedah-jurusan-psikologi-soshum-ips-dan-psikologi-saintek-ipa-beserta-pilihan-kampusnya.

Hasil UTBK 2019: Mulai dari Nilai Tertinggi di Bidang Saintek Hingga Hal-Hal yang Harus Kamu Persiapkan Setelah Pengumuman Ini
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©