Hal-Hal Seru yang Cuma Bisa Kamu Rasain Kalau Jadi Mahasiswa FISIP

Siapa yang berencana ambil jurusan di fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik? Fakultas yang seringkali dicap sebagai markasnya para tukang demo ini ternyata punya banyak hal seru (selain demo) yang cuma bisa dirasain oleh mahasiswanya. Penasaran apa aja? Cekidot!

1. Mahasiswa FISIP biasanya yang paling update soal isu-isu terkini

Nggak perlu takut kudet kalau kamu jadi mahasiswa FISIP. Namanya aja Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, sudah pasti kamu harus terus update soal isu-isu sosial dan politik terkini yang ada di sekeliling kita. Nggak jarang, isu-isu tersebut malah jadi bahan untuk didiskusikan bareng dosen di kelas, lho.

2. Diskusi seru dan berbobot? Mahasiswa FISIP jagonya

Ngomongin diskusi, kamu suka sebel nggak sih kalau ngeliat diskusi-diskusi nggak berbobot di internet yang ujung-ujungnya cuma jadi debat kusir yang nggak ada juntrungannya? Nah, kalau kamu jadi mahasiswa FISIP hal itu nggak bakal terjadi. Mahasiswa FISIP terlatih untuk kritis dalam menanggapi isu-isu yang lagi hot diperbincangkan, dan ini juga yang membuat sesi diskusi dengan mahasiswa FISIP jadi sesi yang berbobot dan berfaedah.

Setiap masalah sosial dan apalagi politik bakal dibicarakan dengan landasan teori yang udah dipelajari di kelas. Jadi, nggak ada tuh debat-debat kusir penuh emosi yang ujung-ujungnya cuma menyerang pribadi dari si lawan debat. Semuanya harus berdasarkan teori sosial!

3. Mahasiswa FISIP anaknya nyantai kayak di pantai

Banyak yag bilang, FISIP adalah fakultas yang paling nyantai di antara fakultas-fakultas lainnya. Well, itu memang bukan isapan jempol belaka. Sebagian besar mahasiswa FISIP emang terbiasa dengan kondisi perkuliahan yang super nyantai mulai dari dresscode hingga dinamika hubungan dengan dosen.

Sedikit cerita, di kampus saya dulu which is FISIP UI, kami para mahasiswa nggak memanggil dosen dengan sebutan ‘Pak’ dan ‘Bu’, melainkan menggantinya jadi ‘Mas’ dan ‘Mbak’. Beberapa dosen bahkan santai-santai aja tuh nongkrong bareng mahasiswanya di kantin—mengobrol dan diskusi bersama. Meski begitu, sebagai mahasiswa kita harus tetap menjaga etika ketika berhubungan dengan dosen, ya. Karena bagaimana pun juga, dosen posisinya adalah guru yang tetap harus kita hormati.

4. Jadi mahasiswa FISIP berarti harus siap-siap ketemu banyak tokoh besar

Karena mempelajari bidang sosial dan politik, anak FISIP pasti punya banyak kesempatan buat bertemu degan tokoh-tokoh besar negara ini—khususnya politikus dan aktivis-aktivis sosial. Seminar nasional dengan pembicara Anggota Dewan? Walikota? Menteri? Anak FISIP udah akrab banget nih sama event-event begini.

5. Demo nggak selalu berarti buruk!

“FISIP? Fakultas yang mahasiswa suka demo itu, ya?” Beuh. Anak FISIP pasti paling nggak pernah sekali mendapatkan pertanyaan ini dari lingkungannya. Well, demo emang selalu jadi hal yang diidentikan degan mahasiswa, apalagi mahasiswa FISIP. Dan biasanya mahasiswa yang suka berdemo mendapatkan pandangan yang negatif dari masyarakat.

Padahal, demo itu nggak selalu berarti buruk lho, sob. Udah nggak jamannya mahasiswa demo tanpa tujuan yang jelas. Apalagi kalau mahasiswanya adalah mahasiswa FISIP. Turun ke jalan untuk demo adalah opsi terakhir kalau masalah yang hendak dibawa sudah nggak digubris oleh pihak-pihak yang memiliki otoritas. Sebisa mungkin, kita pasti bakal mengusahakan cara lain dulu mulai dari audiensi, diplomasi, sampai membuat petisi. Kalau hal-hal itu nggak dihiraukan juga, baru deh kita berunjuk rasa.

Tapi, tenang, unjuk rasa yang dilakukan adalah unjuk rasa yang baik-baik kok. Lagian, nggak cool banget deh demo-demo rusuh tanpa tujuan yang jelas gitu. Ya ‘kan, sob?

***

Nah, buat anak-anak FISIP yang dinamis nan produktif, pastinya butuh laptop yang nggak ribet dan fleksibel agar selalu siap dibawa kemana aja. Acer Spin 7 adalah notebook yang pas banget nih buat menemani hari-harimu.

acer spin 7

Berukuran 14 inchi, notebook ini memiliki desain yang tipis dan ringan, plus engsel yang dapat diputar 360o untuk mendukung 4 mode penggunaan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan mobilitas kamu. Selain itu, Acer Spin 7 juga memiliki baterai yang tahan hingga 8 jam dalam sekali pengisian daya, cocok banget deh buat diajak nugas sambil berdiskusi berjam-jam tanpa butuh bolak-balik nyari colokan.

Ditambah dengan teknologi 802.11ac 2x2 MU-MIMO yang memungkinkan kamu untuk berselancar di internet dengan kecepatan yang luar biasa, notebook ini bakal mengakomodasi kebutuhanmu browsing isu-isu sosial politik terkini, maupun sekedar download dan streaming.

Yuk maksimalkan hari-hari kuliahmu dengan notebook canggih nan fleksibel, Acer Spin 7!

(sumber gambar: suaramahasiswa.com, acerid.com, fisipui2013.wordpress.com, pinterest.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 16 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 27 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1