Menu

Bukan Salah Jurusan Kuliah, Tapi…

Ketika kamu sudah memasuki semester 3 atau 4, kuliah akan terasa makin berat dan membosankan. Sehingga banyak mahasiswa yang berpikir bahwa mereka itu salah pilih jurusan.

Berbagai cara sudah kamu lakukan untuk membuat kamu semangat lagi. Mulai dari bertahan demi orang tua hingga cari-cari kegiatan lain untuk pelampiasan. Yang ada justru rasa dilemma yang semakin membara antara terus melanjutkan, atau berhenti dan memikirkan jurusan lain yang lebih menarik.

Eitts, tunggu dulu! Kamu jangan buru-buru mengklaim kalau kamu itu salah pilih jurusan, apalagi kalau kamu sudah berada di semester 3 atau 4. Bisa jadi situasi yang sedang hadapi ini karena rasa malas yang semakin besar dan kurangnya motivasi belajar.

Nah, kalau merasakan 5 tanda di bawah ini, artinya kamu harus mengubah mindset kalau kamu itu bukan salah jurusan tapi kurang motivasi belajar, gaes. Cari tahu, yuk, jangan-jangan kamu mulai mengalami salah satunya!

1. Mudah merasa bosan saat perkuliahan berlangsung

Tanda yang pertama adalah mudah bosan. Yaps, kamu masih bisa, sih, memahami materi pelajaran dan rajin masuk kuliah. Tapi rasa bosan yang muncul saat berada di dalam kelas sudah nggak terbendung lagi. Rasanya ingin sekali memutar waktu biar cepat berlalu alias cepat selesai jam mata kuliahnya.

Apalagi kalau dosennya killer, kurang berselera humor, dan sering banget mengadakan kuis dadakan. Wah, mood kamu yang awalnya baik-baik bisa langsung rusak, nih! Kalau hal ini terjadi hampir setiap hari, percayalah kamu bukan salah pilih jurusan kok, gaes. Toh, nggak semua mata kuliah seperti ini, ‘kan? Pasti ada kelas atau dosen lain yang seru—yang bisa mengimbangi. Jadi, tetap semangat, ya!

2. Paham materinya, tapi malas masuk kelas aja

Paham materinya, tapi malas masuk kelas aja

Gaes, selama kamu masih bisa memahami materi kuliah yang kamu dapatkan di kelas, itu tandanya kamu bukan salah jurusan. Apalagi kalau kamu sendiri yang memasukkan jurusan yang kamu ambil ini ke dalam daftar pilihan saat tes seleksi SNMPTN, SBMPTN atau tes-tes lainnya.

Bisa jadi yang kamu hadapi adalah rasa malas mengikuti kelas akibat kurangnya motivasi belajar aja. Untuk itu, ada baiknya kamu perlu mengevaluasi gaya belajarmu selama ini. Atau mungkin kamu butuh kegiatan-kegiatan lain yang membuatmu terhibur, seperti mengikuti organisasi-organisasi positif di kampus. Sehingga penatnya kuliah nggak sampai membuatmu kehilangan motivasi belajar.

Psst, tapi ingat, ya, kalau kamu sudah mengikuti berbagai kegiatan lain. Kamu harus bisa bagi waktu antara kuliah dan organisasi. Kalau kamu penasaran gimana tips supaya bisa bagi waktu biar nggak keteteran, baca selengkapnya di sini.

3. Menikmati tugas dan penelitian, tapi malas bikin laporan

Di semester ini kamu setengah-setengah dalam mengerjakan tugas? Atau kamu tetap semangat mengikuti tugas lapangan atau penelitian, tapi rasanya malas setengah mati ketika harus mengerjakan laporan? Ingat, itu bukan SALAH JURUSAN, gaes! Itu karena kamu kurang motivasi belajar.

Satu hal yang perlu kamu garis bawahi saat malas mulai melanda, semakin lama kamu menunda pekerjaan maka semakin menumpuk beban tugasmu. Jadi, segera selesaikan tanggung jawabmu untuk mengerjakan tugas laporan, penelitian atau apapun itu, ya, gaes.

4. Nggak kepikiran pindah jurusan, sih, tapi ingin berhenti

Nggak kepikiran pindah jurusan, sih, tapi ingin berhenti

Tanda yang satu ini adalah gejala paling parah, gaes. Kamu emang nggak kepikiran buat pindah jurusan atau kampus lain, sih. Tapi rasa ingin berhenti kuliah semakin kuat menghantui pikiranmu.

Kamu juga mulai bertanya-tanya apa gunanya kuliah, kenapa nilaiku gini-gini aja sampai pikiran kalau lulus nanti bisa langsung kerja apa nggak. Alhasil, kamu mulai mencari kegiatan lain yang lebih seru dan terasa langsung manfaatnya.

Kuliah emang nggak bisa memberimu manfaat instan dalam hidup. Beda dengan bekerja, penghasilan yang kamu dapatkan ada di depan mata dan langsung terasa. Tapi coba pikirkan lagi, deh, dengan berkuliah justru wawasanmu itu semakin luas. Selain itu, peluang dalam mencari kerja atau membuka usaha sendiri semakin terbuka lebar karena hal-hal yang kamu tahu pun semakin banyak.

5. Berambisi punya uang sendiri

Saat ini banyak mahasiswa-mahasiswa yang ingin kuliah sambil kerja. Nggak ada yang salah, sih, dari itu. Cuma apa itu nggak mengganggu perkuliahanmu? Apakah kamu bisa membagi waktu dengan baik?

Nah, coba cek kembali tujuanmu bekerja sambilan itu apa? Untuk mencari pengalamankah, menambah uang jajan, atau ambisi ingin punya uang sendiri? Kalau tujuan ketiga yang lebih mendominasi, pertimbangkan ulang hal yang satu ini, ya, gaes.

Kenapa, sih, kamu bisa berambisi punya uang sendiri? Bisa jadi itu karena kamu butuh lebih banyak hiburan atau nggak ingin merasa bersalah sama orang tua aja. Soalnya menurutmu bertahan menjalani kuliah rasanya sudah semakin berat dan sesaat kamu merasa ingin get lost. Makanya kamu berambisi punya uang sendiri supaya nggak perlu bebanin orang tua yang sudah biayain kuliahmu.

Yah, kalau yang seperti itu namanya lari dari masalah. Padahal, lari dari masalah itu nggak menyelesaikan masalah sama sekali. Justru menyelesaikan apa yang telah kamu mulai adalah sebaik-baiknya jalan keluar.

***

Itulah 5 tanda kamu cuma kurang motivasi belajar, gaes. Coba sekarang tanyakan pada dirimu sendiri, kira-kira tanda-tanda nomor berapa yang mulai sering muncul dalam hidupmu? Masih yakin kalau kamu itu salah pilih jurusan?

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: ehe.osu.edu, theconversation.com, byrslf.co)

LATEST COMMENT
MDzikyan | 5 jam yang lalu

STEI Program Studi "Teknik Informatika" Amin Ya Allah

Serba-Serbi Kuliah di ITB: Sistem Perkuliahan dan Peluang Masuk
Dini tri Lestari | 7 jam yang lalu

Pengumuman UTM ipb bukannya tanggal 22 Juli kak?kok informasi diatas tggl 20 Juli?

Bedah UTM IPB 2019, Seleksi Mandiri Institut Pertanian Bogor
Beny yohanes | 9 jam yang lalu

Justru cocok sekali

Kenalan Dengan Jurusan Kuliah Kriminologi, Yuk!
Daffa Novaldy | 19 jam yang lalu

Saya sudah diterima melalui sbmptn dan mandiri ka. Apakah boleh saya tidak mengambil salah satunya??

Bolehkah Peserta yang Diterima SBMPTN 2019 Ikut Seleksi Mandiri?
Annisatul Mahmudah | 21 jam yang lalu

Ga juga, malah ada yang jadi wakil presiden bem padahal anak bio cewe lagi. Itu tergantung diri kita sendiri sih manage waktu

Serba-Serbi Menjadi Mahasiswa Biologi
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©