Menu

7 Rekomendasi Kegiatan Positif Untuk Mahasiswa Semester Akhir

Semester akhir sering kali identik dengan kegiatan skripsi, revisi akhir, persiapan wisuda, sampai mencari lowongan kerja. Namun, ada pula diantara teman-teman semester akhir ini ada yang belum dapat rezeki untuk melalui tahap seperti di atas. Alasannya beragam, gaes. Mulai dari kendala pada penelitian, sakit, tidak sempat mengejar jadwal yudisium, dan masih banyak yang lainnya.

Terlepas dari apapun yang membuat kalian harus lebih ikhlas dan bersabar lagi, alangkah baiknya kalo kamu melakukan kegiatan berfaedah dan berguna sambil menunggu kesempatan berikutnya.

Nah, kira-kira apa aja kegiatan bermanfaat tersebut? Cekidott, gaes!

1. Travelling

travelling

Travelling ke tempat-tempat jauh bisa membuat kalian lebih menghargai perbedaan, lho. Soalnya kalian akan bertemu orang-orang dengan karakter yang berlainan, menyaksikan budaya unik dan berbeda dari yang diketahui sebelumnya, dan lain-lain.

Tentu aja, rasa toleran wajib dimiliki agar kalian bisa beradaptasi saat melakukan travelling. Nggak mungkin kalian bersikap egois di kota atau negara orang, ‘kan? Hihihi.

2. Ikutan jadi volunteer

volunteer

Nggak cuma menebar kebaikan buat sesama, aksi sosial juga buat kalian belajar banyak hal, lho. Diantaranya adalah tentang arti kerja sama antar volunteer, tanggung jawab saat diberikan jobdesk, dan peka terhadap lingkungan sekitar.

Kegiatan volunteer jaman sekarang udah memiliki beragam tema, gaes—mulai dari sosial, lingkungan, pendidikan, budaya, dan tentu masih banyak lagi. Baik skala nasional ataupun internasional, kegiatan ini selalu penuh dengan pengalaman-pengalaman yang nggak terlupakan, deh.

3. Daftar delegasi event atau summit

event

Buat kalian yang suka banget interaksi sama orang-orang baru, mau menambah wawasan terkini tentang topik-topik tertentu, menyampaikan pendapat atau sharing karya dan gagasan, wajib banget cobain kegiatan yang satu ini. Apalagi kalo setelah ikutan, kalian bisa kasih manfaat lebih buat lingkungan sekitar. Widiww, kurang mantap gimana lagi coba, gaes?

Oya, akhir-akhir ini udah banyak kok kegiatan event atau summit kepemudaan di dalam dan luar negeri. Tinggal pilih aja yang sesuai dengan minat kalian.

4. Coba pelatihan keterampilan

training

Sekarang ini, udah banyak sekali pelatihan non formal yang bisa memberi tambahan skill baru—baik secara luring maupun daring. Nah, kalo kalian rajin cari informasi, pasti kalian akan menemukan komunitas atau independent yang sering mengadakan kelas terkait fotografi, design, nulis, menjahit, memasak, bahkan bahasa asing.

Apalagi di era digital yang kemajuannya semakin pesat ini, kalian nggak perlu susah-susah deh menemukan video dan e-book gratis untuk belajar hal-hal baru.

5. Magang sesuai passion

magang

Belajar toleransi udah, menambah relasi teman udah, ikutan keterampilan juga udah. Terus, kalian masih bingung apa yang harus dilakukan selanjutnya? Jawabannya adalah aplikasikan kemampuan-kemampuan tersebut.

Kalian yang doyan design, fotografi, atau nulis, coba deh ikutan program magang di posisi Designer, Photographer atau Writer. Selain menambah nilai positif pada Curriculum Vitae kalian saat melamar di dunia kerja yang sesungguhnya nanti, program magang juga bisa menambah uang jajan-mu, lho.

6. Ikutan lomba

lomba fotografi

Kalo kalian suka sesuatu yang lebih greget atau menantang, mengikutsertakan karya untuk lomba patut dicoba. Kalian jadi tau, karya yang kalian buat itu berkualitas dan diapresiasi banyak orang tidak. Selain itu, kalian juga bisa belajar dari karya-kaya para peserta lainnya, gaes.

Ingat, perlombaan itu bukan sekadar menang atau kalah, melainkan pembelajaran yang didapat dari dua jenis hasil akhir tersebut.

7. Memulai bisnis

bisnis

Buat kalian yang nggak suka bersaing, tapi masih mau menantang diri sendiri dan menyalurkan hobi, memulai bisnis kecil-kecilan juga pilihan yang nggak kalah keren, kok. Daripada kue buatan sendiri dimakan keluarga aja, mending dipromosiin ke teman-teman, kerabat dekat atau dosen-dosen yang ada di kampus.

Fyi, bisnis fashion handmade juga nggak pernah sepi peminat, lho, gaes. Kalo kalian mau, coba dulu jual lewat online shop biar menghemat biaya pemasaran.

***

Jadi, kalian udah menentukan kegiatan produktif apa yang ingin kalian coba?

 

Baca juga: 

 

(Sumber gambar: youtube.com, max-security.com, ymcahouston.org, arizona.edu, providertrust.com, pagepotato.com, ngstudentexpeditions.com, businessnewsdaily.com)

LATEST COMMENT
Aditya Guntur | 14 menit yang lalu

Open endorse pria Instagram @guntur_g9

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Shahfa Ananda | 6 jam yang lalu

apa aja sih kak jurusan yang berkaitan dengan fisika selain teknik sipil?

Daya Tampung SNMPTN 2019 di Universitas Brawijaya
Arif Alfon Gordon | 17 jam yang lalu

Jadi, ketika saya lulus sbm, harus saya lepaskan kak??

Program Bidikmisi Jalur SNMPTN, SBMPTN dan Ujian Mandiri/PMDK/UMPN 2019
Achmad Choirul Huda | 19 jam yang lalu

Min jadi univ mau nerima kita dipilihan kedua kan? Banyak kabar hoax yg bilang gitu :(

Strategi Menentukan Pilihan Pertama dan Kedua pada SBMPTN 2019
Azizah Nur | 21 jam yang lalu

Bismillah maba oseanografi itb 2021:)). O iya kalo oseano di itb tesnya saintek atau soshum?

Serba-Serbi Jurusan Oseanografi—Untuk Kamu yang Ingin “Kenalan” Lebih Jauh dengan Laut dan Seisinya
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©