7 Cara Menghindari Ospek dan Senior Usil

Hari gini masih ada aja ospek? Yoi, masih ada lho gaes, kegiatan sejenis perpeloncoan dan ospek yang dibalut aktivitas legal, seperti masa pengenalan kampus atau orientasi mahasiswa baru. Nah, kamu mesti pintar-pintar memilah, mana aja kegiatan yang berfaedah dan penting untuk maba, dan mana saja yang merupakan wujud keisengan senior.

Saat kamu dan teman-teman seangkatan mahasiswa baru diberikan tanggung jawab untuk menggelar suatu acara, itu merupakan contoh kegiatan berfaedah. Tapi kalau ada “sesi-sesi khusus” yang isinya maba dibentak-bentak dan diwajibkan melakukan kegiatan fisik (push up 100 kali, misalnya), maka bisa termasuk perpeloncoan.  

Akibatnya, kayak judul lagu Raisa: serba salah (#eaaaak!). Kalau menentang secara terang-terangan bisa dianggap nyolot, nggak kompak, dan hubungan sama senior renggang kayak gigi yang belum dibehelin. Sedangnkan kalau nurut-nurut aja, lelah fisik dan lelah hati. Capek deh! Jika situasinya demikian, ada 7 hal yang bisa kalian lakukan wahai maba.

1. Kerjakan tugas resmi yang berfaedah dengan sebaik mungkin. Ajak juga teman-teman kamu melakukannya. Kenapa? Sebab “senioritas” dan “perpeloncoan” biasanya dilakukan dengan alasan untuk membuat maba bersungguh-sungguh, kompak, dan taat aturan. Nah, jika kalian sudah melakukan yang terbaik, nggak ada alasan bagi senior buat marah-marah.

2. Alasan kesehatan. Sesungguhnya ini adalah jalan pintas yang dilakukan banyak maba. Biasanya dengan izin sakit/masalah kesehatan, mahasiswa bisa mangkir dari kegiatan ospek, atau setidaknya dapat hukuman/kerjaan yang ringan.

Ini seperti pengalaman Muhammad alumni Teknik KimiaUniversitas Gadjah Mada‍, “Sebagai mahasiswa 'cerdik' yang nggak pengen dikerjain senior tengil, saya bikin berbagai alasan untuk cari aman saat daftar ospek. Seperti lagi kurang sehat lah, sakit ini-itu lah, dan sebagainya. Trus, di hari pertama ospek, saya datang terlambat gara-gara begadang demi menyelesaikan tugas dari senior. Karena dianggap kurang fit, saya mendapatka pin putih. Ini adalah senjata paling ampuh, karena mahasiswa yang diberi pin putih selalu dapat keringanan hukuman. Saya pun terhindar dari kekejaman senior sepanjang ospek, sementara teman saya yang sama-sama telat, dihukum seharian.”

3. Bangun koneksi dengan senior berpengaruh dan bijak. Maksudnya bijak di sini adalah dia nggak pro ospek.  Nah, senior kayak begini bisa membantu kamu menghindari ospek.

4. Ciptakan angkatan yang solid. Misalnya, jika ada yang memiliki masalah bisa sharing ke yang lain. Soalnya, suka ada ospek nggak resmi ke beberapa maba, yang jatuhnya mirip kayak gencet/bully. Kalau angkatan kamu kompak dan saling dukung, kalian bisa saling dukung dan hal-hal kayak begini pun bisa dihindari.

5. Sibukkan diri dengan aktivitas berfaedah. Kalau kamu luntang-lantung dan doyan nongkrong nggak jelas, kamu bisa jadi sasaran empuk senior usil. Lain halnya jika kamu memiliki kesibukan di kampus. Mereka bakalan malas mengganggu.

6. Mangkir dari kegiatan nggak berfaedah. Misalnya, kamu yakin banget kalau acara A nggak jelas, trus bakal diisi dengan ospek dan nggak ada faedahnya. Maka kamu bisa menghindarinya dengan izin nggak ikutan acara tersebut. Izinnya bisa dengan alasan pulang kampung (ke luar kota atau luar negeri), kakak nikah, kontrol dokter (padahal cuma kontrol jerawat di dokter kulit. Hihihi), dan lain sebagainya.

7. Usul ide acara menyenangkan. Biasanya, ospek terjadi karena kehabisan ide kegiatan. Nah, rencanakan acara seru yang bisa bikin angkatan kalian menyatu dengan angkatan lain. Pastikan kegiatan tersebut menarik dan seru bagi senior, sehingga mereka merasa nggak perlu bikin acara lain.

Semoga kamu terhindarkan dari senior usil dan segala ospek-ospekan yang nggak penting, ya.

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1