Menu

6 Hal yang Akan Kamu Rasakan Ketika Baru Pertama Kali Merantau

Yups, tinggal di luar kota dan nggak bareng keluarga emang bukan hal yang mudah, gaes. Kamu harus terbiasa hidup mandiri dan nggak mengandalkan orang-orang yang dekat denganmu, seperti orangtua atau teman-temanmu.

Selain itu, kamu juga harus siap menerima risiko yang ada dan melewati segala tantangan yang ada. Apalagi kalau kamu baru aja merantau. Nah, 6 hal di bawah ini pasti akan kamu rasakan ketika baru pertama kali merantau.

1. Adaptasi

Of course, hal utama yang harus kalian lakukan pertama kali adalah beradaptasi dengan lingkungan baru. Mulai dari beradaptasi dengan budaya yang baru, makanan, dan kebiasaan di lingkungan tersebut.

Tujuannya? Ya, biar kamu betah dan nggak merasa bosan saat tinggal di perantauan.

2. Exicted

Hayoo ngaku! Pasti diantara kamu ada yang merasa senang saat diperbolehkan orangtuanya untuk menempuh pendidikan di tanah perantauan, ya, ‘kan? Kamu berpikir bahwa akhirnya kamu memiliki kebebasan dan bisa hidup mandiri.

Padahal kebebasan dan kemandirian itu nggak sesederhana yang kamu bayangkan, gaes. Saat kamu merantau nanti, kamu akhirnya akan paham bahwa kebebasan itu memiliki konsekuensi dan tanggung jawab. Apalagi kamu tinggal di kota yang bukan kotamu sendiri, otomatis kamu nggak bisa lagi bersikap seenaknya.

3. Homesick

Homesick

Kalau ada yang exicited pasti ada yang namanya dikit-dikit kangen rumah alias Homesick! Ya, emang nggak bisa dipungkiri sih, Homesick menjadi salah satu permasalahan yang sering dialami oleh anak perantauan.

Meskipun kamu baru sehari meninggalkan keluargamu, kamu pasti akan merindukan mereka. Mulai dari momen liburan, makan bareng, hingga pertengkaran kecil dengan kakak atau adik, pasti akan kamu rindukan. Nggak enak banget deh, kalau sering-sering kayak gini! Huhuhu.

4. Belum tahu warung makan, warung penyetan atau warteg yang enak

Saat pertama kali merantau, kamu pasti bingung mau cari makan di mana. Takut salah pilih makanan lah, takut harganya mahal lah. Belum lagi bakalan terasa awkward karena harus makan sendiri di lingkungan baru.

Tapi, jangan khawatir, gaes! Seiring berjalannya waktu dan semakin terbiasanya kamu di tanah rantau, kamu pasti bisa memilih tempat makan yang pas sesuai seleramu, kok.

5. Belum terbiasa mengatur keuangan

Sebagai anak rantau baru, kamu tentunya belum terbiasa mengatur keuanganmu sendiri. Wajar banget kalau kamu mengalami hal ini. Kenapa?

Soalnya selama ini ‘kan, orangtuamu yang menanggung semua kebutuhanmu. Jadi, saat kamu harus memegang uang banyak dan kamu takut uang bulanan habis sebelum waktunya, itu wajar banget, kok. Maka dari itu, kamu harus mulai belajar untuk berbelanja hanya sesuai kebutuhan dan budgetmu ya, gaes.

6. Bahagia jika sudah mendapat teman di perantauan

Merantau itu nggak selalu tentang sedih-sedih, lho, gaes. Salah satu hal yang paling membahagiakan pada saat merantau adalah memiliki banyak teman. Kamu bisa melakukan apapun bersama teman.

Apalagi kalau mendapatkan teman sesama anak rantau yang berasal dari daerah asalmu. Tentunya, kamu nggak perlu sendirian lagi dalam mencari makanan, jalan-jalan, ataupun belajar.

***

Nah, itu tadi 6 hal yang akan kamu rasakan saat pertama kali merantau. Dan ternyata jadi anak rantau untuk pertama kalinya itu rasanya campur aduk, ada sedih dan juga senangnya ya.

Tapi tenang aja gaes, masa-masa sedih itu akan berlalu seiring berjalannya waktu. Kamu akan menikmati hidupmu di tanah rantau dan akan sukses di kemudian hari.

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: connects.soton.ac.uk, indbeasiswa.com)

LATEST COMMENT
Intan Nur Septiani | 7 jam yang lalu

Opem endorse @tane.id

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Danta Ginting | 8 jam yang lalu

doa kok diumbar kentoddd

Berapa Passing Grade SBMPTN 2019?
Danta Ginting | 8 jam yang lalu

pataatttt

Berapa Passing Grade SBMPTN 2019?
Danta Ginting | 8 jam yang lalu

doa kok diumbarr

Berapa Passing Grade SBMPTN 2019?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©