5 Masalah yang Bakal Kamu Hadapi Sebagai Mahasiswa Baru dan Cara Mengatasinya

Menjadi mahasiswa memang salah satu momen yang paling ditunggu sama anak muda. Soalnya, nggak bisa dipungkiri masa perkuliahan emang seru banget, sob!

Punya keseruan yang berbeda sama masa sekolah, beda pula masalahnya. Nah, ini dia lima masalah awal yang bakal kamu hadapi sebagai mahasiswa baru dan bagaimana cara menghadapinya. Semoga hal ini bikin kamu semakin siap dan semangat menghadapi dunia baru saat masuk kuliah, ya!

1. Bingung pakai outfit apa ke kampus

Pastinya starter pack anak kuliahan bakal beda banget sama apa yang kamu butuhkan untuk menyambut tahun ajaran semasa sekolah. Dulunya kamu cuma butuh seragam putih merah/biru/abu, sekarang kamu butuh lebih banyak ragam dan variasi pakaian untuk kamu kenakan selama kurang lebih empat tahun ke depan.

Cara menghadapinya:

Bagi daftar outfit kamu menjadi empat kategori: Atasan, bawahan, sepatu dan aksesoris tambahan. Untuk masing-masing kategori, miliki outfit untuk dua bagian, yaitu acara formal seperti seminar, meeting atau presentasi dan untuk acara informal seperti kegiatan perkuliahan sehari-hari. Coba cek daftar pakaian dan aksesoris penting lainnya yang dibutuhkan oleh mahasiswa.

2. Sulit beraptasi sebagai anak baru

Menjadi mahasiswa baru bisa jadi sangat menyenangkan, sekaligus menakutkan! Kenapa? Karena gimanapun juga, kuliah adalah dunia baru yang bisa memberikan banyak pengalaman. Masalahnya, dunia baru nggak sama dengan Dunia Lain. Kalau kamu nggak kuat, kamu nggak bisa lambaikan tangan ke kamera! Dengan kata lain, kalau sudah jadi mahasiswa, kamu nggak boleh nyerah, apalagi pura-pura pingsan.

Cara menghadapinya:

Coba list down apa yang kamu takuti ketika masuk kampus baru nanti. Misalnya, masalah mnghadapi dosen. Sebetulnya, nggak semua dosen itu galak, tapi kadang memang ada dosen yang galak banget! Agar dosen mendapat kesan pertama yang baik tentang kamu, sebisa mungkin jangan pernah telat masuk kelas. Trus, tunjukkan sikap aktif dan penuh inisiatif selama kelas berlangsung. Selain itu, selesaikan semua tugas dari sang dosen dengan maksimal. ikuti tips cepat beradaptasi di kampus baru berikut ini.

3. Nggak punya tempat bertanya soal istilah perkuliahan

Sudah siap jadi anak kuliahan? SUDAAAAAAHHHHHH! *ceritanya semangat, padahal belum lulus*. Artinya, kamu harus siap untuk belajar hal baru dan upgrade wawasan. Dimulai dengan mengenal istilah-istilah yang biasa digunakan dalam dunia kuliah dan sekitar kampus.

Cara menghadapinya:

Rajin-rajin mencari informasi soal jurusan dan kelas yang kamu ambil. Selain itu, ini dia istilah perkuliahan yang perlu kamu ketahui.

4. Ragu-ragu dalam memilih organisasi kampus

Setiap kali saya mewawancarai orang sukses di berbagai bidang, saya pasti nanya tips dan pesan mereka buat anak muda kayak kita. Uniknya, hampir semua orang sukses tersebut bilang, “Ikutlah organisasi ketika kamu masih sekolah atau kuliah." Kenapa? Karena banyak banget manfaat yang didapat ketika kamu ikut organisasi, terutama untuk mengembangkan soft skills yang emang nggak diajarkan secara formal di kelas.

Masalahnya, organisasi di kampus tuh banyak banget, gaes. Ini bikin kita jadi ragu-ragu mau ikut yang mana. Belum lagi, kekhawatiran kita untuk membagi waktu.

Cara menghadapinya:

Kenali plus minus ikut organisasi mahasiswa. Selain itu, kamu harus spesifik dalam menggali organisasi yang mau kamu ikuti. Misalnya, jadwal kumpul, latihan, rapat sampai prestasi organisasi tersebut! Cek apakah kamu lebih cocok ikut organisasi mahasiswa di tingkat fakultas atau ikut UKM sesuai hobi.

5. Beradaptasi sebagai anak kostan dan jauh dari kampung halaman

Salah satu kegalauan batin mahasiswa yang jarak antara rumah dengan kampusnya nggak terlalu jauh adalah memilih mau nge-kost atau nggak. Kalau kamu termasuk mahasiswa seperti itu, setiap awal atau akhir semester pasti kamu bingung, “Gue enaknya ngekost atau pulang pergi aja, ya?” 

Cara menghadapinya:

Sebelum berkeputusan mau ngekost atau nggak, sebaiknya cek dulu, deh, plus-minusnya jadi anak kostan.

 

(Sumber gambar: startschoolnow.org, msecnd.net)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 19 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 29 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1