10 Hal yang Pantang Dilakukan Mahasiswa Baru

Menjadi mahasiswa baru merupakan salah satu periode yang krusial dalam kehidupan perkuliahan. Nah, biar tahun pertama kamu lancar jaya, jangan lakukan 10 hal ini saat berstatus maba.

1. Melanggar peraturan.  Usahakan jangan melanggar peraturan. Kamu cari tahu dulu maksud dari aturan tersebut. Misalnya nih, mahasiswa tahun pertama dilarang membawa kendaraan sendiri ke kampus. Bisa jadi itu karena area parkirnya terbatas. Kalaupun kamu perlu banget “melanggar” aturan, mendingan minta izin atau diskusikan dengan pihak terkait.

Kalau kamu sengaja menyepelekan atau melanggar aturan, bukan nggak mungkin pihak kampus, dosen, senior, atau bahkan teman-teman seangkatan jadi sebal sama kamu. Karena biasanya aturan dibuat demi kepentingan bersama. Nggak mau ‘kan memberi kesan negatif di awal perkuliahan?

2. Nggak ikut masa perkenalan siswa yang diadakan pihak kampus. Karena belum mulai perkuliahan (atau karena belum puas liburan), biasanya agak malas menjalani aktivitas masa perkenalan kampus. Padahal di situ ada banyak informasi yang bisa kamu dapatkan. Kayak fasilitas apa saja yang tersedia di kampus, bagaimana sistem penilaiannya, hingga sesi perkenalan dengan dosen. Hal-hal kayak begini bisa jadi modal penting dalam menjalani perkuliahan, lho.

3. Terlalu cepat percaya sama atau malah antipati orang yang baru dikenal. Bisa jadi ada teman-teman yang bikin kamu merasa klik. Tapi tetap kamu nggak bisa langsung memberikan kepercayaan 100 persen. Sebaliknya, jangan cepat nge-judge dan merasa sebal dengan orang lain.

4. Menggeletakkan/meninggalkan barang-barang berharga di area kampus. Perhatikan dompet, laptop, hape, dan lainnya. Karena banyak banget kasus maba yang kehilangan barangnya. Sebelum meninggalkan kelas atau kampus, pastikan kamu mengecek barang-barangmu.

5. Menyewa kosan selama setahun penuh. Mendingan bulanan karena bisa jadi kamu nggak betah atau menemukan tempat lain yang lebih oke.

6. Malas-malasan di tahun pertama kuliah, lantaran mata kuliahnya masih yang dasar. Trus, kamu berniat mengejar belajar dan nilai di tahun-tahun berikutnya. Ingat bahwa performa kamu di tahun pertama kuliah akan berpengaruh terhadap IPK kamu, lho. Jangan sampai terlalu nyantai sehingga hasilnya nggak maksimal atau ada yang nggak lulus.

7. Sebaliknya, jangan hanya fokus pada nilai akademis. Apalagi sampai menghalalkan segala cara, dan nggak peduli teman-teman yang lain. Misalnya, nggak mau catatan dipinjam teman kuliah, karena takut tersaingi. Yang kayak gini nih, ciri mahasiswa yang berpotensi. Berpotensi disebelin teman-teman yang lain. Hehehe!

8. Menjaga jarak dengan senior. Justru kamu bisa mendapat banyak informasi dan tips menjalani perkuliahan dari dosen. Juga mendapatkan pinjaman buku.

9. Melawan dosen. Berbeda pendapat boleh-boleh aja. Tapi, jangan sampai kamu bersikap nggak pantas.

10. Terburu-buru menyimpulkan bahwa kamu salah jurusan. Soalnya, kamu ‘kan,  masih dalam tahap adaptasi. Banyak lho, yang merasa nggak cocok dengan prodi yang diambil di awal perkuliahan. Namun setelah dijalani, ternyata sesuai dengan minat dan bakat. Jadi berikan kesempatan pada dirimu.

(sumber gambar: collegefashion.net, linkedin.com, quora.com)          

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 16 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 27 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1