Yuk, Mengenal Lebih Dekat Program Studi Ilmu Komputer Beserta Perguruan Tinggi Terbaiknya

Kamu ingin kuliah di bidang yang terkait komputer? Tetapi bingung memilih dan membedakan antara Ilmu Komputer, Teknik Informatika, Sistem dan Teknologi Informasi, dan Teknik Komputer. Itu semua sama tidak, sih?

Yups, sekilas program studi di atas memang terlihat sama saja. Namun kalau kamu mengulas lebih dalam tentunya TIDAK SAMA.  

Nah, orang awam mungkin boleh menganggap itu sama. Namun, tidak dengan kamu yang akan menjadi mahasiswa berpendidikan di bidangnya. Yuk, cari tahu di bawah ini mengenai salah satu program studi di bidang komputer, yaitu Ilmu Komputer.

Tentang program studi Ilmu Komputer

Ilmu Komputer adalah sebuah ilmu yang mempelajari baik tentang komputasi, perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Ilmu komputer mencakup beragam topik yang berkaitan dengan komputer. Mulai dari analisis abstrak algoritma hingga subyek yang lebih konkret—seperti bahasa pemrograman, perangkat lunak, dan perangkat keras. 

Perbedaan Ilmu Komputer dan Teknik Informatika

Memang di beberapa universitas progam studi Teknik Informatika juga disebut Ilmu Komputer. Namun program studi ini tidaklah sama.

Berbeda dengan Teknik Informatika yang lebih menekankan pada sisi penerapannya, program studi Ilmu Komputer lebih fokus pada 'sains' dari bidang komputer itu sendiri.

Trus, kalau perbedaannya program studi Ilmu Komputer dengan Teknologi Informasi, Sistem Informasi, dan Teknik Komputer itu gimana? Bukannya sama aja?

Sekilas mata kuliah yang didapatkan dari ketiga bidang komputer tersebut memanglah sama, gaes. Namun setiap universitas memiliki pembobotan yang berbeda disetiap program studinya. Hal inilah yang akan menjadikan jalur karier dan bidang kerja lulusan itu berbeda.

Mengenai perbedaan tentang program studi tersebut, kamu bisa baca selengkapnya di: Inilah Perbedaan Jurusan Teknologi Informasi, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Ilmu Komputer, dan Teknik Komputer

Mata kuliah program studi Ilmu Komputer

Berikut ini ada beberapa gambaran tentang mata kuliah apa saja yang akan kamu dapatkan jika kamu mengambil program studi Ilmu Komputer:

1. Mobile Progamming

2. Sistem Otomasi

3. Teknologi Mikrotik

4. Matematika Komputasi

5. Aljabar Linear Matriks

6. Sistem Instrumentasi

7. Sistem Operasi

8. Metode Numerik

9. Analisis Perancangan Sistem

Prospek kerja program studi Ilmu Komputer

Jangan khawatir, seorang lulusan Ilmu Komputer memiliki prospek kerja yang cukup cerah, gaes. Seperti yang kita ketahui, saat ini industri teknologi tengah berkembang pesat di dunia.  Dan hampir semua perusahaan memerlukan tenaga ahli IT yang dapat memecahkan masalah terkait bidang komputer—baik itu dari sisi perangkat lunak maupun perangkat keras.

Beberapa contoh profesi yang bisa dijalani oleh seorang lulusan Ilmu Komputer adalah: Programmer Komputer, Web Developer, dan IT Consultant.

Kampus yang menyediakan program studi Ilmu Komputer

Kalau kamu tertarik untuk melanjutkan pendidikan tinggi di program studi ini, Youthmanual akan berikan informasi kampus mana aja yang menyediakan program studi Ilmu Komputer dan berakreditasi A versi BAN-PT.

1. Universitas Indonesia 

2. Institut Pertanian Bogor 

3. Universitas Lampung 

4. Universitas Gadjah Mada 

5. Universitas Sumatera Utara 

6. Universitas Pendidikan Indonesia 

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: umassmed.edu)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1