Yuk, Kenal Lebih Dekat dengan Program Studi Perbankan Syari’ah

Saat ini, Perbankan Syari’ah bisa dibilang merupakan program studi yang sedang booming. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya kebutuhan dunia kerja yang semakin banyak membutuhkan lulusan program studi tersebut. Buat kamu yang belum mengetahui tentang program studi Perbankan Syari’ah, cari tahu serba-serbi-nya di bawah berikut ini.

Apa, sih, Perbankan Syari’ah itu?

Perbankan syari’ah merupakan salah satu jenis perbankan yang melakukan kegiatan perbankannya berdasarkan syari’ah islam. Nah, sistem operasional perbankan syari’ah berbeda dengan perbankan konvensional, gaes—di mana bank syari’ah menggunakan prinsip bagi hasil dalam keseluruhan produk perbankanny.

Sumber dana, penyaluran dana, dan pembiayaan yang disediakan oleh perbankan syari’ah juga memiliki perbedaan yang jelas. Dalam pembiayaan bank syari’ah, juga terdapat penerapan zakat dan wakaf.

Selain dalam hal produknya, hubungan mitra dan pelayanan yang ramah adalah prinsip keunggulan yang diterapkan oleh perbankan syari’ah, gaes.

Dengan sistem yang demikian, diperlukanlah Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dengan memahami prinsip bank syari’ah, mengerti mengenai Ekonomi Islam secara keseluruhan, serta diharapkan bisa menjaga stabilitas perekonomian nasional. Nah, keberadaan perbankan syari’ah inilah yang memunculkan adanya program studi Perbankan Syari’ah, gaes.

Trus, kalau di Perbankan Syari’ah belajar apa?

Kalau kamu penasaran apa saja yang dipelajari di program studi ini selama kuliah, berikut adalah beberapa mata kuliah di program studi Perbankan Syari’ah:

  • Pengantar Ekonomi Mikro Islam  
  • Pengantar Ekonomi Makro Islam 
  • Ekonomi Islam       
  • Studi Kelayakan Bisnis       
  • Pelaporan Keuangan
  • Layanan Produk dan Jasa Bank Syari’ah   
  • Manajemen Pemasaran dan Pembiayaan Bank Syari’ah
  • Laboratorium Perbankan Syari’ah
  • Analisis Laporan Keuangan
  • Manajemen Aset dan Liability Bank Syari’ah
  • Manajemen Keuangan Islami
  • Etika Bisnis Islami
  • Pengantar Akuntansi (konvensional dan syari’ah)
  • Manajemen Perbankan Syari’ah  
  • Akuntansi Perbankan Syari’ah
  • Manajemen SDM Islami

Prospek karier lulusan program studi Perbankan Syari’ah

Seperti yang sudah disinggung di atas, perbankan syari’ah adalah salah satu segmen keuangan syari’ah yang sedang mengalami pertumbuhan. Oleh karena itu, prospek kerja lulusan program studi Perbankan Syari’ah cukup besar.

Di bawah berikut ini adalah beberapa profesi yang bisa dipilih oleh lulusan program studi Perbankan Syari’ah.

1. Peneliti

Lulusan program studi Perbankan syari’ah bisa mengisi peluang untuk menjadi Peneliti–Peneliti unggul dalam bidang kajian perbankan syari’ah, ekonomi Islam, dan bidang kajian keuangan Islam lainnya.

2. Menjadi tenaga profesional di perbankan

Prospek kerja jurusan Perbankan Syari’ah tergolong menjanjikan dengan menjadi tenaga profesional perbankan. Banyak jabatan yang tersedia di perbankan berbasis syari’ah bagi lulusan yang berkompeten.

Nah, tenaga profesional perbankan meliputi Teller, Customer Service, dan Audit. Selain itu, lulusan perbankan syari’ah juga dapat bekerja di bagian sentral perusahaan, yaitu di bagian Staff, Admin Pembiayaan Mikro, Kepala Bagian, Manajer, dan Direktur.

3. Akuntan

Prospek kerja program studi Perbankan Syari’ah selanjutnya adalah Akuntan. Akuntansi perbankan syari’ah mempunyai perbedaan dengan perbankan konvensional. Jabatan sebagai akuntan di perbankan syaria, yaitu pada posisi Audit.

Pengauditan sistem keuangan perbankan syari’ah membutuhkan kecermatan dan keahlian dalam penghitungan akuntansi. Posisi ini mempunyai peran penting bagi kelangsungan operasional perbankan syari’ah.

Karena peran pentingnya, kompensasi gaji yang diterima oleh Akuntan perbankan syari’ah cukup tinggi, lho.

4. Akademisi/ Tenaga Pengajar/ Dosen

Eitss, jangan salah! Akademisi merupakan salah satu peluang yang bisa dimanfaatkan oleh lulusan program studi Perbankan Syari’ah, lho. Soalnya, saat ini banyak dibuka program studi yang berbasis keuangan Islam di Perguruan Tinggi, termasuk Perbankan Syari’ah dan Ekonomi Islam.

5. Praktisi

Praktisi merupakan perantara untuk meningkatkan market share secara kuantitas dan kualitas di perbankan syari’ah. Prospek kerja program studi Perbankan Syari’ah ini merupakan kesempatan emas, karena sedang dibutuhkan guna memacu pertumbuhan perbankan syari’ah, gaes. Praktisi tersebut bertugas untuk meneliti prospek perbankan syari’ah, melakukan inovasi, melakukan sosialisasi, serta menjadi konsultan dalam bidangnya.

Fyi, jumlah praktisi perbankan syari’ah belum tergolong banyak, lho.

6. Entrepreneur

Selain profesi di atas, lulusan program studi Perbankan Syari’ah bisa berpeluang menjadi entrepreneur atau wirausahawan, lho. setiap lulusan program studi ini bisa menjadi pengusaha yang mandiri, dan inovatif dengan membangun jasa Konsultan Akuntan Publik, Keuangan dan Perpajakan, Konsultan Manajemen untuk korporasi maupun perseorangan yang berwawasan teknologi informasi dan komunikasi.

Kampus dengan program studi Perbankan Syari’ah terbaik

Kalau kamu tertarik untuk terjun ke program studi ini, berikut adalah kampus dengan program studi Perbankan Syari’ah di Indonesia yang tertera di BAN-PT.

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: mymoneysouq.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 17 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 27 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1