Menu

Yuk, Kenal Lebih Dekat dengan Program Studi Perbankan Syari’ah

Saat ini, Perbankan Syari’ah bisa dibilang merupakan program studi yang sedang booming. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya kebutuhan dunia kerja yang semakin banyak membutuhkan lulusan program studi tersebut. Buat kamu yang belum mengetahui tentang program studi Perbankan Syari’ah, cari tahu serba-serbi-nya di bawah berikut ini.

Apa, sih, Perbankan Syari’ah itu?

Perbankan syari’ah merupakan salah satu jenis perbankan yang melakukan kegiatan perbankannya berdasarkan syari’ah islam. Nah, sistem operasional perbankan syari’ah berbeda dengan perbankan konvensional, gaes—di mana bank syari’ah menggunakan prinsip bagi hasil dalam keseluruhan produk perbankanny.

Sumber dana, penyaluran dana, dan pembiayaan yang disediakan oleh perbankan syari’ah juga memiliki perbedaan yang jelas. Dalam pembiayaan bank syari’ah, juga terdapat penerapan zakat dan wakaf.

Selain dalam hal produknya, hubungan mitra dan pelayanan yang ramah adalah prinsip keunggulan yang diterapkan oleh perbankan syari’ah, gaes.

Dengan sistem yang demikian, diperlukanlah Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dengan memahami prinsip bank syari’ah, mengerti mengenai Ekonomi Islam secara keseluruhan, serta diharapkan bisa menjaga stabilitas perekonomian nasional. Nah, keberadaan perbankan syari’ah inilah yang memunculkan adanya program studi Perbankan Syari’ah, gaes.

Trus, kalau di Perbankan Syari’ah belajar apa?

Kalau kamu penasaran apa saja yang dipelajari di program studi ini selama kuliah, berikut adalah beberapa mata kuliah di program studi Perbankan Syari’ah:

  • Pengantar Ekonomi Mikro Islam  
  • Pengantar Ekonomi Makro Islam 
  • Ekonomi Islam       
  • Studi Kelayakan Bisnis       
  • Pelaporan Keuangan
  • Layanan Produk dan Jasa Bank Syari’ah   
  • Manajemen Pemasaran dan Pembiayaan Bank Syari’ah
  • Laboratorium Perbankan Syari’ah
  • Analisis Laporan Keuangan
  • Manajemen Aset dan Liability Bank Syari’ah
  • Manajemen Keuangan Islami
  • Etika Bisnis Islami
  • Pengantar Akuntansi (konvensional dan syari’ah)
  • Manajemen Perbankan Syari’ah  
  • Akuntansi Perbankan Syari’ah
  • Manajemen SDM Islami

Prospek karier lulusan program studi Perbankan Syari’ah

Seperti yang sudah disinggung di atas, perbankan syari’ah adalah salah satu segmen keuangan syari’ah yang sedang mengalami pertumbuhan. Oleh karena itu, prospek kerja lulusan program studi Perbankan Syari’ah cukup besar.

Di bawah berikut ini adalah beberapa profesi yang bisa dipilih oleh lulusan program studi Perbankan Syari’ah.

1. Peneliti

Lulusan program studi Perbankan syari’ah bisa mengisi peluang untuk menjadi Peneliti–Peneliti unggul dalam bidang kajian perbankan syari’ah, ekonomi Islam, dan bidang kajian keuangan Islam lainnya.

2. Menjadi tenaga profesional di perbankan

Prospek kerja jurusan Perbankan Syari’ah tergolong menjanjikan dengan menjadi tenaga profesional perbankan. Banyak jabatan yang tersedia di perbankan berbasis syari’ah bagi lulusan yang berkompeten.

Nah, tenaga profesional perbankan meliputi Teller, Customer Service, dan Audit. Selain itu, lulusan perbankan syari’ah juga dapat bekerja di bagian sentral perusahaan, yaitu di bagian Staff, Admin Pembiayaan Mikro, Kepala Bagian, Manajer, dan Direktur.

3. Akuntan

Prospek kerja program studi Perbankan Syari’ah selanjutnya adalah Akuntan. Akuntansi perbankan syari’ah mempunyai perbedaan dengan perbankan konvensional. Jabatan sebagai akuntan di perbankan syaria, yaitu pada posisi Audit.

Pengauditan sistem keuangan perbankan syari’ah membutuhkan kecermatan dan keahlian dalam penghitungan akuntansi. Posisi ini mempunyai peran penting bagi kelangsungan operasional perbankan syari’ah.

Karena peran pentingnya, kompensasi gaji yang diterima oleh Akuntan perbankan syari’ah cukup tinggi, lho.

4. Akademisi/ Tenaga Pengajar/ Dosen

Eitss, jangan salah! Akademisi merupakan salah satu peluang yang bisa dimanfaatkan oleh lulusan program studi Perbankan Syari’ah, lho. Soalnya, saat ini banyak dibuka program studi yang berbasis keuangan Islam di Perguruan Tinggi, termasuk Perbankan Syari’ah dan Ekonomi Islam.

5. Praktisi

Praktisi merupakan perantara untuk meningkatkan market share secara kuantitas dan kualitas di perbankan syari’ah. Prospek kerja program studi Perbankan Syari’ah ini merupakan kesempatan emas, karena sedang dibutuhkan guna memacu pertumbuhan perbankan syari’ah, gaes. Praktisi tersebut bertugas untuk meneliti prospek perbankan syari’ah, melakukan inovasi, melakukan sosialisasi, serta menjadi konsultan dalam bidangnya.

Fyi, jumlah praktisi perbankan syari’ah belum tergolong banyak, lho.

6. Entrepreneur

Selain profesi di atas, lulusan program studi Perbankan Syari’ah bisa berpeluang menjadi entrepreneur atau wirausahawan, lho. setiap lulusan program studi ini bisa menjadi pengusaha yang mandiri, dan inovatif dengan membangun jasa Konsultan Akuntan Publik, Keuangan dan Perpajakan, Konsultan Manajemen untuk korporasi maupun perseorangan yang berwawasan teknologi informasi dan komunikasi.

Kampus dengan program studi Perbankan Syari’ah terbaik

Kalau kamu tertarik untuk terjun ke program studi ini, berikut adalah kampus dengan program studi Perbankan Syari’ah di Indonesia yang tertera di BAN-PT.

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: mymoneysouq.com)

LATEST COMMENT
Aditya Guntur | 3 jam yang lalu

Open endorse pria Instagram @guntur_g9

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Shahfa Ananda | 9 jam yang lalu

apa aja sih kak jurusan yang berkaitan dengan fisika selain teknik sipil?

Daya Tampung SNMPTN 2019 di Universitas Brawijaya
Arif Alfon Gordon | 19 jam yang lalu

Jadi, ketika saya lulus sbm, harus saya lepaskan kak??

Program Bidikmisi Jalur SNMPTN, SBMPTN dan Ujian Mandiri/PMDK/UMPN 2019
Achmad Choirul Huda | 22 jam yang lalu

Min jadi univ mau nerima kita dipilihan kedua kan? Banyak kabar hoax yg bilang gitu :(

Strategi Menentukan Pilihan Pertama dan Kedua pada SBMPTN 2019
Azizah Nur | 24 jam yang lalu

Bismillah maba oseanografi itb 2021:)). O iya kalo oseano di itb tesnya saintek atau soshum?

Serba-Serbi Jurusan Oseanografi—Untuk Kamu yang Ingin “Kenalan” Lebih Jauh dengan Laut dan Seisinya
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©