Menu

Serba Serbi Pilihan Konsentrasi yang Ada Di Jurusan Farmasi

Jurusan Farmasi‍ seringkali menjadi salah satu dari 10 besar jurusan kelompok saintek yang paling digemari. Contohnya, di Universitas Gadjah Mada‍, jurusan Farmasi menempati urutan ke-2 sebagai jurusan kelompok saintek dengan tingkat persaingan masuk terberat untuk SBMPTN tahun 2015 lalu.

Wow banget, nggak, tuh?

Tentunya buat kamu yang berminat kuliah di jurusan Farmasi harus paham betul serba serbi seputar jurusan ini agar perjuangan kamu untuk bisa masuk nggak sia-sia. Soalnya masih banyak banget, lho, yang salah kaprah kalau mahasiswa jurusan Famasi itu sehari-hari kerjaannya cuma hafalin nama-nama obat aja!

…Lah, situ mau jadi Sarjana Farmasi apa tukang jual obat?

The way to be a pharmacist is tougher than that! Agar yang kamu pelajari bisa sejalan dengan karier yang akan kamu pilih, yuk cari tahu konsentrasi atau peminatan apa aja yang bisa kamu ambil di jurusan “dukun berkemeja” ini, hihihi.

1. Farmasi Klinik dan Komunitas

farmasi klinik

Sesuai namanya, farmasi klinik dan komunitas menitikberatkan pembelajaran pada kesehatan dan jenis obat apa yang sesuai untuk mengobati penyakit yang spesifik. Kamu juga akan dibekali dengan ilmu komunikasi yang mumpuni agar dapat terjun ke lapangan sebagai penyedia layanan kesehatan yang berkualitas bagi masyarakat. Jadi, belajar eksak iya, belajar sosialisasi juga iya!

Nah, disini ada yang punya jiwa sosial tinggi dan mau jadi Apoteker, nggak? Kalau ada, peminatan inilah yang paling tepat untuk kamu ambil demi mengejar cita-cita kamu.

Sebagai gambaran, mata kuliah yang akan kamu temui dalam konsentrasi ini adalah:

  • Manajemen Farmasi Rumah Sakit
  • Farmasi Klinik
  • Dispensing Kesediaan Aseptis
  • Komunikasi Farmasi dan Konseling
  • Toksikologi Klinik
  • Interaksi Obat

2. Farmasi Sains dan Teknologi

Farmasi sains dan teknologi adalag peminatan farmasi yang mempelajari proses pengembangan senyawa obat baru, sintesis obat, oprimasi penggunaan obat baru, sintesis obat, optimasi penggunaan obat, dan analisis terhadap senyawa lainnya. Pelajaran kamu pun nggak bakal jauh-jauh dari yang namanya kimia. Buat kamu yang suka meneliti, pas banget, nih, ambil konsentrasi satu ini.

Meskipun nggak sepemes farmasi klinik, jangan ragukan prospek kerja konsentrasi farmasi sains, ya. Banyak banget, lho, perusahaan di luar sana yang membutuhkan seorang peneliti dan ahli farmasi yang jempolan!

Sebagai gambaran, mata kuliah yang akan kamu temui dalam konsentrasi ini adalah:

  • Kimia Medisinal
  • Kimia Analisis
  • Teknologi Proses dan Bioproses
  • Farmakogenomik dan Farmakogenetik
  • Terapi Sel Punca dan Molekuler

3. Farmasi Industri

farmasi industri

Di farmasi Industri, kamu bakal banyak belajar tentang bagaimana cara memformulasi dan memproduksi obat-obatan yang aman dan sesuai dengan dosis yang dibutuhkan. Selain itu, kamu juga akan diajari masalah penanganan limbah industri (sebagai byproduct suatu industri) serta regulasi dan pemasaran produk farmasi itu sendiri.

Tentunya peminatan ini pas banget untuk kamu yang ingin bekerja di industri farmasi besar sebagai seorang Quality Controller ataupun staf Research and Development. Atau, kalau kamu ingin mendirikan industri obat sekali pun, boleh banget!

Sebagai gambaran, mata kuliah yang akan kamu temui dalam konsentrasi ini adalah:

  • Perencanaan Produk dan Pengelolaan Persediaan
  • Manajemen Pemasaran
  • Teknologi Pengemasan
  • Manajemen Produksi
  • Uji Klinik

4. Farmasi Bahan Organik

Konsentrasi farmasi satu ini bisa dibilang konsentrasi yang paling “menguntungkan”. Pasalnya, konsentrasi farmasi bahan organik mengkaji obat-obatan tradisional yang ada secara empirik. Obat tradisional yang dimaksudkan adalah obat-obatan yang berasal dari alam dan hewan, which is salah satu metode pengobatan yang sangat dikenal baik oleh masyarakat di Indonesia yang kaya dengan keanekaragaman hayati.

Industri farmasi bahan organik pun sekarang sudah mendunia, lho. Makanya, kamu yang tertarik dengan biologi serta perkembangan teknologi dan perannya dalam dunia obat-obatan tradisional, nggak ada salahnya untuk memilih konsentrasi jurusan ini.

Sebagai gambaran, mata kuliah yang akan kamu temui dalam konsentrasi ini adalah:

  • Fitoterapi
  • Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik dan Undang-Undang Perobatan Tradisional
  • Jaminan Kualitas Bahan Baku Herbal
  • Analisis Kimia Tumbuhan Obat
  • Analisis Jamu dan Obat Herbal Lainnya

(sumber gambar: ums.ac.id, infokampus.news, kontan.co.id)

LATEST COMMENT
Amaliais | 15 menit yang lalu

Kalau sbmptn dah diterima dan sebagai pemohon bidikmisi namun belum verifikasi dan daftar simak bidikmisi dan lolos apakah bisa ambil yg simak bifikmidi dan meninggalkan sbmptn nya ?

Bolehkah Peserta yang Diterima SBMPTN 2019 Ikut Seleksi Mandiri?
Zulva Nur Imawati | 12 jam yang lalu

Makasih kakk udah jawab. Soalnya aku yakin ini jurusan yang aku cari2 sejak dulu. Tapi saya tinggal bukan di perkotaan, agak khawatir sama prospek kerja. Memang sih di daerah saya setelah saya mencari data tenaga kerja RS untuk okupasi terapis tidak ada. Hanya ada fisioterapi itupun hanya 1 orang. Terimakasih kak, semoga dimudahkan sekolahnya. Doakan saya bisa masuk jurusan ini yaa

Mengenal Lebih Dekat Program Studi Okupasi Terapi
Asyila | 14 jam yang lalu

Kalo tembus fkui lewat jalur sbmptn, biayanya semahal di PTS ga sih kak? Jujur aja aku pengen bgt keterima fk cuma kasian papa aku krn mengeluarkan biaya kedokteran ku yg pastinya mahal bgt, dan juga ada ibu dan kakakku yg perlu dinafkahi oleh ayah ku, rasanya aku agak egois ga sih?

Jurusan 101: Tanya Apapun Tentang Jurusan Kedokteran di Youthmanual
Komang S. Satyanata | 15 jam yang lalu

Mohon maaf Baru balas Bantu jawab, Boleh ttapi alangkah baiknya bila ambil aja sbm nya (A)

Seleksi Mandiri Universitas Udayana 2019: Mulai Dari Syarat Pendaftaran Hingga Program Studinya
Sabrina Halimatus Sakdiyah | 15 jam yang lalu

Saya bingung nanti setelah lulus SMA saya ngambil jurusan apa. Kata temanku dan guru seniku gambaran saya bagus tapi menurutku biasa aja soalnya saya melihat temen selain kelasku ada yang lebih bagus dari saya malah jauh lebih bagus. Saya sih pengen banget jurusan kecantikan tapi takut salah melangkah jauh. Tolong saran untuk saya?

8 Pekerjaan yang Banyak Dibutuhkan di Tahun 2020
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©