Menu

Serba-Serbi Manajemen Keuangan Syariah dan Prospek Kerjanya

Tahukah kamu? Sejak tahun 2017, prospek keuangan syariah di Indonesia dinilai cerah, gaes. Hal tersebut didukung pula Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang terus mensosialisasikan dan mengembangkan keuangan syariah di Indonesia.

Sekalipun sistem keuangan syariah di Indonesia tebilang masih baru dan belum terlalu dikenal oleh kalangan masyarakat, namun dukungan pemerintah serta gencarnya sosialisasi yang dilakukan oleh pemangku kepentingan,  bisa menjadikan sistem keuangan tersebut di tahun-tahun mendatang akan lebih terbuka dan prospektif.

Nah, untuk mendukung keberadaan keuangan syariah adalah dengan keberadaan program studi yang berkaitan dengan bidang tersebut di perguruan tinggi. Salah satu program studi untuk mendukung bidang syariah di Indonesia adalah Manajemen Keuangan Syariah. Yuk, simak mengenai program studi Manajeman Keuangan Syariah berikut ini

Tentang Manajemen Keuangan Syariah

Manajemen keuangan Syariah adalah sebuah kegiatan manajerial keuangan untuk mencapai tujuan dengan memperhatikan kesesuaiannya pada prinsip-prinsip Syariah dalam agama Islam. Program studi ini akan membekali kamu dengan pengetahuan dan wawasan tentang manajemen keuangan yang berbasis syariah.

Secara umum, hal yang akan dipelajari di program studi ini—antara lain adalah analisa, perencanaan keuangan, resiko pada perusahaan/lembaga dan pembiayaan pada lembaga keuangan yang menggunakan prinsip syariah, bahasan tentang keputusan investasi dan alternatif pendanaan jangka panjang, manajemen modal kerja serta beberapa topik-topik keuangan terkini.

Selain itu, dii program studi ini kamu nggak cuma mendapatkan ilmu manajemen keuangan saja, tapi juga mempelajari syariat-syariat Islam. Hal ini akan menjadi nilai tambah untuk kamu, mengingat saat ini lembaga-lembaga keuangan berbasis syariah tengah banyak bermunculan di Indonesia.

Hal-hal yang dipelajari di program studi Manajemen Keuangan Syariah

Salah satu keuntungan mempelajari materi pada program studi ini adalah kamu nggak sekedar menggugurkan kewajiban sebagai umat muslim untuk memahami ilmu agama aja, lho—tapi juga memuaskan akal, bernilai ibadah dan maslahat bagi diri dan sesama ketika diamalkan dan disyiarkan.

Kamu juga bisa mengkaji konsep-konsep manajemen syariah berikut pengembangannya—dimana itu merupakan instrumen penting dalam upaya pengembangan nilai-nilai syariah universal, khususnya bidang ekonomi.

Ketika kamu mengambil  program studi ini, kamu akan bisa menguasai bahasa Arab, ilmu Al-Quran, dan hadits. Untuk lebih jelasnya, berikut gambaran mata kuliah yang akan kamu dapatkan selama menempuh program studi ini di perguruan tinggi.

  1. Fiqih Muamalah
  2. Ekonomi Syariah
  3. Keuangan dan Investasi Syariah
  4. Manajemen Keuangan
  5. Hukum Bisnis
  6. Manajemen Obligasi Syariah
  7. Reksa Dana Syariah
  8. Pasar Modal Syariah
  9. Manajemen Zakat dan Wakaf
  10. Manajemen Resiko

Prospek kerja program studi Manajemen Keuangan Syariah

Peluang kerja lulusan Manajemen Keuangan Syariah itu sangat luas, gaes. Bidang ekonomi dan bisnis syariah yang kian berkembang membuka peluang bagi para lulusan ini dalam memasuki dunia kerja.Untuk menjadi profesional di lembaga bisnis syariah dan ahli ekonomi syariah, diperlukan juga mentalitas dan keahlian akan perekonomian syariah dari lulusan program studi di ini.

Yups, karena berbasis syariah, lulusan program studi Manajemen Keuangan Syariah bisa bekerja di bank-bank yang berbasis syariah, lembaga keuangan negara, BUMN, hingga akademisi di bidang perekonomian syariah.

Berikut pilihan profesi lulusan program studi Manajemen Keuangan Syariah:

  • Penilai (Pajak dan Keuangan)
  • Analis Keuangan
  • Penasihat Keuangan Pribadi
  • Bendahara dan Kontroler Keuangan
  • Konsultan Bisnis
  • Auditor
  • Manajer Keuangan
  • Spesialis Manajemen Risiko
  • Analis Investasi
  • Manajer Pengembangan Bisnis

Pilihan kampus dengan program studi Manajemen Keuangan Syariah

Buat kamu yang tertarik banget untuk masuk program studi yang satu ini, berikut beberapa rekomendasi kampus dengan program studi Manajemen Keuangan Syariah.

***

Itulah serba-serbi mengenai program studi Manajemen Keuangan Syariah. Kalau kamu menyukai hal-hal yang berhubungan dengan sejarah Islam dan Ekonomi Islam, mungkin program studi ini adalah pilihan yang menarik buat kamu, gaes.

Baca juga:

 

(Sumber gambar: greenzoneinc.com)

LATEST COMMENT
Just adulting: (Sal) | 7 jam yang lalu

Tambahan: Bisa juga dalam bentuk rasio. Misal DT2018 jumlahnya 10, peminat 2018 ada 1.000. Rasionya 10:1.000 atau 1:100 yang bisa diartikan 1 kursi dalam prodi di PTN tersebut diperebutkan oleh 100 orang

Pengertian Keketatan Persaingan, Daya Tampung, dan Peluang dalam SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri
Just adulting: (Sal) | 7 jam yang lalu

Keketatan itu perhitungan Daya Tampung 2018 dibagi Peminat 2018 dan dikali 100, hasilnya dalam bentuk persen. Semakin kecil persentase keketatan berarti semakin sulit masuknya sekalipun DT-nya banyak karna peminatnya sudah pasti banyak, begitu sebaliknya

Pengertian Keketatan Persaingan, Daya Tampung, dan Peluang dalam SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri
Johan adham p | 9 jam yang lalu

Apakah memungkinkan kalo jurusan ipa masuk hi tapi ke univ swasta?

5 Tanda Bahwa Jurusan Hubungan Internasional Cocok Buat Kamu
Dela Amelianta Ginting | 11 jam yang lalu

Kak maksud tingkat keketatan itu yg gimana ya, apa harus ambil tingkat keketatan yg tinggi biar peluang lulus besar?

Pengertian Keketatan Persaingan, Daya Tampung, dan Peluang dalam SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©