Menu

Serba-Serbi Jurusan Perhotelan: Dari Mata Kuliah Hingga Prospek Kerja

Jurusan satu ini mungkin nggak sepopuler Akuntansi‍ maupun Ilmu Komunikasi‍. Tapi jangan salah, Jurusan Perhotelan adalah salah satu jurusan yang punya prospek kerja mumpuni di masa kini dan di masa depan. Memiliki kurikulum berbasis kompetensi, jurusan ini pasti cocok banget buat kamu yang anaknya nggak betah duduk lama-lama dengerin dosen ceramah!

Apa itu Jurusan Perhotelan?

Jurusan Perhotelan adalah sebuah jurusan yang menerapkan dan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan di bidang ilmu perhotelan atau hospitality. Jurusan ini merupakan kesatuan rencana belajar yang menerapkan dan mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan ilmu perhotelan khususnya dalam perencanaan, memproduksi, dan pengawasan pengelolaan jasa penginapan atau akomodasi, serta food & beverage.

Jurusan yang seringkali disebut jurusan perhotelan ini biasanya menawarkan program studi vokasi dengan gelar Sarjana Terapan (D4) atau Ahli Madya Pariwisata (D3) meski ada juga beberapa kampus yang menawarkan program studi dari jenjang D1.

perhotelan

Trus, apa aja yang bakal dipelajari di Jurusan Perhotelan?

Nah, karena fokusnya adalah pengembangan pengetahuan dan keterampilan maka nggak heran kalau kurikulum jurusan ini nggak cuma berfokus pada pendalaman teori aja, melainkan juga praktik dan pemagangan (on the job training). Untuk materi kuliahnya sendiri tergantung program studi, peminatan, ataupun kampus tempat kamu menimba ilmu.

Sebagai gambaran, ini dia beberapa topik dan mata kuliah yang dipelajari di jurusan Perhotelan di Politeknik Sahid (Pariwisata) beserta apa yang dipelajari di dalamnya:

1. Tata Boga (Food Production)

Fokus dari mata kuliah ini ini adalah mengenai pengolahan makanan dan minuman. Meski begitu, yang dipelajari nggak hanya mencakup masak memasak tapi juga mengenai pemasaran makanan, penentuan harga jual (pricing), penyusunan anggaran dalam pengolahan makanan, hingga manajemen SDM.

2. Administrasi Hotel

Topik pembelajaran ini memiliki tujuan untuk menciptakan lulusan yang mampu mengelola seluruh kegiatan di bidang perhotelan, prodi ini mempelajari seluruh aspek manajemen, administrasi, dan operasional perhotelan secara menyeluruh.

3. Divisi Kamar (Room Division)

Di sini, kamu akan mempelajari segala hal yang berhubungan dengan operasional hotel mulai dari pengelolaan kantor depan (front desk), binatu (laundry), sampai manajemen tata graha (housekeeping).

4. Tata Hidang (Food & Beverage Service)

Berbeda dengan tata boga, manajemen tata hidang mempelajari tentang serba-serbi penghidangan makanan dan minuman. Selain itu kompetensi terkait penyelenggaraan dan pengaturan persiapan acara juga diajarkan di sini.

5. Patiseri (Pastry)

Jurusan ini mempelajari dasar pengetahuan bahan utama untuk membuat roti dan kue, teknik pengolahan dan pembuatannya, nutrisi, dan tata hidang hingga mampu menghasilkan produk pastry yang higienis dan bercita rasa tinggi.

6. Psikologi Pelayanan

Psikologi pelayanan adalah adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia dalam proses interaksi kerja di industri jasa pelayanan (dalam hal ini adalah jasa perhotelan) terhadap tamu dan pelanggan. Tentunya hal ini sangat penting dipelajari oleh siapa pun yang ingin berkarier di bidang hospitality.

Selain hal-hal tersebut, selama kamu belajar di jurusan ini kamu juga akan dididik untuk menjadi pribadi yang disiplin dan memiliki attitude yang baik. Hal-hal kayak kesabaran, keramahan, dan kesopanan diutamakan banget nih di jurusan ini. Ini dilakukan karena lulusan Jurusan Perhotelan diharapkan untuk bisa terjun ke industri hospitality yang mana sangat mengutamakan hal-hal di atas.

Selain itu, mahasiswa Perhotelan juga diwajibkan untuk selalu ramah dengan membiasakan diri untuk menyapa siapa pun yang mereka temui di area kampus. Kebiasaan ini memang sengaja ditanamkan karena bidang kerja yang akan dimasuki para alumni Jurusan Perhotelan ini nantinya sangat berhubungan erat dengan keramahan demi kepuasan konsumen. Konsumen mana, sih, yang hepi kalau dijutekin?

Para mahasiswa jurusan ini juga udah dibiasakan kondisi kampus yang dibuat se-real mungkin, sebagaimana di hotel sungguhan. Beberapa kampus bahkan memiliki ruangan-ruangan yang didesain seperti bagian-bagian hotel tertentu layaknya restoran, kamar, dan lobi hotel. Ruangan-ruangan ini biasanya berfungsi sebagai tempat praktek sesuai dengan mata kuliah prodinya masing-masing. Bahkan untuk menunjang penggunaan sarana dan prasarana dalam perkuliahan, kampus seperti Politeknik Sahid memiliki program kuliah sambil bekerja atau program WBL (Work, Based, Learning) dan program LED (Leadership, Entrepreneurship, Development).

Dan yang nggak kalah penting, mahasiswa Perhotelan juga akan sangat “kenyang” dengan mata kuliah bahasa asing. Karena industri perhotelan dekat dengan pariwisata dimana tidak mengenal batasan pada dunia, fasih berbahasa asing akan menjadi nilai plus untuk bisa berkarier dengan gemilang di bidang ini. Selain bahasa Inggris sebagai bahasa asing yang wajib dikuasai, mahasiswa Perhotelan juga akan disuguhi bahasa asing dari berbagai penjuru dunia seperti bahasa Arab, bahasa Mandarin, bahasa Jepang, bahasa Perancis, dan lainnya.

Seru, ‘kan?

Nah, bagian terpenting nih, prospek kerja Jurusan Perhotelan tuh apa aja sih?

2

Nah, bagian terpenting nih, prospek kerja Jurusan Perhotelan tuh apa aja sih?

Prospek kerja jurusan Perhotelan tuh banyak banget, sob! Kamu pastinya udah tahu kalau industri pariwisata sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat. Apalagi kalau kamu perhatikan nih, setiap tahunnya pasti ada aja satu hotel baru yang berdiri di Indonesia. Nah, ini lahan yang mumpuni banget buat para lulusan Jurusan Perhotelan.

Profesi-profesi kayak‍ Manajer Layanan Makanan (Food Service Managers)‍, Chef dan Kepala Koki (Chef and Head Cook)‍, Baker (Pembuat Roti)‍ dan Manajer Penginapan (Lodging Managers)‍ bisa banget nih kamu jajal sebagai lulusan Jurusan Manajemen Perhotelan. 

Jangan salah, meski hal-hal yang dipelajari tampak ‘remeh’ namun skill para alumni Perhotelan di dunia kerja dihargai cukup tinggi lho oleh para employer. Apalagi, kalau kamu kebetulan bekerja di hotel-hotel berbintang. Saya dapat bocoran dari teman saya yang bekerja di salah satu hotel bintang 5 di Jakarta, gaji fresh graduate Jurusan  Perhotelan di sana bisa mencapai angka 10 juta rupiah per bulannya. Wih, lumayan banget ‘kan? ‍ 

Kamu juga nggak perlu khawatir soal propsek karier yang bisa kamu jajal yang persaingannya terasa sangat berat. Beberapa kampus pariwisata biasanya udah menjalin kerjasama dengan hotel-hotel tertentu di Indonesia, yang mana nantinya hotel tersebut akan mencari alumni dari kampus terkait untuk direkrut sebagai karyawannya.

Kalau kamu nggak mau bekerja di industri perhotelan juga nggak masalah, sob! Lulusan manajemen perhotelan juga bisa kok bekerja di bidang lain, seperti maskapai penerbangan, kementrian pariwisata, bahkan perbankan.

Perguruan tinggi apa aja yang menyediakan Jurusan Manajemen Perhotelan?

Buat kamu yang tertarik dan ingin masuk jurusan ini setelah lulus sekolah nanti, ada banyak kampus negeri atau pun swasta yang menyediakan jurusan Perhotelan dengan akreditasi yang jempolan, lho, gaes. Dalam memilih kampus untuk mempelajari Perhotelan, kamu tentunya juga harus memiliki pertimbangan yang matang untuk menentukan kampus mana yang paling sesuai untukmu.

Atau, kamu sudah menimbang dan mencari kampus yang paling tepat, tapi belum ketemu jawabannya? Politeknik Sahid (Pariwisata) bisa jadi salah satu pilihan terbaik untuk kamu yang ingin melanjutkan studi di jurusan Perhotelan.

Politeknik Sahid menyediakan Program Studi Perhotelan dalam jenjang D1, D3, dan D4 (program Sarjana Terapan Pariwisata), yang artinya bisa kamu pilih sesuai kebutuhan studi dan komitmen kamu. Tentu ini akan mempengaruhi skill yang didapatkan dan peluang karier di masa depan.

Ngomong-ngomong karier, kuliah di Politeknik Sahid juga memudahkan kamu dalam membangun karier di bidang hospitality karena yang bekerja sama dengan pelaku industri hospitality tanah air maupun multinasional, seperti Pullman hotel, Ambassador Ressort, Novotel, JW Marriot (Thailand), Thavorn resort, Dorsett hotels grup, Lanson Place hotel, dan lainnya untuk memberikan pelatihan dan kesempatan kerja pada lulusannya. Peluang magang mahasiswa pun nggak hanya tersebar untuk ke berbagai daerah di Indonesia, tapi juga hingga ke luar negeri!

jurusan perhotelan polteksahid

Jadi, tunggu apa lagi, gaes? Klik tautan di bawah ini untuk bergabung menjadi Sahidian dan mengejar cita-cita kamu sebagai profesional di bidang hospitality.

Baca juga:

(sumber gambar: culturenorthernireland.org, rushmoreacademy.com, executivesforhospitality.com)

LATEST COMMENT
Betta Agustina | 4 jam yang lalu

Kurang suka menghitung tapi suka lebih suka cari kesalahan atau suka memacahkan masalah

13 Ciri Kamu Cocok Kuliah di Jurusan Teknologi dan Komputer
Dwisat Wulandari | 6 jam yang lalu

Iya bener tuh lebih baik UTBK diadakan tahun depan biar siswa gak pusing "

UTBK SBMPTN 2020 Tidak Dimajukan. Simak Penjelasannya!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©