Menu

Program Studi Ekonomi Islam dengan Prospek Kerja Terbaik Beserta Pilihan Kampusnya

Sistem Ekonomi Islam atau juga dikenal dengan nama Ekonomi Syariah di Indonesia sedang booming saat ini, gaes. Kenaikan tren ini disertai dengan banyak bermunculannya lembaga keuangan yang berbasis Syariah.

Mengingat Indonesia merupakan negara yang mayoritas penduduknya adalah muslim. Semakin banyak pula masyarakat yang sadar dan mulai beralih ke perbankan syariah untuk menghindari sistem riba dan berbagai aktivitas ekonomi yang nggak sesuai dengan syariat Islam. That’s why, pengetahuan Ekonomi Islam atau Ekonomi Syariah menjadi salah satu kebutuhan di masa sekarang ini.

Dalam rangka mendukung pengembangan ekonomi Islam di Indonesia, maka perguruan tinggi juga turut berperan dengan membukanya program studi baru, yaitu Ekonomi Islam. Nah, kalau kamu tertarik memperdalami program studi ini. Simak serba-serbi program studi Ekonomi Islam (Ekonomi Syariah) yang harus kamu ketahui berikut ini.

Apa saja yang dipelajari di program studi Ekonomi Islam?

Sama halnya dengan program studi Ekonomi, di program studi Ekonomi Islam, kamu juga akan mempelajari ilmu dan teori ekonomi mikro dan ekonomi makro, cara mengelola sumber daya (alam, manusia, modal, dan waktu) yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tak terbatas, dan mencapai kesejahteraan. Namun, di progam studi ini, kamu akan mempelajari itu semua dari perspektif islam, gaes.

Perspektif islam yang dimaksud disini adalah segala aspek dalam kegiatan perekonomian seperti jual-beli, sewa-menyewa, hutang-piutang, simpan-pinjam, dan bagi hasil telah diatur dalam ajaran Islam.

Trus, mata kuliah di program studi Ekonomi Islam itu apa saja?

Kamu akan mempelajari kebijakan ekonomi, keuangan, dan bisnis dalam Islam, serta bagaimana pengelolaan lembaga keuangan syariah. Sebagai gambarannya, nih, Youthmanual akan kasih beberapa mata kuliah di program studi Ekonomi Islam di bawah ini.

  1. Metode Statistika
  2. Filosofi Ekonomi Syariah
  3. Prinsip Dasar Hukum Islam
  4. Akuntansi Syariah
  5. Makroekonomi Syariah
  6. Mikroekonomi Syariah
  7. Manajemen Produk Halal
  8. Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam
  9. Fiqh Muamalah
  10. Ushul Fiqh
  11. Ekonometrika Terapan
  12. Ekonomi Moneter Islam
  13. Ekonomi Pembangunan Islam
  14. Ekonomi Zakat
  15. Infaq
  16. Shadaqoh dan Wakaf

Prospek kerja program studi Ekonomi Islam

Lulusan Ekonomi Islam bisa berkarir di berbagai lembaga keuangan—baik lembaga keuangan bank, maupun lembaga keuangan bukan bank, baik berbasis syariah maupun non-syariah. Lulusan program studi ini juga dipersiapkan untuk menjadi seorang ahli ekonomi atau ekonom yang memiliki ilmu ekonomi syariah.

Untuk mengetahui lebih jelas profesi apa saja yang bisa kamu coba di program studi ini, kamu bisa baca di sini, ya.

Pilihan kampus dengan program studi Ekonomi Islam

Sehubungan dengan berkembangnya sistem ekonomi syariah baik di Indonesia maupun di dunia, permintaan terhadap tenaga-tenaga ahli di bidang Ekonomi Syariah pun semakin tinggi. Akibatnya beberapa perguruan tinggi mulai membuka program studi ini dalam beberapa tahun terakhir. Berikut daftar perguruan tingginya.

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: saraycon.com)

LATEST COMMENT
Zulva Nur Imawati | 2 jam yang lalu

Makasih kakk udah jawab. Soalnya aku yakin ini jurusan yang aku cari2 sejak dulu. Tapi saya tinggal bukan di perkotaan, agak khawatir sama prospek kerja. Memang sih di daerah saya setelah saya mencari data tenaga kerja RS untuk okupasi terapis tidak ada. Hanya ada fisioterapi itupun hanya 1 orang. Terimakasih kak, semoga dimudahkan sekolahnya. Doakan saya bisa masuk jurusan ini yaa

Mengenal Lebih Dekat Program Studi Okupasi Terapi
Asyila | 4 jam yang lalu

Kalo tembus fkui lewat jalur sbmptn, biayanya semahal di PTS ga sih kak? Jujur aja aku pengen bgt keterima fk cuma kasian papa aku krn mengeluarkan biaya kedokteran ku yg pastinya mahal bgt, dan juga ada ibu dan kakakku yg perlu dinafkahi oleh ayah ku, rasanya aku agak egois ga sih?

Jurusan 101: Tanya Apapun Tentang Jurusan Kedokteran di Youthmanual
Komang S. Satyanata | 5 jam yang lalu

Mohon maaf Baru balas Bantu jawab, Boleh ttapi alangkah baiknya bila ambil aja sbm nya (A)

Seleksi Mandiri Universitas Udayana 2019: Mulai Dari Syarat Pendaftaran Hingga Program Studinya
Sabrina Halimatus Sakdiyah | 5 jam yang lalu

Saya bingung nanti setelah lulus SMA saya ngambil jurusan apa. Kata temanku dan guru seniku gambaran saya bagus tapi menurutku biasa aja soalnya saya melihat temen selain kelasku ada yang lebih bagus dari saya malah jauh lebih bagus. Saya sih pengen banget jurusan kecantikan tapi takut salah melangkah jauh. Tolong saran untuk saya?

8 Pekerjaan yang Banyak Dibutuhkan di Tahun 2020
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©