Menu

Program Studi Administrasi Perkantoran (Kesekretariatan), Mulai Dari Mata Kuliah yang Diajarkan Hingga Prospek Kerjanya

Administrasi Perkantoran (Kesekretariatan) adalah salah satu jurusan kuliah atau program studi favorit versi Youthmanual dari kelompok sosial humaniora (soshum). Dikatakan favorit karena program studi yang satu ini paling banyak dilihat dan dicari sepanjang tahun.

Nah, kalau kamu penasaran dengan mata kuliah yang diajarkan di Administrasi Perkantoran (Kesekretariatan) beserta prospek kerjanya. Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Mengenai program studi Administrasi Perkantoran (Kesekretariatan)

Program studi Administrasi Perkantoran atau disebut juga Kesekretariatan adalah program studi yang berfokus pada perencanaan anggaran keuangan, pembayaran dan pendataan suatu oranisasi atau perkantoran atau perusahaan.

Di program studi ini kamu akan dibekali dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan organisasi, membantu dan menangani pekerjaan dan tugas-tugas pimpinan.

Selain itu, kamu juga akan dituntut untuk bisa menguasai segala aspek yang berhubungan dengan pekerjaan Administrasi Perkantoran. Mulai dari mempelajari pengetahuan dan keterampilan dalam bidang korespondensi, manajemen kearsipan, mengetik 10 jari manual dan elektrik, manajemen perkantoran, teknologi infornasi (komputer) dan internet, bahasa Inggris, dan lain-lain.

Melakukan perencanaan, pendataan, pendistribusian informasi, data-data, dan surat-menyurat perkantoran, dan menyediakan peralatan perkantoran juga merupakan bagian dari pekerjaan Administrasi Perkantoran.

Mata Kuliah Jurusan Administrasi Perkantoran (Kesekretariatan)

Sebagai gambaran, berikut adalah beberapa mata kuliah yang akan kamu dapatkan jika kamu berkuliah di program studi Administrasi Perkantoran:

1. Azas Manajemen

Di mata kuliah ini, kamu akan mempelajari keseluruhan kegiatan penataan yang berhubungan dengan pelaksanaan tatausaha sebuah organisasi atau perusahaan atau perkantoran. Mulai dari kegiatan merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, mengendalikan, mengoordinasikan, hingga menertibkan ketatausahaan.

2. Mengetik Elektronik

Dalam mata kuliah ini terdapat banyak sub materi yang akan kamu pelajari. Di antaranya adalah short key dengan tepat sesuai fungsinya, autocorrect naskah tanpa kesalahan, dan mengetik naskah tanpa melakukan editing

3. Manajemen Perkantoran

Mata kuliah ini memberikan wawasan dan pengetahuan tentang fasilitas atau perlengkapan kantor, tata ruang kantor, hingga mempelajari bagaimana penentuan lokasi gedung kantor yang benar.

4. Bahasa Inggris

Untuk berkuliah di program studi ini, sangat diperlukan kemampuan bahasa Inggris. Sebab, saat ini sudah banyak organisasi perkantoran atau perusahaan yang bekerjasama dengan pihak dari luar Indonesia.  

5. Manajemen Kearsipan

Para mahasiswa akan diajarkan bagaimana menemukan sebuah arsip dengan cepat dan tepat, menyususun isi surat, kualifikasi surat menyurat serta mengurus dan mengendalikan surat.

6. Manajemen Personalia

Para mahasiswa akan diberikan wawasan dan pengetahuan tentang personil kantor. Termasuk di dalamnya membahas tentang kepemimpinan dalam kantor, manajer, dan staf.

Prospek program studi Administrasi Perkantoran (Kesekretariatan)

Lulusan program studi ini bisa bekerja di berbagai industri. Mulai dari menjadi staff administrasi (produksi, dokumen, operasional, ekspor impor), resepsionis, personalia, sekretaris, asisten sekretaris di Berbagai lembaga atau organisasi pemerintah atau swasta.

Program studi Administrasi Perkantoran akan menghasilkan lulusan–lulusan yang profesional dan bertanggung jawab dalam mengatur aktivitas perusahaan dan perantara antara atasan dengan pihak-pihak yang ingin berhubungan dengan atasan. Maka dari itu, profesi ini tidak bisa dianggap remeh.

Biasanya profesi administrasi seperti Administrasi, Sekretaris Eksekutif memang identik dengan wanita. Hal ini disebabkan karena pekerjaan administrasi membutuhkan tingkat ketelitian dan kerapihan yang tinggi.

Eitss, tetapi… tidak menutup kemungkinan juga bagi pria untuk bekerja di bidang administrasi, lho.

Universitas terbaik untuk program studi Administrasi Perkantoran (Kesekretariatan)

Berikut adalah PTN yang memiliki program studi Administrasi Perkantoran.

Fyi, di universitas keguruan, program studi Administrasi Perkantoran bernama Pendidikan Administrasi Perkantoran.

***

Itulah informasi mengenai progam studi Administrasi Perkantoran (Kesekretariatan). Jadi, kalau kamu orang yang sangat berpakaian rapih dan berpenampilan menarik, menguasai bahasa asing, dan memiliki keahlian dalam korespondensi, komunikasi, tata penyimpanan file, hingga mengorganisir acara pertemuan bisnis.  Maka program studi yang satu ini cocok buat kamu (tetapi ingat, semuanya tetap disesuaikan dengan minat dan bakat yang kamu punya, ya).

 

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: lawdonut.co.uk)

LATEST COMMENT
Arif Alfon Gordon | 7 jam yang lalu

Jadi, ketika saya lulus sbm, harus saya lepaskan kak??

Program Bidikmisi Jalur SNMPTN, SBMPTN dan Ujian Mandiri/PMDK/UMPN 2019
Achmad Choirul Huda | 9 jam yang lalu

Min jadi univ mau nerima kita dipilihan kedua kan? Banyak kabar hoax yg bilang gitu :(

Strategi Menentukan Pilihan Pertama dan Kedua pada SBMPTN 2019
Azizah Nur | 11 jam yang lalu

Bismillah maba oseanografi itb 2021:)). O iya kalo oseano di itb tesnya saintek atau soshum?

Serba-Serbi Jurusan Oseanografi—Untuk Kamu yang Ingin “Kenalan” Lebih Jauh dengan Laut dan Seisinya
bae eristhaaak | 11 jam yang lalu

Wahh :') aku tahun ini gak keterima sma negeri walaupun nem bagus tapi karena zonasi dan kurangnya perkiraan. Tapi aku berusaha untuk yakin bahwa semua sekolah sama yang membuat beda adalah isinya atau diri kita sendiri walaupun bakalan masuk swasta semoga ini merupakan jalan terbaik dari tuhan.

Masuk SMA Favorit dan Unggulan, Penting Nggak, Sih?
Dipamustafa | 11 jam yang lalu

pentingan mana sih? daya tampungnya apa peluang(keketatan)?

Pengertian Keketatan Persaingan, Daya Tampung, dan Peluang dalam SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©