Menu

Pilihan Jurusan Kuliah Buat Kamu Yang Suka Jalan-Jalan

Buat kamu penikmat jalan-jalan, mungkin kegiatan perkuliahan di kelas bisa jadi hal yang membosankan. Kalau boleh milih, tentunya pengen bisa kuliah sekaligus jalan-jalan. Emang bisa? 

Tentu saja bisa. Ada beberapa jurusan kuliah yang memberikan kesempatan mahasiswanya untuk jalan-jalan. Kegiatan perkuliahan nggak hanya di kelas aja, gaes. Nah, buat kamu para pemilik jiwa petualang, inilah jurusan-jurusan yang bisa jadi pilihanmu.

1. Biologi

Biologi banyak membahas mengenai makhluk hidup dan lingkungannya. Meskipun banyak kegiatan laboratorium, mata kuliah tertentu seperti Ekologi dan Taksonomi, memiliki porsi kegiatan lapangan yang cukup besar.

Di lapangan, tugas mahasiswa Biologi adalah mengamati keterkaitan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. "Lapangan" yang dimaksud di sini adalah alam seperti hutan, pantai, maupun sungai. Jadi, mahasiswa Biologi bisa kuliah sambil wisata alam dan menginap bersama di kawasan Taman Nasional. Seru kan?

2. Kehutanan

Mahasiswa Kehutanan pastinya akrab dengan lingkungan hutan, ya. Kegiatan di lapangan nggak jauh beda dengan Biologi, tapi secara khusus mahasiswa Kehutanan juga mempelajari pengelolaan sumber daya hutan termasuk satwa liar.

Kalau kamu pengen punya pengalaman seru bersama satwa liar a la-a la National Geographic Channel, jurusan Kehutanan lah tempatnya.

3. Teknik Geologi

Kalau jurusan Biologi dan Kehutanan menitikberatkan pada makhluk hidup, mahasiswa Teknik Geologi fokus pada karakter batuan di suatu wilayah. Melalui analisis struktur batuan, mahasiswa Teknik Geologi dapat menentukan kandungan mineral yang ada di area tersebut. Makanya, biasanya mereka jalan-jalannya ke kawasan pegunungan, karst, atau area pertambangan.

4. Arkeologi

Mempelajari peradaban masa lalu memang tidak cukup bila hanya mengandalkan kisah-kisah di buku. Makanya, kegiatan jalan-jalan juga nggak lepas dari mahasiswa Arkeologi. Biasanya, mereka melakukan kunjungan ke museum untuk melihat artefak atau mengunjungi situs purbakala. Cocok 'kan, buat kamu yang suka wisata sejarah?

5. Antropologi

Pengen berkunjung ke suku-suku pedalaman di Indonesia? Jurusan Antropologi lah jawabannya. Dengan menjadi mahasiswa Antropologi, kamu akan punya kesempatan untuk mengunjungi kelompok masyarakat adat. Kamu bisa berinteraksi langsung dengan mereka sambil mempelajari budaya dan struktur sosialnya.

6. Pariwisata

Sudah pasti mahasiswa Pariwisata banyak jalan-jalan di tempat wisata. Sebenarnya selagi jalan-jalan, mereka sekaligus mempelajari bisnis pariwisata. Aktivitas tour guiding juga nggak lepas dari mereka. Hmm...ini sih, udah jelas kuliah rasa traveling ya.

7. Ilmu Komunikasi

Kuliah di program studi Ilmu Komunikasi juga bisa memberimu kesempatan jalan-jalan, contohnya melalui penugasan pembuatan film dan produksi siaran. Mahasiswa Ilmu Komunikasi peminatan Jurnalistik juga akan lebih akrab dengan aktivitas lapangan terutama saat peliputan berita. Cocok buat kamu yang suka petualangan a la wartawan.

8. Hubungan Internasional

Menjadi mahasiswa HI memang tidak secara langsung menawarkan kesempatan jalan-jalan ke luar negeri, meskipun begitu kamu tetap berpeluang besar. Ada banyak kesempatan pertukaran pelajar, beasiswa, konferensi mahasiswa internasional, serta kompetisi seperti MUN (Model United Nations) yang terbuka lebar bagi mahasiswa HI. Yang penting, harus up to date aja sama info kegiatan tersebut.

(sumber gambar  wargamahasiswwaarkeologiudayana.blogspot.com, biologi.fst.unja.ac.id, agapras11.blogspot.com, geologi.unsyiah.ac.id, kama-fibui.blogspot.com, adindatahtarama.blogspot.com, jamesrooroh.wwordpress.com, jurnal-airlangga.blogspot.com, fokusjambi.com)

LATEST COMMENT
Della Kurnia | 6 jam yang lalu

open endorse @fxdellk

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Ryan Lissabilla | 8 jam yang lalu

Ga suka Matematika,Tapi suka otak atik

13 Ciri Kamu Cocok Kuliah di Jurusan Teknologi dan Komputer
Aditya Guntur | 14 jam yang lalu

Open endorse pria Instagram @guntur_g9

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Shahfa Ananda | 20 jam yang lalu

apa aja sih kak jurusan yang berkaitan dengan fisika selain teknik sipil?

Daya Tampung SNMPTN 2019 di Universitas Brawijaya
Arif Alfon Gordon | 1 hari yang lalu

Jadi, ketika saya lulus sbm, harus saya lepaskan kak??

Program Bidikmisi Jalur SNMPTN, SBMPTN dan Ujian Mandiri/PMDK/UMPN 2019
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©