Perangkat Tepat untuk Mendukung Kuliah Jurusan DKV Animasi atau Profesi 3D Animator

Tertarik kuliah di jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) atau Animasi?

Kamu pasti sudah baca artikel Youthmanual tentang “Hal-Hal yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Masuk Jurusan Animasi” dong, ya?

Nah, kalau sudah, sekarang saatnya kamu memilih perangkat yang tepat untuk mendukung jurusan kuliah kamu, gaes. Nggak mau, dong, hasil karya nggak maksimal gara-gara salah pilih "peralatan perang”?

Dalam proses perkuliahan, tugas mahasiswa jurusan Animasi lumayan panjang, gaes. Sebelum membuat animasi, seorang animator memulainya dengan menggambar sketsa 2D atau ilustrasi, baik objek, karakter maupun lingkungan animasi.

Di tahap pertama, kamu membutuhkan:

Kertas satuan dan buku gambar. Ini bakal banyak kamu gunakan di mata kuliah menggambar dasar sampai menggambar sketsa. Ukuran, ketebalan, tekstur dan warnanya juga bermacam-macam. Pastikan kamu membelinya sesuai dengan ketentuan di kampus kamu. Tipsnya, belilah dalam jumlah yang lumayan banyak supaya lebih hemat.

Pensil dan rautan. Menurut situs Corelmonster, pensil grafit yang biasa kita pakai menulis berwarna hitam, terbagi berdasarkan tingkat kelunakannya. Jenisnya bisa 2B sampai 7B, pensil sedang (B, HB, F, H, 2H, 3H), dan pensil keras (4H sampai 9H). Semakin lunak, maka semakin tebal kehitaman pensil tersebut.

Drawing Pen. Dikutip dari blog agungrangga.com, drawing pen dipakai untuk membuat/menebalkan garis tepi pada sketsa. Biasanya, drawing pen terbagi berdasarkan ukuran nibs (ujung pulpen), mulai dari 005 (paling tipis), 01, hingga 08 (paling tebal). Drawing pen ini isinya tinta berwarna hitam, namun sayangnya kita nggak bisa isi ulang. Tipsnya, pastikan kamu memilih drawing pen yang bagus, tintanya tidak tembus sampai belakang kertas, dan tidak luntur bila terkena air.

Pensil warna, cat air, cat poster, cat akrilik, kuas dan palet. Cat yang biasa digunakan di jurusan DKV Animasi antara lain: cat air (berbahan dasar air, warnanya halus), cat minyak (berbahan dasar minyak, warna lebih tahan lama), cat poster (hampir mirip cat air, namun lebih cepat kering), dan cat akrilik (selain di kertas, juga cocok untuk medium kanvas/kayu). PIlih juga kuas dengan bulu yang disesuaikan dengan penggunaan cat.

***

Tahap selanjutnya, animator dituntut untuk mampu menggambar 3D, membuat sinkronisasi kecepatan gerakan objek dengan audio, membuat gerakan ekspresi karakter sesuai dengan skenario, hingga merekam dialog dan bekerja dengan editor untuk menghasilkan potongan gambar utuh.

Di tahap kedua, kamu membutuhkan:

Pen Tablet. Pen Tablet merupakan salah satu barang wajib para desainer grafis dan animator nih, gaes. Soalnya, Pen Tablet akan memudahkan kamu membuat gambar digital.

Laptop/Komputer Desktop. Untuk laptop, kamu bisa baca soal laptop yang cocok untuk jurusan DKV Animasi di sini. Sementara, kalau kamu memilih desktop, kamu bisa menggunakan Aspire GX-785 untuk mendukung kualitas kemampuan 3D animator kamu.

Pertama, Aspire GX sudah dilengkapi dengan prosesor terbaru dan terbaik, yaitu Intel generasi ke-7 Core i7-7700, yang disokong kapasitas memori RAM 16GB DDR4. Kekuatan prosesor dan performa RAM yang powerful ini tentu saja sangat superior di kelasnya untuk melahap segala jenis aplikasi grafis, editing, dan 3D animasi dengan lancar.

Selain itu, Aspire GX juga dibekali dengan kartu grafis NVIDIA GeForce GTX 1060. Performa GeForce GTX 1060 yang lebih tinggi hingga 2.5 kali dari generasi sebelumnya akan membuat segala 3D animasi tampil dalam resolusi Full HD tanpa harus kehilangan setiap frame rate. Para animator dan desainer dijamin akan puas saat harus bekerja dengan tampilan visual yang jernih dan detail warna yang akurat.

Nggak berhenti sampai di situ, Aspire GX juga punya dual storage untuk kecepatan dan kapasitas yang baik. Kecepatan penyimpanan data juga sangat berpengaruh terhadap kinerja sistem. Desktop Aspire telah memakai SSD 128 GB yang akan menjamin kecepatan kinerja sistem secara keseluruhan, mulai dari saat booting hingga proses shutdown.

Desktop canggih ada di kelas mid-budget, kok. Sehingga cocok untuk para animator dan desainer muda. Jadi segera wujudkan kemampuan menciptakan 3D animation menjadi visual nyata dengan Aspire GX ini!

CPU 7th Gen Intel® Core i7
Chipset Intel® B150
Graphic NVIDIA® GeForce® GTX 1060 3GB
VR Ready YES
Display 4K2K Display Support
RAM Up to 64GB DDR4
Storage Up to 3TB HDD & 256GB SSD

Wireless & Networking

 

●     802.11 ac/a/b/g/n

●     Bluetooth 4.0 LE

Input & Output

●     USB 3.1 Type C

●     VGA

●     DVI

●     SD Card Reader

So, udah siap jadi mahasiswa jurusan Animasi dan jadi animator kece dong, ya!

Good luck, gaes!

 

(Sumber gambar: softwarexx.tk, i.ebayimg.com, acerid.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 18 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 29 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1