Langkah Jitu untuk Menemukan Topik dan Membuat Judul Skripsi yang Menarik

Halo, mahasiswa tingkat akhir yang mau menggarap skripsi! Gimana, sudah dapat topik dan judul skripsi yang menarik belum?

Menentukan topik dan membuat judul skripsi memang agak tricky. Topik yang diangkat dan judul yang dimiliki harus menarik agar bisa tampil menonjol di mata dosen pembimbing, dari lautan topik dan judul lainnya. Kalau nggak menarik, bisa-bisa judul kamu ditolak.

Jadi kalau kamu sedang kesulitan menemukan topik dan membuat judul skripsi yang menarik, berikut cara-cara jitu anti galau topik dan judul skripi yang patut kamu coba.

1. Gali minat dan passion kamu di perkuliahan secara spesifik

cari ide

Semua mata kuliah yang kamu pelajari, tuh, ruang lingkupnya masih luas banget, sob. Nggak heran kalau kamu masih kebingungan harus mengangkat topik apa dalam skripsi kamu.

Jangan lupa, dalam mencari topik dan judul yang menarik, bukan berarti kamu harus mengesampingkan passion. Hal-hal yang kamu suka bisa saja menjadi pemicu ide kamu dalam menemukan topik dan judul skripsi yang menarik.

Misalnya, selama berkuliah, kamu suka banget dengan mata kuliah wajib A. Nah, dari situ kamu sudah bisa mengerucutkan pilihan-pilihan topik yang bisa kamu angkat dan kaji berdasarkan hal-hal yang kamu pelajari di mata kuliah tersebut, sekaligus memfokuskan angle penelitian kamu. Dan karena kamu mengerjakan hal yang kamu senangi, kamu nggak akan merasa tertekan ataupun terbebani selama menyelesaikan skripsi.

2. Tetap update dengan isu-isu terkini

Salah satu kunci judul skripsi yang menarik adalah judul dengan isu atau fenomena terkini. Kamu bisa banget, lho, mendapatkan inspirasi topik dan judul skripsi dari berita-berita yang kamu dengar setiap hari.

Harus dicatat, kamu nggak terpaku dengan berita yang berat-berat aja, kok. Kamu bisa, lho, mendapatkan judul skripsi yang menarik dari fenomena-fenomena simpel yang belum pernah dikaji dan dijadikan objek penelitian di bidang kamu sebelumnya. Misalnya, fenomena JKT48, kontroversi akun haters, sampai green tea. Hal-hal tersebut bisa aja, lho, jadi kajian menarik untuk skripsi kamu.

3. Ikut seminar / workshop yang berhubungan dengan minat

ikut seminar

Coba, deh, sempatkan ikut seminar atau workshop yang berhubungan dengan minat kamu. Hal ini bakal sangat membantu kamu, karena seminar atau workshop biasanya membahas tema yang sudah spesifik.

Misalnya, kamu adalah mahasiswa jurusan Manajemen Keuangan dan berminat terhadap dunia saham. Nah, coba cari inspirasi skripsi dengan cara datang ke seminar yang membahas soal investasi dalam perusahaan, atau ke online trading workshop dari sekuritas tertentu.

4. Cari referensi dari literatur dan penelitian terdahulu

Ketika kamu nggak lagi punya jadwal kuliah yang mengharuskan kamu datang ke kampus, bukan berarti kamu nggak perlu datang ke kampus lagi sama sekali. Justru kamu harus lebih rajin datang ke kampus, untuk nongkrong di perpustakaan.

Ngapain? Tentunya untuk membaca-baca jurnal akademik dan skripsi/tesis milik senior yang sekiranya memang sejalan dengan minat dan penelitian yang akan kamu lakukan. Dari sana, kamu bakal mendapatkan latar belakang kuat yang bisa membuat judul skripsi kamu makin menonjol. Eits, jangan lupa, mencari inspirasi bukan berarti memplagiat karya orang lain, ya!

5. Konsultasi dengan dosen pembimbing

konsultasi dengan dosbing

Setelah sibuk memutar otak dan "kelayapan" mencari ide dan fenomena kesana-kemari, pasti setidaknya kamu sudah punya beberapa calon topik dan judul. Supaya galaunya nggak berkelanjutan, konsultasikan calon-calon topik dan judul yang sudah kamu buat dengan dosen pembimbing.

Jangan nggak pede mengajukan judul skripsi ke dosen pembimbing, ya, sob! Jelaskan juga ke beliau tentang latar belakang, objek, dan jenis penelitian kamu sebagai pendukung dan bahan pertimbangan, agar dosen pembimbing makin tertarik dengan penelitian yang akan kamu lakukan.

Kalau beliau masih kurang sreg, jangan sungkan untuk meminta koreksi dan masukan.

***

Akhir kata, selamat berjuang!

(sumber gambar: wordpress.com, okezone.com, healthcoachsolution.net, malesbanget.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 11 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1