Menu

Kenalan Lebih Dekat dengan Program Studi Bisnis Islam: Mulai dari Mata Kuliah Hingga Pilihan Kampus Terbaiknya

Kalau kamu tertarik untuk mengkaji sebuah kegiatan bisnis dengan menggunakan perspektif kaidah keislaman, maka program studi Bisnis Islam adalah pilihan yang tepat buat kamu!

Kira-kira bakal belajar apa, ya, di program studi Bisnis Islam? Cari tahu di bawah berikut ini!

Apa itu program studi Bisnis Islam?

Pada program studi Bisnis Islam kamu akan belajar bagaimana merencanakan, menganalisa, dan membuat keputusan dalam bisnis dan keuangan secara halal dan berlandaskan syariat agama Islam.

Seperti yang diketahui, setiap kegiatan bisnis pastinya memiliki orientasi dan etika. Nah, Agama Islam pun mengatur orientasi dan etika dalam bisnis. Diantaranya seperti menghindari judi, riba, dan monopoli bisnis.

Penerapan syariah Islam dalam kegiatan bisnis sangat diperlukan dalam mengatur kelancaran kegiatan bisnis, lho. Tujuannya agar tercapainya bisnis yang beretika, yang tak hanya berorientasi profit, tapi juga memberikan manfaat pada lingkungan sekitar serta agar terciptanya bisnis yang halal dan berkah.

Di Bisnis Islam, nggak cuma fokus pada kajian syariahnya aja. Namun, di program studi ini kamu bakalan tetap mendapatkan ilmu dalam pengelolaan fungsi-fungsi bisnis seperti keuangan, SDM, pemasaran, dan operasi.

Mata kuliah apa yang dipelajari di program studi Bisnis Islam?

Kalau kamu penasaran, apa aja, sih, yang secara spesifik dipelajari di program studi ini. Berikut adalah beberapa mata kuliah yang ada di program studi Bisnis Islam:

1. Acuan Perilaku Ekonomi dan Bisnis

2. Akuntansi Biaya Untuk Manajemen

3. Akuntansi Islam

4. Akuntansi Keuangan

5. Akuntansi Organisasi Nirlaba

6. Bisnis Global Islam

7. Ekonometrika Keuangan

8. Ekonomi Keuangan Islam

9. Ekonomi Moneter Islam

10. Ekonomi Pembangunan Islam

11. Ekonomi Zakat dan Wakaf

12. Fiqh Muamalah

13. Fiqh Riba dan Gharar

14. Investasi dan Pasar Modal

15. Makroekonomi

Prospek kerja program studi Bisnis Islam

Trus, lulusan program studi Bisnis Islam kerjanya jadi apa, sih? Mungkin ini yang menjadi pertanyaan besar di pikiran kalian yang tertarik untuk mengambil program studi ini ketika kuliah nanti. Well, worry not, gaes!

Dengan kompetensi bisnis yang dimiliki, lulusan program studi Bisnis Islam memiliki prospek yang cukup untuk dipertimbangkan. Kamu dapat berkarir di berbagai perusahaan atau organisasi—terutama di lembaga keuangan dan perbankan syariah.

For your information, tren bisnis Islam atau Syariah di Indonesia sedang naik daun, gaes. Itu artinya kesempatan berkarir lulusan Bisnis Islam pun semakin besar. Dengan pengetahuan yang didapat di perkuliahan, lulusan program studi ini juga bisa menjalankan bisnisnya sendiri. Wow!

Kampus dengan program studi Bisnis Islam

Saat ini, memang belum terlalu banyak kampus di Indonesia yang menyediakan program studi Bisnis Islam. Tapi, kalau kamu tetap tertarik untuk masuk program studi ini, berikut adalah kampus di Indonesia dengan program studi Bisnis Islam.

1. Universitas Indonesia 

2. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta 

3. Institut Agama Islam Negeri Surakarta 

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: lmc123.com)

LATEST COMMENT
Zulva Nur Imawati | 2 jam yang lalu

Makasih kakk udah jawab. Soalnya aku yakin ini jurusan yang aku cari2 sejak dulu. Tapi saya tinggal bukan di perkotaan, agak khawatir sama prospek kerja. Memang sih di daerah saya setelah saya mencari data tenaga kerja RS untuk okupasi terapis tidak ada. Hanya ada fisioterapi itupun hanya 1 orang. Terimakasih kak, semoga dimudahkan sekolahnya. Doakan saya bisa masuk jurusan ini yaa

Mengenal Lebih Dekat Program Studi Okupasi Terapi
Asyila | 4 jam yang lalu

Kalo tembus fkui lewat jalur sbmptn, biayanya semahal di PTS ga sih kak? Jujur aja aku pengen bgt keterima fk cuma kasian papa aku krn mengeluarkan biaya kedokteran ku yg pastinya mahal bgt, dan juga ada ibu dan kakakku yg perlu dinafkahi oleh ayah ku, rasanya aku agak egois ga sih?

Jurusan 101: Tanya Apapun Tentang Jurusan Kedokteran di Youthmanual
Komang S. Satyanata | 5 jam yang lalu

Mohon maaf Baru balas Bantu jawab, Boleh ttapi alangkah baiknya bila ambil aja sbm nya (A)

Seleksi Mandiri Universitas Udayana 2019: Mulai Dari Syarat Pendaftaran Hingga Program Studinya
Sabrina Halimatus Sakdiyah | 5 jam yang lalu

Saya bingung nanti setelah lulus SMA saya ngambil jurusan apa. Kata temanku dan guru seniku gambaran saya bagus tapi menurutku biasa aja soalnya saya melihat temen selain kelasku ada yang lebih bagus dari saya malah jauh lebih bagus. Saya sih pengen banget jurusan kecantikan tapi takut salah melangkah jauh. Tolong saran untuk saya?

8 Pekerjaan yang Banyak Dibutuhkan di Tahun 2020
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©