Menu

Kenalan Lebih Dekat dengan Jurusan Teknik Biomedik: Mulai dari Mata Kuliah Hingga Prospek Kerja yang Menjanjikan

Gaes, udah tahu ‘kan kalau tahun ini Universitas Indonesia (UI) membuka beberapa jurusan baru, yang salah satunya merupakan Teknik Biomedik (Teknobiomedik)? Jurusan yang masuk ke dalam Fakultas Teknik ini, baru saja diumumkan pada bulan Februari silam bersamaan dengan dibukanya jurusan Ilmu Aktuaria. Di UI sendiri, jurusan ini menyediakan kuota sebanyak 28 kursi pada SBMPTN 2018 nanti.

Siapa yang tertarik untuk masuk Teknik Biomedik? Nah, sebelum benar-benar memilih jurusan yang satu ini, ada baiknya kamu simak dulu nih serba-serbi Teknik Biomedik di sini!

Teknik feat. Medis

Seperti namanya, Teknik Biomedik adalah sebuah jurusan yang menggabungkan prinsip-prinsip ilmu teknik dalam bidang medis atau kedokteran. Elemen-elemen dari ilmu teknik diterapkan ke dalam praktik kedokteran dengan tujuan untuk meningkatkan tingkat kesehatan dan tingkat kesembuhan pasien atau individu secara umum. Apa yang dipelajari di di dalam jurusan ini meliputi hal-hal sebagai berikut: ilmu dasar elektronika dan komputer, anatomi tubuh, ilmu faal, ilmu fisika medis, biomedical tranduser serta instrumentasi, desain sistem dan proyek biomedical. 

Teknik Biomedik juga melibatkan pembelajaran seputar dunia biologi dengan cara yang baru dan diharapkan sekali untuk dapat mengembangkan peralatan atau metode-metode baru untuk memudahkan diagnosis dan ilmu pengobatan, serta untuk memperbaiki organ/ bagian badan yang sakit pada tubuh manusia.

Jadi, di dalam bidang medis sendiri nggak hanya anak jurusan kedokteran aja yang akan berperan nantinya. Banyak ahli-ahli lain yang berdiri di belakangnya untuk menyokong profesi kedokteran itu sendiri, salah satunya ya para lulusan Teknik Biomedik inI! Teknologi organ prostetik yang banyak digunakan untuk mereka yang berkebutuhan khusus, misalnya, hadir karena perkembangan di bidang ilmu Teknik Biomedik. Selain itu, teknologi-teknologi medis seperti mesin MRI, Elektrokardiografi (EKG), implan, hingga rekayasa regenerasi jaringan dan obat-obatan juga merupakan aplikasi dari ilmu Teknik Biomedik.

Oh ya, di Teknik Biomedik sendiri terdapat beberapa konsentrasi yang bisa kamu pilih di antaranya adalah: Biologi Kontrol, Biologi Molekuler, Biologi Reproduksi, Histopatologi, Biofisika, Instrumentasi medik, Rekayasa genetik dan Kimia Medisinal. Para mahasiswa Teknik Biomedik diharapkan memiliki penguasaan dalam basis matematika, fisika, kimia, dan biologi yang kuat serta ilmu perekayasaan yang menonjol karena bidang pekerjaan dari ilmu ini kedepannya akan berhubungan erat dengan rekayasa medis dan instrumentasi kesehatan. 

Jika kamu penasaran, apa aja sih yang secara spesifik dipelajari di jurusan ini, berikut adalah beberapa mata kuliah yang ada di jurusan Teknik Biomedik:

  • Biokimia
  • Fisiologi Manusia untuk Teknik
  • Anatomi Manusia untuk Teknik
  • Medan Elektromagnetik
  • Biotransportasi
  • Komputasi Biomedis
  • Modalitas Citra Medis
  • Biofotonik
  • Analisis Biomaterial
  • Sistem Instrumen Medis
  • Sistem Rekam Medis
  • Elektronika Analog
  • Kalkulus
  • Biomekanika

Prospek Kerja Teknik Biomedik

Lulusan Teknik Biomedik kerjanya jadi apa, sih? Mungkin ini yang menjadi pertanyaan besar di benak kalian yang mulai tertarik untuk mengambil jurusan ini ketika kuliah nanti. Well, worry not! Lulusan Teknik Biomedik termasuk ke dalam salah satu jurusan dengan prospek kerja paling mumpuni.

Lulusan jurusan ini memiliki peluang yang besar di lapangan kerja dalam bidang kesehatan baik di lembaga layanan kesehatan sebagai tenaga ahli mitra, di bidang industri, maupun bidang pendidikan. Selain itu lulusan jurusan ini juga memiliki prospek kerja di bidang layanan kesehatan non-klinik yaitu menangani peralatan fisik, analisis biologi, dan analisis bahan kimia yang diperlukan dalam bidang medis; dan Bidang Penelitian kesehatan, yaitu sebagai tenaga peneliti yang mengembangkan bahan dan sarana pendukung layanan kesehatan.

prospek kerja jurusan teknik biomedik menjanjikan

Pembuatan kaki prostetik, salah satu prospek kerja yang cukup mumpuni untuk jurusan Teknik Biomedik

Tahu nggak kalau di negara maju seperti Amerika Serikat, gaji seorang lulusan Teknik Biomedik bisa mencapai US$ 62,700 atau Rp. 846.450.000 hingga US$104,000 Atau sekitar Rp. 1.404.000.000. Besar banget ‘kan?

So, kalau kamu telah memantapkan diri untuk masuk jurusan ini, kamu nggak perlu khawatir soal prospek kerja!

Universitas dengan Jurusan Teknik Biomedik Terbaik

Saat ini, memang belum terlalu banyak universitas di Indonesia yang menyediakan jurusan Teknik Biomedik. Tapi, kalau kamu memang tertarik untuk masuk jurusan ini, berikut adalah universitas di Indonesia dengan jurusan Teknik Biomedik Terbaik:

  1. Universitas Indonesia 
  2. Institut Teknologi Bandung 
  3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember 
  4. Universitas Airlangga 

Nah, buat kamu yang ingin masuk jurusan ini, lebih baik kamu persiapkan diri dari sekarang. Mengingat semua universitas yang menyediakan jurusan ini merupakan perguruan tinggi negeri, persaingan untuk masuk jurusan ini pasti akan cukup ketat. Kalau kamu ingin masuk ke jurusan Teknik Biomedik, yuk siapkan dirimu untuk mengikuti seleksi masuk PTN dengan membaca panduan-panduan berikut ini:

Baca juga:

LATEST COMMENT
Gioabi Fashar | 4 jam yang lalu

siapa bilang gk bisa? yg ada di jurusan arsitektur itu gk ada itung2an dan jurusan arsitektur juga bukan cuma soal gambar. Jurusan arsitektur harus jago problem solving tapi bukan berarti harus jago matematika

5 yang harus Kamu Persiapkan Sebelum Masuk Jurusan Arsitektur
Nancy Tasia Sopaheluwakan | 18 jam yang lalu

Min , saya mau nanya kalau misalnya kita dari semester 1 dan 2 tidak masuk kuliah , apakah di semester 3 kita masih bisa masuk kuliah atau tidak ?

Strategi Mengisi KRS: Memilih Mata Kuliah dan Menentukan Jumlah SKS
Masita | 21 jam yang lalu

Masyaa Allah.. nggak salah aku suka pelajaran biologi.. baca nya aja udah kyk meantang aja,apalagi klw benaran nanti... semoga bisa lah...

Serba-Serbi Menjadi Mahasiswa Biologi
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©