Menu

Karakter Mahasiswa di Berbagai Jurusan Kuliah dalam Ilustrasi Komik

Tiap jurusan memiliki stereotipe tertentu alias anggapan umum. Stereotipe ini bisa sesuai dengan kenyataan, bisa juga salah total. Ada juga sih, yang setengah benar, alias sebagian mahasiswanya begitu, tapi sebagian lagi nggak.

Nah, @kekomukan, akun komik Instagram yang usil dan kocak, nggak mau ketinggalan. Melalui coretan tangannya, Winda, pemilik akun kekomukan yang masih SMA, mereka-reka karakter dan stereotipe kakak-kakak mahasiswa dari berbagai jurusan kuliah. Ada jurusan pilihanmu di bawah ini?

1. Jurusan Ilmu Kedokteran

kedokteranTeliti, sabar, rapi dan bersih, plus calon dokter pula! Tipe pasangan idaman banget, 'kan? Ahey! Soal kepribadian, sebenarnya relatif juga, sih. Yang jelas mahasiswa Kedokteran harus tekun, cekatan, dan punya kepedulian tinggi. Pengen tahu lebih banyak tentang gimana kuliah Kedokteran, simak cerita mahasiswanya di sini.

2. Jurusan Psikologi‍ 

psikologi

Yup. mahasiswa psikologi sering dimintain membaca karakter orang lain, memecahkan masalah, hingga menjawab psikotes. Memang sih, mahasiswa Psikologi mempelajari mengenai perilaku dan pemikiran manusia, tapi bukan berarti mereka tahu segalanya. Apalagi baca pikiran kamu, sob! Kalau mau tahu apa lagi hal yang salah kaprah, baca Miskonsepsi tentang mahasiswa Psikologi.

3. Jurusan Biologi‍ 

jurusan biologi

"Bakteri yang kecil aja diperhatiin, apalagi kamu." Eaaaaa! Yang jelas kalau tertarik masuk jurusan Biologi, kamu bakalan akrab dengan kegiatan praktikum.  Yang namanya praktikum  ternyata bukan hanya di laboratorium lho, tapi bisa juga outdoor. Yup, belajar langsung dari alam. Serba-serbi serunya kuliah di jurusan biologi bisa kamu lihat di artikel ini.

4. Jurusan Manajemen Perbankan‍ / Keuangan Perbankan

perbankan

Hitung-hitungan memang akrab dengan mahasiswa Perbankan. Tapi, lulusannya nggak harus kerja di bank bagian front office atau client service. Bisa juga di back office sebagai karyawan bagian keuangan, menjadi analis kredit, hingga konsultan bisnis.

5. Jurusan Ilmu Gizi‍ 

ilmu gizi

Mahasiswa jurusan Ilmu Gizi mempelajari mengenai kandungan makanan dan kaitannya dengan kesehatan manusia. Mungkin ada di antara mahasiswanya yang jago bikin makanan. Tapi kuliah Ilmu Gizi bukan belajar masak atau tata boga, sob. Yang dibahas di jurusan Ilmu Gizi antara lain adalah diet (pola makan) yang baik. Salah satu profesi yang bisa ditekuni lulusannya adalah Ahli Diet dan Nutrisi‍, seperti yang dijalani salah satu alumni Ilmu Gizi lulusan Politeknik Kesehatan Bandung. Simak cerita Irna ini.

6. Jurusan Ilmu Komunikasi‍ 

komunikasi

Kalau soal begadang, kayaknya hampir semua jurusan merasakannya, deh.Hehehe Tapi soal kreativitas dan update dengan fenomena terkini memang diperlukan mahasiswa Komunikasi. Kalau pengen tahu lebih banyak tentang mahasiswa jurusan Komunikasi, cek di sini

7. Jurusan Sejarah 

sejarah

Kamu suka politik, menganalisa berbagai berita dan isu, membaca, menulis, serta mempelajari budaya dan pemikiran manusia? Artinya kamu perlu mempertimbangkan jurusan Sejarah. Anak jurusan sejarah juga mempelajari Bahasa Belanda, lho. Apalagi yang dilakukan mahasiswa Sejarah? Simak cerita alumninya di sini.

8. Jurusan Hubungan Internasional‍ 

jurusan hi

Gambaran di atas ada benarrnya juga, sih. Jurusan HI merupakan salah satu jurusan IPS yang banyak diincar. Lancar berbahasa Inggris biasanya nggak jadi syarat untuk masuk jurusan ini. Tapi untuk survive sebagai anak HI, kamu perlu belajar Bahasa Ingris. Sebab kebanyakan materi pelajarannya memang dalam bahasa Inggris. Pelajar yang pengen bercita-cita jadi Diplomat‍ biasanya semangat ingin mengambil jurusan HI. Selain diplomat, ini nih profesi yang bisa ditekuni lulusan jurusan HI.

(sumber gambar: IG @kekomukan)

LATEST COMMENT
Just adulting: (Sal) | 7 jam yang lalu

Tambahan: Bisa juga dalam bentuk rasio. Misal DT2018 jumlahnya 10, peminat 2018 ada 1.000. Rasionya 10:1.000 atau 1:100 yang bisa diartikan 1 kursi dalam prodi di PTN tersebut diperebutkan oleh 100 orang

Pengertian Keketatan Persaingan, Daya Tampung, dan Peluang dalam SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri
Just adulting: (Sal) | 7 jam yang lalu

Keketatan itu perhitungan Daya Tampung 2018 dibagi Peminat 2018 dan dikali 100, hasilnya dalam bentuk persen. Semakin kecil persentase keketatan berarti semakin sulit masuknya sekalipun DT-nya banyak karna peminatnya sudah pasti banyak, begitu sebaliknya

Pengertian Keketatan Persaingan, Daya Tampung, dan Peluang dalam SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri
Johan adham p | 9 jam yang lalu

Apakah memungkinkan kalo jurusan ipa masuk hi tapi ke univ swasta?

5 Tanda Bahwa Jurusan Hubungan Internasional Cocok Buat Kamu
Dela Amelianta Ginting | 11 jam yang lalu

Kak maksud tingkat keketatan itu yg gimana ya, apa harus ambil tingkat keketatan yg tinggi biar peluang lulus besar?

Pengertian Keketatan Persaingan, Daya Tampung, dan Peluang dalam SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©