Menu

Kamu Hobi Baca? 8 Program Studi Ini Cocok Untuk Kamu!

Dalam menentukan program studi kuliah, jangan sampai kamu salah milih, gaes. Soalnya kalau kamu salah milih, kamu akan merasa menyesal!

Bukannya menakut-nakuti, tapi kalau sudah salah pilih program studi kuliah, kamu akan mengalami kesulitan dan konflik pada diri sendiri. Bahkan, karier kamu juga terancam hanya karena kamu salah pilih program studi kuliah, lho, gaes.

Jika kamu tidak pernah bosan membaca dan tidak keberatan mengulang bacaan yang sama,  kamu mungkin cocok dengan profesi dan program studi kuliah berikut ini. Soalnya 8 program studi kuliah di bawah ini, hobi membacamu justru akan membuatmu menikmati indahnya perkuliahan...

 

Editor (Artikel/Tulisan) 

content editor

Biasanya Editor bekerja untuk penerbit buku. Profesi ini mereka bisa bekerja untuk lebih dari satu penerbit pada waktu yang bersamaan (bergantung pada perjanjian yang mereka buat).

Tugas dari Editor adalah mencari konten yang menarik untuk pembaca yang ditargetkan oleh sebuah perusahaan media, brand tertentu, atau penerbitan. Pada umumnya, seorang Editor perlu mencari 15-20 buku untuk sebuah penerbit

Nggak hanya itu, seorang Editor mengolah dan menyusun ulang suatu tulisan menjadi tulisan yang menarik minat pembaca yang ditargetkan. Selain suka membaca juga, profesi ini perlu memiliki skill menulis yang menghibur dan persuasif.

Ingat, seorang Editor harus bisa memainkan kata dengan baik. Kenapa? Soalnya mereka harus menyuguhkan isi bacaan yang menarik dan disukai pembaca.

Jurusan kuliah yang cocok: Pendidikan Bahasa Inggris (atau bahasa lain, seperti Bahasa Indonesia, Jerman, dan lain-lain), Sastra Inggris  (atau sastra lain, seperti Indonesia, Jerman, Korea, dan lain-lain), dan Jurnalistik .

Juru Arsip 

juru arsipJika kamu bekerja sebagai Arsiparis atau Juru Arsip, kamu akan banyak membaca bacaan yang bersifat sejarah. Tugas seorang Juru Arsip untuk menyimpan barang-barang bersejarah, mengotentifikasi, menilai dokumen dan mengatur arsip untuk museum, pemerintah, ataupun institusi pendidikan.

Jadi selain suka membaca, kamu juga perlu memiliki minat yang tinggi terhadap barang-barang bersejarah.

Jurusan kuliah yang cocok: Ilmu Sejarah, Pendidikan Sejarah atau Ilmu Perpustakaan .

Copywriter copy editor

Dalam dunia penerbita, Copywriter bertugas untuk memeriksa dan memperbaiki naskah. Profesi ini harus sangat teliti untuk menemukan dan memperbaiki kesalahan dalam penulisan naskah—termasuk titik, koma, ejaan, penggunaan kata, dan tanda baca.  

Seorang Copywriter juga harus memastikan gaya bahasa naskah tersebut konsisten dari awal hingga akhir dan sesuai dengan semua ketentuan dari perusahaan penerbit.

Intinya, jika menjalani profesi ini, kamu juga perlu banyak baca agar tidak kekurangan bacaan.

Jurusan kuliah yang cocok: Pendidikan Bahasa Inggris (atau bahasa lain, seperti Bahasa Indonesia, Jerman, dan lain-lain), Sastra Inggris  (atau sastra lain, seperti Indonesia, Jerman, Korea, dan lain-lain), dan Jurnalistik .

Pengacara 

pengacaraSeorang pengacara lekat dengan popularitas dan penghasilan tinggi. Profesi ini memang punya tingkat kesulitan tinggi dan kerap jadi sorotan.

Jangan salah, seorang Pengacara juga perlu banyak membaca, lho. Hah, kok bisa? Soalnya, seorang pengacara wajib untuk banyak buku contoh kasus dan undang-undang.

Jurusan kuliah yang cocok: Ilmu Hukum 

Pustakawan 

Pustakawan tidak saja membantu pengunjung perpustakaan menemukan buku yang mereka inginkan, tetapi juga mengelola perpustakaan, mulai dari perencanaan, klasifikasi buku, referensi, membuat peraturan hingga memanfaatkan sumber daya yang ada.

Jurusan kuliah yang cocok: Ilmu Perpustakaan. Jika bekerja di perpustakaan khusus bidang tertentu—seperti hukum, medis, atau korporat mungkin kamu membutuhkan pelatihan tambahan.

Peneliti Politik 

Seorang Peneliti Politik politik harus paham betul tentang sejarah politik, berbagai sistem kepemerintahan, dan perkembangan-perkembangan terbaru yang mempengaruhi politik. Tentu saja semua pengetahuan itu diperoleh, jika kamu banyak membaca—mulai dari membaca  laporan, artikel, berita dan sumber daya lainnya.

Jurusan kuliah yang cocok: Ilmu Politik .

Dosen (Secara umum) 

guru/dosenDunia pendidikan dan ilmu senantiasa berkembang. Menjadi seorang Dosen/Guru haruslah mengetahui informasi terbaru supaya bisa disampaikan kepada murid/mahasiswanya.

Dan menjadi seorang Dosen/Guru, harus wajib hukumnya buat banyak baca buku. Karena kalau nggak ... hihihihi

Jurusan kuliah yang cocok: Ilmu Pendidikan

Penerjemah  

penterjemahPenerjemah ialah seseorang yang menguasai lebih dari satu bahasa dan mampu menterjemahkan dari satu bahasa ke bahasa lainnya. Menguasai bahasa sangat diperlukan pada profesi ini.

Soalnya, seorang Penerjemah harus menyesuaikan hasil terjemahan mereka supaya mudah dimengerti orang laing. Ingat, Penerjemah bukan menerjemahkan berdasarkan kata per kata, lho, gaes!

Jurusan kuliah yang cocok: Pendidikan Bahasa Inggris (atau bahasa lain, seperti Bahasa Indonesia, Jerman, dan lain-lain), Sastra Inggris  (atau sastra lain, seperti Indonesia, Jerman, Korea, dan lain-lain), dan Jurnalistik .

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: student.unsw.edu.au, feelrightinc.com, top10hub.com, writermag.com, blog.ipleaders.in, mentalfloss.com, tirto.id)

LATEST COMMENT
Ashput Tradhany | 9 jam yang lalu

Kak, kalau status saya mahasiswa di suatu ptn, jika saya ingin mengikuti sbmptn selanjutnya, apakah saya harus mencabut status mahasiswa saat ini?

Persiapan SBMPTN Buat Mahasiswa yang Ingin Mengulang
Luckman Lucifer | 14 jam yang lalu

Gak ada faedahnya untuk beberapa jurusan. Apalagi kalau mahasiswa cuman dijadikan sumber dana sama masyarakat

Kata Mahasiswa Soal Kuliah Kerja Nyata: Zaman Sekarang, Apa Faedahnya?
Maulida Nur Perdani | 22 jam yang lalu

bantu jawab ya.. kalau memang hanya minat di rumpun soshum, ambil soshum saja bisa kok, gak harus ipc ^^

Strategi Sukses IPC di SBMPTN Serta Pertimbangan Memilih IPC
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©