Menu

Kampus dengan Jurusan D3 dan S1 Teknik Informatika Terbaik di Indonesia

Teknik Informatika merupakan salah satu jurusan favorit yang memiliki prospek cerah. Berdasarkan data BAN-PT, saat ini terdapat 536 prodi Teknik Informatika yang tersebar di berbagai perguruan tinggi, dengan rincian 449 program sarjana (S1) serta 87 program diploma (D3). Nah, dari sekian banyak jurusan Teknik Informatika, ada 17 yang memiliki akreditasi A. Kalau kamu berminat dengan jurusan ini, wajib cek kampus dengan akreditasi terbaik.

S1 Teknik Informatika di Perguruan Tinggi Negeri

1. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 

Tahun 2016 lalu, terdapat 1,108 peserta SBMPTN yang memilih prodi Teknik Informatika di UIN Sunan Kalijaga, dan hanya 30 orang yang diterima atau sekitar 2.71 persen aja. Jurusan ini ada pada Fakultas Sains dan Teknologi dengan jalur masuk SNMPTN, SBMPTN, serta seleksi mandiri dengan ujian khusus.

Kisaran biaya kuliah: 2.5 juta – 8.35 juta

2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya

Prediksi peluang masuk Teknik Informatika ITS melalui SBMPTN adalah sekitar 2.60 persen. Yup, berdasarkan data SBMPTN 2016, kursi yang tersedia adalah 54 sedangkan pendaftar berjumlah 2,079. Kampus yang hanya membuka program studi rumpun saintek ini, juga memiliki jalur penerimaan mandiri yang nilainya diambil dari skor SBMPTN. Di ITS, Teknik Informatika masuk dalam Fakultas Teknologi Informasi.

Kisaran biaya kuliah: Untuk SNMPTN dan SBMPTN: 500 ribu – 7.5 juta per semester (tergantung kesanggupan ekonomi). Untuk seleksi mandiri: 75 juta di awal dan 7.5 juta per semester

3. Institut Teknologi Bandung

Agak berbeda dengan ITS, di ITB prodi Teknik Informatika masuk ke Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI). Untuk masuk ke sana hanya bisa lewat SNMPTN dan SBMPTN, nggak ada seleksi mandiri. Oya, di tahun pertama, maba akan masuk STEI terlebih dahulu. Baru lah pada tahun ke dua, mahasiswa akan memilih jurusan yang dikehendaki, dan jika lulus seleksi, bisa masuk prodi Teknik Informatika.

Peluang masuk TI ITB lewat jalur SBMPTN berdasarkan data 2016 adalah 4.94 persen. Ini  lebih besar dari peluang di ITS dan UIN Sunan Kalijaga. Tapi kamu mesti ingat bahwa pada SBMPTN 2017 lalu nilai peserta tes yang memilih ITB (prodi saintek) adalah yang tertinggi. Sehingga standar skor SBMPTN yang dibutuhkan agar bisa lolos diperkirakan sangat tinggi.

Kisaran biaya kuliah: 10 juta per semester

S1 Teknik Informatika di Perguruan Tinggi Swasta

4. Universitas Telkom, Bandung

Di kampus yang memiliki mahasiswa dari berbagai negara ini terdapat Fakultas Teknik Informatika dengan prodi S1 dan S2 Teknik Informatika. Prodi ini termasuk jurusan yang terbilang baru dibuka, dengan tujuan mencetak pekerja bidang Information Communication Technology. Pendaftaran maba 2018 untuk jalur prestasi sudah dibuka dari SEKARANG lho (periode 16 Oktober 2017 - 8 Desember 2017), dengan memasukkan nilai rapor semester 1-4. Selain itu, ada pula jalur tes tertulis.

Kisaran biaya kuliah: 25 juta di awal dan 9 juta per semester

5. Universitas Atma Jaya Yogyakarta 

Ada 4 jalur untuk bisa masuk ke kampus ini, yaitu jalur Unggulan (melihat ranking, nilai rapor, serta prestasi non akademik), Antara (tes tertulis sebelum UN), Reguler (tes tertulis setelah UN), serta Program Seleksi Siswa Berprestasi dan Beasiswa (PSSB khusus untuk sisw katolik, sedangkan beasiswa terbuka untuk umum). Untuk tahun akademik 2018/2019 sudah dimulai pendaftarannya sejak 2 Oktober lalu.

Menurut UAJY, prodi Teknik Informatika kampus mereka merupakan nomor satu di Yogyakarta dan 10 besar di Indonesia. Di sini ada 3 peminatan jurusan TI yaitu Mobile Computing, Soft Computing, dan Enterprise Information System.

Kisaran biaya kuliah: 66 juta (estimasi total biaya 8 semester pada 2017)

6. Universitas Esa Unggul , Jakarta

Di Universitas Esa Unggul,  prodi TI berada di Fakultas Ilmu Komputer. Salah satu poin plus kampus ini adalah tersedianya berbagai  fasilitas yang mendukung kegiatan perkuliahan. Sebagai gambaran, kegiatan kuliah yang ditawarkan di sana antara lain, Keamanan Informasi, Jaringan Mobile, Motivasi Usaha, Kecerdasan Buatan, Perusahaan Virtual, serta ada kerja praktik.

Kisaran biaya kuliah: 26.5 juta (di awal, bisa dicicil) dan 9 juta per semester 

7. Universitas Dian Nuswantoro , Semarang

Kamu bisa menemukan prodi TI di Fakultas Ilmu Komputer (Filkom). Ada 2 jalur Pendaftaran Mahasiswa Baru, yaitu melalui Penelusuran Minat dan Bakat (jalur prestasi) serta seleksi reguler. Untuk mendaftar, kamu bisa langsung ke kampus atau mengunjungi web-nya. Oya, Filkom Universitas DIan Nuswantoro juga bekerja sama dengan ITB dan ITS.

Kisaran biaya kuliah: 26 juta (dibayar di awal/dicicil) dan sekitar 6.5 juta per semester)

8. Universitas Surabaya

Program studi ini mempelajari soal ilmu komputer, teknologi perangkat lunak, serta aplikasinya di dunia industri. Jadi studi di Teknik Informatika nggak cuma seputar konsep/teori, tapi juga penerapan praktis keilmuan tersebut. Di Ubaya, prodi ini berada di Fakultas Teknik.

Untuk bisa masuk ke sana, ada jalur tanpa tes alias melihat prestasi yang pendaftarannya dibuka hingga pertengahan Desember, serta jalur dengan tes seperti umumnya, yang dibuka hingga Januari.

Kisaran biaya kuliah: 15 juta - 27.5 juta (di awal) dan 16.8 juta per semester

9. Universitas Islam Indonesia 

Nggak sedikit mahasiswa TI UII yang meraih prestasi di berbagai kompetisi teknologi dan ikutan pertukaran pelajar ke luar negeri. Jalur masuk prodi di Fakultas Teknologi Industri ini bisa dilakukan dengan tes (PBT atau CBT), jalur prestasi, dan jalur hafiz Quran (bagi calon maba yang hafal Al-Quran).

10. President University , Bekasi

Prodi ini berada di Fakultas Ilmu Komputer. Ada 5 peminatan yang bisa dipilih mahasiswanya, yaitu Database Design, Networking, Programming, Web Design, dan Mobile Computing.

11. Universitas Gunadarma 

Kampus ini memang identik dengan bidang komputer. Sama seperti UII, di Gunadarma Teknik Informatika berada di Fakultas Teknologi Industri.

Kisaran biaya kuliah: 15 juta – 45 juta (di awal) dan sekitar 5 juta per semester.

12. Universitas Kristen Petra

Ada 4 konsentrasi Teknik Informatika yang bisa dipilih setelah menyelesaikan 60 SKS di kampus ini, yakni Game Development, Mobile Application Development, Intelligent System, serta Data and Network Security.  Teknik Informatika UK Petra bekerjasama dengan vendor IT ternama, seperti Cisco (Cisco Networking Academy), Microsoft (Microsoft IT Academy), Oracle (Oracle University), dan Mikrotik Academy serta Idup (Apple Developer).

13. Universitas Bina Nusantara

Seperti Gunadarma, Binus adalah kampus yang identik dengan studi di bidang komputer dan teknologi. Nggak heran juga sih, mengingat kampus ini berawal dari sekolah komputer. Selain akademiknya yang menonjol, Binus juga banyak mencetak alumni hebat, seperti William Tanuwijaya alumni Teknik Informatika yang merupakan co-founder Tokopedia.

Kisaran biaya kuliah: 151 juta

14. Universitas Kristen Satya Wacana , Salatiga

Prodi TI berada di Fakultas Teknologi Informasi. Mahasiswa bisa memilih Konsentrasi Jaringan Komputer (Computer Network), Konsentrasi Aplikasi Mobile (Mobile Application), dan Konsentrasi Rekayasa Web (Web Engineering).

Kisaran biaya kuliah: 20 juta (di awal) dan sekitar 5.5 juta per semester

D3 Teknik Informatika

Selain program Sarjana, kamu juga bisa memilih D3 Teknik Informatika. Dengan masa perkuliahan yang lebih singkat, prodi ini menitikberatkan pada skill dan bertujuan menghasilkan lulusan terampil yang siap kerja. Gelar yang akan diperoleh mahasiswa D3 Teknik Informatika adalah Ahli Madya Komputer (A.Md.Komp).

1. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya 

Lulusannya diharapkan memiliki kompetensi bidang:

  • Pemrograman komputer
  • Pengambangan sistem informasi dan teknologi berbasis data
  • Pengembangan rekayasa perangkat lunak baik pada perangkat desktop, web, mobile, dan jaringan komputer.

2. Politeknik Negeri Bandung 

Lulusah PNB lulusan D3 TI biasanya akan bekerja sebagai Programmer Komputer, Software Quality Assurance Engineers dan Testers, Penulis Teknis, dan Desainer software/Developer Software, Aplikasi.

3. Universitas Telkom 

Seperti halnya program S1-nya, D3 Teknik Informatika di Universitas Telkom juga memperoleh akreditasi A. Di semester 1 dan 2 kamu akan mendapatkan kelas seperti Implementasi Algoritma, Literasi TIK, Pengantar Desain Website, Perancangan Antarmuka Aplikasi, dan lainnya.

***

Youthmanual telah mengumpulkan ribuan informasi seputar profesi, program studi, kampus unggulan, serta panduan persiapan kuliah yang komprehensif dalam laman Eksplorasi. Baca selengkapnya di sini

Baca juga:

(sumber gambar: mybroadband.co.za)

LATEST COMMENT
Gioabi Fashar | 4 jam yang lalu

siapa bilang gk bisa? yg ada di jurusan arsitektur itu gk ada itung2an dan jurusan arsitektur juga bukan cuma soal gambar. Jurusan arsitektur harus jago problem solving tapi bukan berarti harus jago matematika

5 yang harus Kamu Persiapkan Sebelum Masuk Jurusan Arsitektur
Nancy Tasia Sopaheluwakan | 18 jam yang lalu

Min , saya mau nanya kalau misalnya kita dari semester 1 dan 2 tidak masuk kuliah , apakah di semester 3 kita masih bisa masuk kuliah atau tidak ?

Strategi Mengisi KRS: Memilih Mata Kuliah dan Menentukan Jumlah SKS
Masita | 20 jam yang lalu

Masyaa Allah.. nggak salah aku suka pelajaran biologi.. baca nya aja udah kyk meantang aja,apalagi klw benaran nanti... semoga bisa lah...

Serba-Serbi Menjadi Mahasiswa Biologi
Maya Nainggolan | 24 jam yang lalu

So luck Sothat msi bisa ngisi amunisi utbk :')

UTBK SBMPTN 2020 Tidak Dimajukan. Simak Penjelasannya!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©