Jurusan Kuliah Sosial Humaniora (IPS) "Rasa" Sains Teknologi (IPA)

Merasa jiwa kamu IPA tapi takdir dan peruntunganmu di bidang IPS? Jurusan kuliah Sosial Humaniora yang masih berkaitan dengan pelajaran Sains Teknologi ini bisa menjadi pilihan kamu!

1. Ilmu Perpustakaan‍ 

Fakultas Ilmu Budaya

Materi saintek yang dipelajari: Teknologi informasi, ilmu komputer

Deskripsi:

Jurusan Ilmu Perpustakaan pada dasarnya mempelajari penyimpanan dan pengelolaan informasi dan sumber pengerahuan. Jangan membayangkan cakupan ilmunya hanya terbatas untuk perpustakaan tradisional alias perpustakaan dengan koleksi buku.

Yup, hampir semua perusahaan dan organisasi membutuhkan penyimpanan serta manajemen arsip dan file. Trus, karena filing banyak dilakukan dengan  format digital, maka pekerja bidang perpustakaan harus menguasai teknologi yang mendukung. Makanya, banyak materi kuliah yang bersinggungan dengan ilmu teknologi informasi dan komputer. Ilmu komunikasi, serta manajemen juga dipelajari di sini.

“Semua bidang pekerjaan dapat dimasuki oleh lulusan jurusan ini karena lulusan Ilmu Perpustakaan dicetak (disiapkan) sebagai ahli informasi, komunikasi, dan perpustakaan,” begitu keterangan Anna Marliana Ulfah, mahasiswi Ilmu Perpustakaan Universitas Padjadjaran.

Mata kuliah “rasa” IPA: Pengantar Teknologi Pengelolaan Informasi, Aplikasi Teknologi Pengelolaan Informasi, Teknologi Multimedia, Pengantar Ilmu Informasi Pepustakaan, dan Kearsipan.

Peluang karier: Bagian riset, konsultan informasi, staf pengelola informasi, pustakawan, dan lainnya.

Rekomendasi kampus: Universitas Indonesia‍, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta‍, Universitas Brawijaya‍, Universitas YARSI‍, Universitas AirlanggaUniversitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta‍, Universitas Padjadjaran‍, Universitas Sumatera Utara‍, Universitas Airlangga‍ (D3 dan S1)

2. Psikologi

Fakultas Psikologi

Materi saintek yang dipelajari: Statistika, Biologi

Deskripsi:

Psikologi merupakan cabang ilmu humaniora dengan fokus manusia dan segala aspek yang mempengaruhinya. Di sini dipelajari mengenai pemikiran, perilaku, kecenderungan kepribadian, kehidupan sosial, dan gangguan psikologi yang dialami manusia. Ilmu psikologi juga mempelajari mengenai sisi biologis manusia. Makanya, masih sangat nyambung dengan pelajaran Biologi.  

Program studi ini juga menekankan pada penelitian. Nggak heran jika materi statistik dipelajari secara mendalam dalam perkuliahan. Studi IPA memang terasa banget di prodi ini, bahkan beberapa kampus seperti Unpad, Universitas Sebelas Maret‍, serta Universitas Andalas‍ memasukkan Psikologi dalam kelompok Saintek.

Clara Daniella, mahasiswi Psikologi Unika Atma Jaya menjelaskan, “Sebagian besar tugas (dikerjakan dalam) kelompok. Yaitu berupa presentasi, penyusunan makalah dan laporan kunjungan, atau praktikum.”  

Mata kuliah “rasa” IPA: Statistika dan Biospsikologi.

Peluang karier: Konselor, staf HRD, staf marketing dan riset, peneliti, guru.

Rekomendasi kampus: UI, Universitas Airlangga, UGM, UIN Syarif Hidayatullah,  Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya‍, Universitas Surabaya‍, Universitas Muhammadiyah Malang‍, Universitas Islam Indonesia‍, Sleman, Universitas Mercu Buana‍ Yogyakarta, Universitas Persada Indonesia YAI‍, Jakarta, Universitas Sanata Dharma‍, Yogyakarta, Universitas Gunadarma‍, Depok, Universitas Tarumanagara‍, Jakarta

3. Akuntansi Teknologi Sistem Informasi (TSI)/ Accounting Information Systems‍ 

Materi saintek yang dipelajari: Teknologi informasi, ilmu komputer

Deskripsi:

Di jurusan ini, mahasiswa belajar tentang ilmu Akuntansi sekaligus sistem informasi yang menggunakan teknologi digital. Di perkuliahan dipelajari juga cara mengaplikasikan serta mengembangkan (membuat) software. Jadi, kuliahnya seperti gabungan antara prodi Akuntansi dan Teknologi Informasi. Jurusan ini juga disebut prodi Sistem Informasi Akuntansi

“Kalau kuliah di jurusan ini, harus berminat belajar Akuntansi dan TI. Nggak bisa salah satunya aja,” jelas Safina mahasiswi Akuntansi TSI UI.

Mata kuliah “rasa” IPA: Pemrograman Bisnis

Peluang karier: Akuntan, auditor, konsultan keuangan, staf keuangan pajak, pengembang aplikasi dan software.

Rekomendasi kampus: UI, Universitas Bina Nusantara

4. Technopreneurship‍ 

Materi saintek yang dipelajari: Teknologi informasi, ilmu komputer

Deskripsi:

Prodi ini mempelajari bisnis dan kewirausahaan berbasis teknologi. Kuliahnya mencakup studi bidang ekonomi, sosial serta ilmu pengetahuan dan teknologi. Lulusannya disiapkan untuk menjalankan startup dan perusahaan berbasis teknologi. Oya, jurusan ini baru ada satu, lho, di Indonesia dan baru beroperasi beberapa tahun. Alhasil, daya saing lulusannya bakalan tinggi karena ilmunya spesifik dan beda dengan yang lain.

"Di jurusan ini, kita dilatih menganalisa teknologi yang sudah ada untuk dikembangkan menjadi inovasi yang dapat diterapkan sebagai solusi masalah di masyarakat,” ungkap Christian mahasiswa Technopreneurship Surya University.

Mata kuliah “rasa” IPA: Inovasi dan Teknologi, Statistika, Komputer Bisnis, Matematika Bisnis.

Peluang karier: Wiraswasta, pekerja startup, developer bisnis, HRD.

Rekomendasi kampus: Universitas Surya Bogor

5. Aktuaria

Fakultas Ilmu Administrasi/Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Materi saintek yang dipelajari: Matematika

Deskripsi:

Jika mengambil jurusan Aktuaria, kamu akan mendalami soal risiko-risiko ekonomi dan keuangan. Lulusan aktuaria dibutuhkan di berbagai perusahaan yang bergerak di bidang keuangan, terutama usaha asuransi. Lulusannya baru sedikit, padahal kebutuhan akan profesi aktuaris semakin meningkat. Yup, setidaknya Indonesia butuh 500-700 aktuaris, sedangkan per tahun 2015, jumlahnya baru 380 orang.

Matematika sangat dipergunakan dalam perkuliahan, sampai-sampai kampus seperti IPB dan UGM memasukkan studi aktuaria ke dalam fakultas MIPA (bidang Saintek).

Mata kuliah “rasa” IPA: Dasar-Dasar Kalkulus, Aplikasi Komputer Bisnis, Matematika Keuangan, Statistika.

Peluang karier: Aktuaris, bagian keuangan, bagian administrasi, divisi manajemen risiko.

Rekomendasi kampus: UI (D3 Administrasi Asuransi dan Aktuaria), UGM, IPB (Jurusan baru), ITB (S2)

(sumber gambar: emaze.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 11 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 21 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1