Menu

Jurusan Kuliah Saintek Terpopuler Versi Youthmanual

Inilah jurusan kuliah sains teknologi (saintek) terpopuler alias paling banyak dicari dan dilihat informasinya di Youthmanual sepanjang tahun 2018. Program studi pilihanmu termasuk salah satunya?

1. Agribisnis (Sosial Ekonomi Pertanian) 

Prodi ini mempelajari mengenai pengelolaan produksi pertanian beserta aspek bisnisnya. Cakupan studinya cukup luas, dari mulai ilmu awal produksi sampai memperoleh hasil serta pengolahannya. Pengetahuan soal pertanian, manajemen, serta bisnis dipelajari dalam perkuliahan. Mata kuliahnya antara lain Ilmu Tanaman Pangan, Strategi dan Pembiayaan Agribisnis, Ekonomi Manajerial, Dasar Ilmu Tanah, dan lainnya.

Kampus: Universitas Padjadjaran, Institut Pertanian Bogor, Universitas Brawijaya, Universitas Sebelas Maret, Universitas Gadjah Mada .

2. Farmasi 

Tampaknya banyak anak muda yang tertarik dengan prodi yang mempelajari bagaimana meracik, mencampur, menganalisa, memformulasikan, dan menghasilkan obat yang memenuhi standar. Lulusan farmasi bisa bekerja di industri obat-obatan atau apotek, namun tidak bisa langsung menjadi Apoteker, karena harus menempuh program profesi Apoteker. Peluang perkembangan industri farmasi di Indonesia cukup besar. Makanya dibutuhkan banyak lulusan Farmasi yang berkualitas.

Kampus: UI, Unpad, Institut Teknologi Bandung, Universitas Hasanuddin 

3. Arsitektur 

Prodi ini mempelajari ide, konsep, serta rancangan bangunan yang fungsional sesuai kebutuhannya. Kemampuan yang perlu dikuasai mencakup keahlian teknis dan estetik, serta kepekaan sosial. Seorang lulusan S1 arsitektur nggak langsung menjadi Arsitek, karena harus mengambil program profesi.

Kampus: Universitas Sumatera Utara, UI, ITB, Universitas Diponegoro, Institut Teknologi Sepuluh Nopember 

4. Pendidikan Dokter 

Dari tahun ke tahun, prodi Kedokteran merupakan langganan 10 besar jurusan kuliah yang banyak dipilih peserta SBMPTN. Ya, banyak sekali peminat prodi ini, namun tak mudah untuk menjadi seorang dokter. Dimulai dengan perkuliahan atau tahap pra klinik hingga mendapatkan gelar sarjana. Kelar dari situ, masuk tahap klinik sebagai asisten dokter (koas) dan terjun praktik. Jika telah menempuh tahap klinik dan lulus ujian kompetensi maka bisa disumpah menjadi dokter. Namun perjalanan belum berakhir, gaes. Masih ada tahap magang selama setahun ke daerah. Setelah itu baru deh, bisa praktik sebagai dokter umum. Sedangkan untuk spesialis, masih panjang lagi perjalanannya dengan mengambil program spesialis.

Kampus: UI, Unpad, UGM, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya 

5. Teknik Informatika 

Di prodi ini dipelajari bagaimana mengembangkan algoritma menjadi suatu sistem atau program komputer untuk memecahkan masalah. Misalnya, membuat algoritma agar layanan kesehatan bisa diakses masyarakat dengan menggunakan komputer. Mata kuliahnya  antara lain Algoritma Pemrograman, Logika Matematika, Logika Informatika, Kalkulus, dan  Artificial Intelligence.

 Kampus: Telkom University, BINUS University , ITB, ITS

6. Teknik Radiologi (Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi) 

Radiologi merupakan bagian dari ilmu kesehatan. Mahasiswanya mempelajari bagaimana memeriksa bagian tubuh manusia menggunakan sinar x, seperti USG atau MRI. Prodi ini tersedia dalam jenjang Diploma 3 (D3) atau Diploma 4 (D4). Mahasiswa mendapatkan kelas seperti Fisika Radiasi, Proteksi Radiasi, Anatomi Rontgen, Patologi Anatomi, dan lainnya.

Kampus: Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Cirebon, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Guna Bangsa Yogyakarta

 7. Ilmu Gizi 

Inilah jurusan kuliah yang mempelajari kebutuhan gizi manusia serta pengaruhnya terhadap kesehatan. Dipelajari pula kandungan gizi dalam makanan. Berbagai aspek yang mempengaruhi asupan gizi masyarakat juga dibahas dalam perkuliahan, yakni aspek sosial, pertanian, dan lainnya.

Kampus: Institut Pertanian Bogor, Airlangga, Universitas Brawijaya

8. Kesehatan Masyarakat 

Prodi ini mencakup ilmu kesehatan serta sosial kemasyarakatan dengan tujuan utama meningkatkan/memperbaiki tingkat kesehatan dalam masyarakat. Yang dipelajari antara lain adalah perhitungan kuantitatif kondisi kesehatan dan distribusi penyakit di suatu wilayah, analisa dampak lingkungan pada kesehatan masyarakat, faktor kesehatan dan keselamatan kerja, manajemen dan administrasi kebijakan kesehatan, serta soal penyuluhan kesehatan.

Kampus: UI, USU, Unhas, Unair, Universitas Muhammadiyah Aceh, Undip

9. Sistem Informasi (Manajemen Informatika) 

Mahasiswa Sistem Informasi berkutat dengan hardware dan software untuk membuat suatu sistem sesuai kebutuhan klien/pengguna. Yang dipelajari bukan hanya seputar ilmu dan kemampuan teknologi, tetapi juga pengetahuan manajemen dan bisnis.

Kampus: Telkom University, Binus, Universitas Kristen Satya Wacana, ITS, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta 

10. Teknik Industri 

Jurusan ini sering diibaratkan sebagai prodi Teknik “rasa sosial”, karena selain mempelajari aspek teknik dalam suatu industri, mahasiswanya juga dibekali ilmu manajemen, ekonomi hingga, psikologi. Fokus Teknik Industri adalah proses suatu industri yang mencakup perancangan, peningkatan, dan pemasangan sistem terintegrasi.

Kampus: Universitas Trisakti, Universitas Gunadarma, UI, ITB, UGM, UNS

Prodi populer lainnya

11. Agroekoteknologi 

12. Statistika 

13. Teknologi Industri Pertanian (Agroindustri) 

14. Teknik Sipil 

15. Ilmu Keperawatan 

16. Aktuaria 

17. Pendidikan Dokter Gigi 

18. Teknik Biomedik (Teknobiomedik) 

19. Agronomi dan Hortikultura 

20. Teknologi Laboratorium Medik (Analis Kesehatan) 

Sumber gambar: pexels.com

LATEST COMMENT
Ahmad Faidoli Siregar | 6 jam yang lalu

Apa bisa modal jago gambar kita masuk jurusan arsitektur?

5 yang harus Kamu Persiapkan Sebelum Masuk Jurusan Arsitektur
Cindy Tan | 8 jam yang lalu

Semoga lolos dan keterima SBMPTN ke UI 2019

Berapa Passing Grade SBMPTN 2019?
Hawwa 'Ainaa | 10 jam yang lalu

Saya sma jurusan ipa, apakah bisa masuk fsrd lewat jalur snmptn?

Serba-Serbi Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB
Adrian Sasori | 23 jam yang lalu

Kak, mau bertanya. Boleh nggak mengambil 1 prodi saja di 2 PTN berbeda?

Serba-Serbi SNMPTN 2019 yang Penting Kamu Ketahui
Adrian Sasori | 23 jam yang lalu

Kak, mau tanya. Boleh nggak mengbila 1 prodi pada 2 PTN yang berbeda? Sekian terima kasih!

Serba-Serbi SNMPTN 2019 yang Penting Kamu Ketahui
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©