Jurusan Kuliah Ilmu Komputer dan Teknik Komputer: Perbedaan dan Prospek Kerja di Masa Depan

Maunya, sih, kuliah di jurusan komputer. Tapi, beberapa dari kalian pasti masih sering bingung sama pilihan di bidang tersebut. Pasalnya, beberapa kampus menyediakan jurusan Ilmu Komputer dan Teknik Komputer. Apa, sih, perbedaan keduanya? Di mana aja kampus yang menyediakan jurusan itu? Dan gimana prospek kerjanya di masa depan?

Yuk, kita bahas satu-satu ya, sob.

Perbedaan Ilmu Komputer dan Teknik Komputer

Jurusan Ilmu Komputer seringkali berada di bawah fakultas Ilmu Komputer alis FASILKOM. Mahasiswa Ilmu Komputer mempelajari dan menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisa matematis untuk desain, pengembangan, pengujian, evaluasi perangkat lunak, sistem operasi dan kerja komputer.

Ilmu Komputer dapat terlibat dalam desain dan pengembangan berbagai jenis aplikasi dan perangkat lunak, termasuk pengembangan games, aplikasi bisnis, sistem operasi dan jaringan distribusi, dan kompiler, yang mengkonversi sebuah program ke dalam bahasa mesin agar bisa dibaca dan dieksekusi sebuah komputer.

Ilmu komputer mulai dengan menganalisa kebutuhan pengguna, kemudian merancang, menguji, dan mengembangkan perangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Ibaratnya, ilmu komputer lebih banyak belajar teori sains dari komputer, karena akan membahas lebih dalam tentang algoritma, konsep pemikiran sebuah aplikasi, teori jaringan, dan lain-lain.

Skripsi dari jurusan Ilmu Komputer boleh membahas sebuah teori/algoritma tertentu tanpa harus membuat aplikasinya.

Sementara itu, sesuai namanya, jurusan Teknik Komputer berada di bawah Fakultas Teknik (FT). Jurusan ini sering disalahartikan sebagai tempat belajar merakit komputer dan laptop. Anggapan ini nggak sepenuhnya salah, gaes. Soalnya, mahasiswa Teknik Komputer memang sedikit mempelajari Teknik Elektro (jurusan yang menangani pembuatan mesin komputer atau laptop) dan sedikit Ilmu Komputer. Jurusan ini lebih banyak bergulat dengan chip dari komputer tersebut.

Perangkat keras yang ditangani lebih cenderung berhubungan dengan microcontroller dan processor komputer. Sesekali, kamu juga bakal mempelahari bahasan programming dan mesin.

Sistem pendidikannya biasanya lebih banyak menganut pendekatan rekayasa/terapan (engineering) daripada ilmiah (science). Itu kenapa Ilmu Komputer disebut Computer Science sementara Teknik Komputer disebut Computer Engineering.

Karena jurusan Teknik Komputer lebih cenderung implementasi daripada teori. Skripsi mahasiswa Teknik Komputer seringkali membuat chip atau aplikasi.

Sebetulnya, jurusan Ilmu Komputer dan Teknik Komputer punya mata kuliah yang hampir sama. Tapi, tujuan kariernya akan berbeda. Karena bobot mata kuliah yang dipelajari juga berbeda, otomatis keahlian mereka juga kuat di tujuannya masing-masing.

Ilmu Komputer diharapkan menghasilkan lulusan dengan kemampuan yang cukup luas dimulai dari penguasaan teori (konsep) dan pengembangan software.

Teknik Komputer diharapkan bisa menghasilkan lulusan yang mampu mendesain dan mengimplementasikan sistem terintegrasi baik software maupun hardware.

Contoh gampangnya nih, gaes, untuk mengoperasikan tv layar sentuh, mesin cuci atau micowave, kita tinggal menekan tombol-tombol perintah yang tersedia. Biasanya tombol ini digantikan dengan sebuah layar LCD interaktif. Nah, LCD interaktif ini disambungkan dengan mesin mekanik yang ada di dalam perangkat tersebut. Yang membangun teori kebutuhan tombol perintah adalah mahasiswa Ilmu Komputer, sementara yang membangun chip ke mesin mekanik adalah mahasiswa Teknik Komputer. 

Jurusan Ilmu Komputer dan Teknik Komputer cocok buat kamu yang punya karakter:

  • Tertarik dengan komputer baik software atau hardware
  • Teliti
  • Senang menganalisa
  • Punya kemampuan Matematika yang cukup
  • Senang memecahkan masalah

Prospek kerja Ilmu Komputer dan Teknik Komputer di masa depan

Dengan perkembangan era Internet of Things, ide-ide kreatif pemanfaatan komputer menjadi sangat menarik. Berbagai perusahaan startup baik di dalam dan luar negeri terus berlomba membuat perangkat yang unik. Tentunya tingkat pembuatan software dan hardwarenyapun semakin sulit. Karena itu, prospek kerja jurusan komputer sangatlah besar.

Lulusan Ilmu Komputer mempunyai profesi yang sangat luas bervariasi. Misalnya, sebagai pengembang perangkat lunak, analis, konsultan, ahli jaringan, keamanan sistem dan bertanggung jawab mengkoordinasikan pembangunan, pemeliharaan, dan perluasan sistem komputer dalam sebuah organisasi.

Lulusan Ilmu Komputer umumnya bekerja dalam organisasi dan berkoordinasi dengan masing-masing departemen untuk mengembangkan dan memberikan arahan teknis terkait misalnya; ordering system, inventory system, billing system, HR dan payroll system.

Lulusan dari Teknik Sistem Komputer dapat mengembangkan karir sebagai ahli Embedded System Engineer, Progammer, Computer Analyst, Robotic Engineer, Industrial Engineer, Network Administrator, dan Database Administrator.

 

(Sumber gambar: carleton.ca, huffpost.com, Issu.edu, sbasse.lums.edu.pk)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 11 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1