Menu

Jurusan Ilmu Komunikasi Terbaik di Indonesia Beserta Pilihan Kampus dan Prospek Kerjanya

Kampus mana aja sih yang menyediakan Jurusan Ilmu Komunikasi terbaik di Indonesia?

Sebagai salah satu jurusan yang paling diminati pada SBMPTN maupun SNMPTN, tiap tahunnya banyak banget nih calon-calon mahasiswa baru yang mengincar jurusan ini di perguruan tinggi. Pada SNMPTN kemarin, Menristekdikti bahkan mengumumkan bahwa jurusan Ilmu Komunikasi pada Universitas Negeri Jakarta termasuk ke dalam jurusan rumpun Soshum yang memiliki keketatan persaingan tertinggi.

Yuk simak pembahasan di bawah ini untuk tau kampus mana aja sih yang menyediakan jurusan Ilmu Komunikasi terbaik di Indonesia, plus prospek kerja dari jurusan yang satu ini!

Perguruan Tinggi Negeri dengan Jurusan Ilmu Komunikasi Terbaik

Di Indonesia sendiri, beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menyediakan program studi ilmu komunikasi untuk jenjang S1. Berikut adalah PTN dengan jurusan Ilmu Komunikasi terbaik beserta daya tampung dan peminatnya di SBMPTN 2018:

1. Universitas Padjadjaran 

Daya Tampung SBMPTN 2018: 72

Peminat: 4.937

2. Universitas Indonesia 

Daya Tampung SBMPTN 2018: 70

Peminat: 3.800

3. Universitas Gadjah Mada 

Daya Tampung SBMPTN 2018: 30

Peminat: 2.319

4. Universitas Jenderal Soedirman 

Daya Tampung SBMPTN 2018: 50

Peminat: 2.428

5. Universitas Andalas 

Daya Tampung SBMPTN 2018: 40

Peminat: 1.813

6. Universitas Sumatera Utara 

Daya Tampung SBMPTN 2018: 41

Peminat: 1.944

Perguruan Tinggi Swasta dengan Jurusan Ilmu Komunikasi Terbaik

Selain PTN, jurusan ilmu komunikasi terbaik di Indonesia juga dimiliki oleh Perguruan Tingg Swasta, lho! Ini dia PTS-PTS dengan jurusan Ilmu Komunikasi terbaik:

1. Universitas Bina Nusantara 

Peminatan: Corporate Communication, Brand Communication, Journalistic Broadcasting

2. Universitas Al Azhar Indonesia 

Peminatan: Broadcasting and New Media, Branding and Advertising, Strategic Marketing and Public Relation

3. Universitas Kristen Petra 

Peminatan: Corporate Communication, Mass Communication, Broadcasting TV, Print and Online Journalism

4. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Peminatan: Komunikasi Korporasi, Komunikasi Pemasaran, Media dan Komunikasi

5. Universitas Islam Bandung

Peminatan: Ilmu Jurnalistik, Ilmu Hubungan Masyarakat (Public Relations), dan Manajemen Komunikasi

6. Universitas Atma Jaya Yogyakarta 

Peminatan: Public Relations, Komunikasi Pemasaran dan Periklanan, Kajian Media, dan Jurnalisme

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi

Bisa dibilang, Ilmu Komunikasi merupakan salah satu jurusan dengan prospek kerja yang paling fleksibel. Gimana nggak? Dalam berbagai aspek kehidupan, kita pastinya membutuhkan komunikasi. Ilmu Komunikasi sendiri lahir dari berbagai disiplin ilmu sosial seperti sosiologi, ilmu politik, antropologi, dan hubungan internasional, jadi nggak heran kalau prospek kerja lulusan Ilmu Komunikasi juga sangat luas.

Beberapa bidang yang karier yang bisa dimasuki oleh lulusan Ilmu Komunikasi antara lain adalah:

Media: Bidang ini udah menjadi ‘langganan’ para lulusan Ilmu Komunikasi dari zaman dahulu kala. Mulai dari media cetak seperti majalah dan koran, televisi, radio, hingga kini media online biasanya menjadi sasaran para lulusan ilmu komunikasi.

Komunikasi Pemasaran dan Periklanan: Selain bekerja di media, lulusan Ilmu Komunikasi bisa banget lho bekerja di bidang pemasaran, khususnya komunikasi pemasaran (marcomm) dan periklanan. Seorang lulusan Ilmu Komunikasi berbekal ilmu yang didapatkan di bangku kuliah diharapkan untuk mampu merancang dan mengeksekusi strategi-strategi pemasaran yang dapat menyentuh sasaran dengan tepat.

Public Relation: Banyak banget nih lulusan Ilmu Komunikasi yang juga bekerja di bidang ini. Bidang Hubungan Masyarakat alias Public Relation melibatkan banyak interaksi dengan banyak pihak yang terkait dengan sebuah perusahaan atau bisnis, maka dari itu kemampuan komunikasi yang mumpuni dibutuhkan untuk mengisi bidang ini.

***

Itu dia tadi pilihan kampus dengan jurusan Ilmu Komunikasi terbaik, plus prospek kerja dari jurusan yang satu ini. Ingin tau lebih lanjut tentang profesi apa aja yang bisa dipilih oleh anak Ilmu Komunikasi? Atau ingin mencari jurusan lain yang terkait dengan Ilmu Komunikasi? Yuk main ke laman Eksplorasi Youthmanual! Temukan ratusan informasi terlengkap mengenai kampus, jurusan, dan profesi di laman Eksplorasi Youthmanual; klik di sini untuk memulai eksplorasimu sekarang!

Baca juga:

LATEST COMMENT
Maulida Nur Perdani | 1 jam yang lalu

bantu jawab ya.. kalau memang hanya minat di rumpun soshum, ambil soshum saja bisa kok, gak harus ipc ^^

Strategi Sukses IPC di SBMPTN Serta Pertimbangan Memilih IPC
Anisa | 11 jam yang lalu

Kk aku kan dari jurusn ipa, tapi pas mau kuliah mau ngambil soshun, itu apakah harus utbk nya sohsun atau ipc kk?

Strategi Sukses IPC di SBMPTN Serta Pertimbangan Memilih IPC
Tisam Ali | 18 jam yang lalu

Apakah masih bisa diubah? Jika ya, silakan coba di prodi yang lain. Namun apabila telah telanjur dan tidak bisa diubah, maka saran saya coba jalani. Bulatkan tekad untuk menjalani perkuliahan. Dari situ, kamu benar-benar dapat mengetahui apakah salah jurusan atau ternyata bisa dijalani.

Balada Salah Jurusan Kuliah dan Solusinya. Nggak Harus Pindah Jurusan, Kok!
Tisam Ali | 18 jam yang lalu

Hai Kristin, untuk teknis pengisian, bisa kamu tanyakan ke pihak kampus. Kebanyakan kampus sudah menerapkan pengisian berbasis komputer secara online. Ada pula yang masih mengisi secara manual (tertulis).

Strategi Mengisi KRS: Memilih Mata Kuliah dan Menentukan Jumlah SKS
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©