Menu

Jurusan Anti-Mainstream Untuk Anak IPA dengan Prospek Kerja Cerah

Kalau kamu senang menghitung dan mempelajari ilmu-ilmu eksakta, ada banyaaaaak banget jurusan ‘berbau’ IPA yang bisa kamu pilih di bangku kuliah nanti. Kamu mungkin udah familiar dengan jurusan-jurusan teknik seperti Teknik Mesin, Teknik Industri, maupun Teknik Sipil; atau jurusan-jurusan ilmu murni seperti Matematika, Fisika, dan Biologi.

Tapi, tahu nggak sih kalau masih banyak banget jurusan-jurusan untuk anak IPA yang ‘anti-mainstream’ yang juga memiliki prospek kerja menjanjikan di masa depan. Apa aja jurusan-jurusan tersebut? Simak pembahasannya berikut ini, ya!

1. Bioinformatika 

Bioinformatika (Bioinformatics) adalah program studi multi disiplin yang berfokus pada penerapan teknologi dan layanan berbasis komputer, data untuk biologi, biomedis, dan penelitian bioteknologi. Jurusan Bioinformatika mempelajari bagaimana menggunakan ilmu komputer untuk memilah dan memahami data-data dalam jumlah besar (Big Data) dalam bidang biologis, genetik, ilmu dan teknologi pangan.

Dengan perkembangan teknologi yang telah pesat dalam beberapa dekade terakhir, plus meningkatnya tren bisnis di bidang Big Data, jurusan ini akan memberikan kamu peluang kerja yang cukup cerah di masa depan. Dengan semakin banyaknya data biologis yang dihasilkan di seluruh sektor, ada permintaan yang tinggi untuk profesional yang mempunyai keahlian dibidang biologi, statistik, dan ilmu komputer. 

2. Food Business Technology 

Program studi Food Business Technology mempelajari tentang teknik rekayasa bahan pangan, rekayasa proses pangan, dan pembuatan prototipe produk pangan. Kemampuan tersebut ditunjang pengetahuan akan keamanan pangan dan strategi bisnis pangan. Program studi ini cocok untuk kamu yang tertarik untuk mempelajari lebih jauh mengenai teknologi pangan, tapi ingin juga mendalami bisnis—khususnya di bidnag F&B (Food and Beverages).

Makanan yang merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia menyediakan lapangan pekerjan yang nggak ada habisnya. Selain kamu bisa bekerja di industri F&B kamu bahkan bisa mendirikan bisnis makanan/minuman yang produksinya kamu tangani sendiri. Seru banget nggak sih?

3. Oseanografi 

Oseanografi adalah ilmu yang mempelajari fenomena laut, yang kemudian dapat diaplikasikan ke banyak bidang, seperti rekayasa, lingkungan, bencana laut, perikanan, dan mitigasi bencana. Perilaku laut memang susah untuk diprediksi, gelombang yang tinggi, tenggelamnya pulau-pulau keil karena kenaikan permukaan laut, badai, tsunami, dan lain sebagainya.

Sekitar 70% permukaan bumi adalah laut. Cuaca atau iklim yang terjadi di darat dipengaruhi oleh apa yang terjadi di laut. Jurusan ini punya peran penting tapi kurang populer.  Lulusan Oseanografi dapat bekerja sebagai coastal modeler, oceanographic surveyor, metocean engineer, hydrographic surveyor, oceanographer, marine seismic navigator (offshore navigator), marine environmental scientist, dan masih banyak lagi.

4. Teknik Biomedik (Teknobiomedik) 

Teknik Biomedik atau Biomedical Engineering adalah suatu teknik terapan dalam bidang medis/kedokteran yang membutuhkan berbagai macam disiplin ilmu dalam penguasaan terhadap materi-materinya yang meliputi pengaplikasian teknik dan prinsip teknik dalam bidang medis atau kedokteran.  Teknik Biomedik merupakan suatu tempat / wadah bagi para mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan yang fokus dan terspesialisasi pada pelayanan kesehatan.

Lulusan program studi ini memiliki peluang yang besar di lapangan kerja dalam bidang kesehatan baik di lembaga layanan kesehatan sebagai tenaga ahli mitra, di bidang industri, maupun bidang pendidikan. Tertarik mempelajari teknologi dan aplikasinya di bidang kesehatan? Teknik Biomedik bisa jadi program studi yang tepat buatmu!

5. Teknik Energi Terbarukan 

Nggak bisa dipungkiri lagi, dunia kita sedang berada dalam krisis energi berbasis fosil. Stok minyak bumi yang menipis dan kesadaran bahwa ternyata energi tersebut memiliki dampak buruk terhadap lingkungan membuat pencarian akan energi alternatif/terbarukan menjadi gencar dilakukan oleh banyak pihak.

Program studi Teknik Energi Terbarukan hadir atas kebutuhan akan energi dari sumber daya alam yang bisa diperbaharui. Energi terbarukan yang berasal dari matahari, angin, biomassa, air, dan panas bumi akan menjadi andalan bagi manusia di masa depan. Pemanfaatannya akan mengurangi penggunaan bahan bakar fosil serta memperkecil dampak negatifnya terhadap perubahan iklim.

Prospek kerja program studi ini? Jangan ditanya! Seorang lulusan Teknik Energi Terbarukan dapat bekerja sebagai Ahli rekayasa energi terbarukan, Ahli manajemen energi dan energi terbarukan, Pelaku bisnis energi terbarukan, dan Konsultan energi terbarukan.

Baca juga:

 

LATEST COMMENT
Ahmad Faidoli Siregar | 6 jam yang lalu

Apa bisa modal jago gambar kita masuk jurusan arsitektur?

5 yang harus Kamu Persiapkan Sebelum Masuk Jurusan Arsitektur
Cindy Tan | 8 jam yang lalu

Semoga lolos dan keterima SBMPTN ke UI 2019

Berapa Passing Grade SBMPTN 2019?
Hawwa 'Ainaa | 11 jam yang lalu

Saya sma jurusan ipa, apakah bisa masuk fsrd lewat jalur snmptn?

Serba-Serbi Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB
Adrian Sasori | 23 jam yang lalu

Kak, mau bertanya. Boleh nggak mengambil 1 prodi saja di 2 PTN berbeda?

Serba-Serbi SNMPTN 2019 yang Penting Kamu Ketahui
Adrian Sasori | 23 jam yang lalu

Kak, mau tanya. Boleh nggak mengbila 1 prodi pada 2 PTN yang berbeda? Sekian terima kasih!

Serba-Serbi SNMPTN 2019 yang Penting Kamu Ketahui
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©