Menu

Jangan Salah, 7 Pilihan Jurusan Bidang Pertanian Ini Punya Prospek Karier Cerah di Masa Depan!

Gaes, apa yang terpikirkan olehmu jika mendengar kata ‘pertanian’? Petani? Nyawah? Nyangkul? Kebun dan ladang?

Karena hal di atas, nggak heran kalau kids jaman now nggak menaruh minat yang besar dalam bidang ini. Asosiasi dengan bidang kerja yang kuno dan prospeknya yang gitu-gitu aja membuat bidang pertanian seolah tenggelan dalam pesatnya kemajuan bidang-bidang keilmuan lain yang lebih hitz, seperti Desain Komunikasi Visual‍ ataupun Teknik Informatika (Ilmu Komputer)‍.

Padahal, berkat perkembangan teknologi dan pergeseran tren karier, bidang Pertanian punya prospek yang nggak kalah keren di masa depan. Terlebih bidang Pertanian merupakan salah satu sektor kunci perekonomian Indonesia. Betewe, Indonesia adalah negara kedua terbesar setelah Brazil yang memiliki kekayaan alam serta komoditas pertanian dan peternakan yang melimpah, lho, gaes. Menurut data tahun 2013, Total luas lahan pertanian di Indonesia adalah sebesar 8,112,103 hektar. Wih!

Intinya, kamu yang menaruh minat dan passion besar dalam bidang ini, jangan takut kalah saing di pasar lapangan kerja di masa depan. Youthmanual punya 7 rekomendasi pilihan jurusan bidang Pertanian dengan prospek karier yang super cerah yang mungkin aja bakal cocok denganmu. Apa aja, tuh?

1. Teknologi Industri Pertanian (Agroindustri)‍ 

1

Program studi Teknologi Industri Pertanian menitikberatkan pada proses kegiatan pasca panen. Artinya, pada program studi ini akan dipelajari cara mengolah hasil pertanian agar menghasilkan produk-produk yang berkualitas tinggi. Program studi ini mempelajari tentang teknologi industri pertanian dengan model pembelajaran berbasis riset.

Di sini, kamu bakal mendalami bidang agroindustri dengan penguasaan kaidah-kaidah penelitian yang bersifat filosofis, aplikatif, dan mandiri. Pembelajaran dengan dasar penelitian akan menghasilkan mahasiswa yang mampu menciptakan temuan baru dalam agrikultur dengan mengedepankan inovasi yang bernilai, serta dapat membuat karya ilmiah menarik yang layak dipublikasikan.

Cocok untuk kamu yang menyenangi mata pelajaran: Biologi, Fisika, Ekonomi

Prospek karier jurusan ini: Manajer Produksi Industri‍, Peneliti dan Ahli Teknologi Pangan

2. Peternakan‍ 

2

Ilmu Peternakan mempelajari semua kegiatan terkait peternakan. Jurusan ini membekali kita dengan ilmu dan teknologi pengembangan peternakan, industri peternakan, dan kegiatan agrobisnis yang ramah lingkungan, baik dalam bidang ilmu, penelitian dan penerapannya. Di sini, kamu akan dibekali dengan pengetahuan tentang teknologi produksi, teknologi pakan, teknologi pengolahan, serta manajemen dan perencanaan usaha.

Meskipun terdengar kuno, dunia peternakan menawarkan peluang usaha yang sangat besar di pasaran, lho, gaes. Nggak hanya bisa menjadi seorang wirausahawan, kamu bisa bekerja di Industri Produksi Peternakan, Industri Pakan Ternak, Industri Obat Hewan, Industri Pengolahan Pangan Asal Ternak, dan Industri Pengelolaan Limbah, sampai instansi pemerintah seperti Kementrian Pertanian, Kementrian Perindustrian, dan Kementrian Riset dan Teknologi.

Cocok untuk kamu yang menyenangi mata pelajaran: Biologi

Prospek karier jurusan ini: Ahli Peternakan dan Pengembangbiakan Hewan‍, Peneliti Hewan

3. Agroekoteknologi‍ 

3

Agroekoteknologi merupakan cabang ilmu gabungan dari beberapa program studi di Fakultas Pertanian, yaitu Prodi Agronomi, Ilmu Tanah dan Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan. Di program studi ini, kamu bakal mempelajari dasar-dasar ilmiah dalam menemukan, menganalisis dan memecahkan masalah melalui cara berfikir analitik, kreatif dan eksploratif dalam bidang agronomi.

Program studi ini tentunya pas banget untuk kamu menyukai bidang botanikal dan mempelajari tumbuh-tumbuhan serta pertumbuhan dan pengolahannya, terlebih jika kamu gemar memperhatikan kelestarian lingkungan dan suka berinovasi guna membawa pertanian Indonesia ke arah modern yang berkelanjutan, baik dari sisi sosial, budaya, ekonomi, lingkungan dan teknologi.

Cocok untuk kamu yang menyenangi mata pelajaran: Biologi, Ekonomi

Prospek karier jurusan ini: Peneliti Tanah dan Tumbuhan‍, Manajer Pembibitan dan Rumah Kaca

4. Ilmu Tanah (Manajemen Sumberdaya Lahan)‍ 

4

Buat yang belum kenal, Ilmu Tanah sebenarnya merupakan bagian dari ilmu kebumian (earth science). Program studi ini memegang peranan yang sangat penting dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan yang berkelanjutan (sustainable development) serta berbagai usaha di masa yang akan datang yang berkaitan dengan tanah, lho. Lagian industri mana, sih, yang nggak pakai lahan untuk memulainya? Hihihi.

Industri yang bergerak di bidang pertanian, perkebunan, kehutanan, tata guna lahan, perencanaaan dan pengembangan wilayah, konservasi tanah, rehabilitasi lahan perikanan, sampai pertambangan sangat membutuhkan ahli dalam bidang ini. That’s why di prodi ini kamu akan dididik menjadi sarjana yang handal, berkemampuan sebagai praktisi, peneliti dan pengambil kebijakan yang berkaitan dengan pertanian, khususnya sumber daya lahan.

Cocok untuk kamu yang menyenangi mata pelajaran: Biologi, Kimia

Prospek karier jurusan ini: Ahli Konservasi Tanah dan Air‍, Peneliti Geografi (Tidak Termasuk Hydrilogist dan Geographer)

5. Budidaya Perairan (Akuakultur)‍ 

5

Meskipun terkesan mirip dengan program studi Budidaya Perikanan, cakupan dari program studi Budidaya Perairan sesungguhnya jauh lebih lebih luas dan tidak terbatas hanya pada komoditas ikan saja. Jadi tidak hanya terbatas pada bagaimana pembibitan, pemeliharaan, kesehatan, dan teknologi pakan ikan saja, tapi juga tumbuhan air, serta menyangkut kelestarian lingkungan.

Di program studi ini, kamu akan mempelajari ilmu tentang aktifitas pemeliharaan, penangkaran, dan pengembangbiakan biota perairan laut maupun air tawar, seperti ikan, udang, tiram, rumput laut, dan sebagainya. Psst, lulusan jurusan ini bakal dibutuhkan banget di Indonesia, karena bentuk wilayah geografis kita yang 70 persennya merupakan laut!

Cocok untuk kamu yang menyenangi mata pelajaran: Biologi, Kimia

Prospek karier jurusan ini: Manajer Akuakultural‍, Pengajar Ilmu Atmosfir, Ilmu Bumi, Ilmu Kelautan, Ilmu Luar Angkasa

6. Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata‍ 

6

Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata merupakan program studi yang menyajikan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang perlindungan dan pelestarian ekosistem hutan. Pembelajarannya pun difokuskan pada penyelamatan, perlindungan, pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya hutan secara bijaksana untuk kelestarian sumberdaya hutan sebagai penyangga kehidupan secara berkelanjutan.

Lulusan program studi Konservasi Sumberdaya Hutan akan mempunyai keahlian dalam bidang konservasi sumberdaya alam hayati, menguasai aspek praktis dan teoritis pengelolaan sumberdaya alam hayati untuk menjawab tantangan permasalahan terkait. So, Program studi ini cocok banget untuk kamu yang cinta alam dan punya jiwa petualang, karena dalam metode pembelajarannya nanti kamu akan banyak turun ke lapangan untuk mengamati alam bebas.

Cocok untuk kamu yang menyenangi mata pelajaran: Biologi

Prospek karier jurusan ini: Konsultan Lingkungan‍, Spesialis Konservasi Alam

7. Rekayasa Pertanian

7

Rekayasa pertanian adalah program studi yang mengkombinasikan ilmu-ilmu pertanian konvensional dengan prinsip-prinsip rekayasa biosistem untuk membangun dan mengelola sistem pertanian. Jurusan ini mempelajari kompetisi teknis unggul untuk mengembangkan sistem pertanian berkelanjutan untuk mencapai swasembada kebutuhan pokok dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Indonesia yang merupakan negara tropis memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi dengan energi matahari dan curah hujan yang berlimpah sepanjang tahun, yang memungkinkan pertanian di Indonesia untuk berproduksi sepanjang tahun. Itulah kenapa perlu dikembangkan suatu sistem pertanian yang beragam dengan efisiensi energi, materi, dan ekonomi yang tinggi tanpa mencemari lingkungan serta dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat secara umum, yang dapat dipelajari dalam jurusan ini.

Cocok untuk kamu yang menyenangi mata pelajaran: Biologi, Kimia

Prospek karier jurusan ini: Peneliti Tanah dan Tumbuhan‍, Ahli Teknik Biologi

***

Youthmanual telah mengumpulkan ribuan informasi seputar profesi, program studi, kampus unggulan, serta panduan persiapan kuliah yang komprehensif dalam laman Eksplorasi. Baca selengkapnya di sini

Baca juga:

(sumber gambar: pinimg.com, fillyourplate.org, ucdavis.edu, technologyreview.com, nationalgeographic.com, seafoodwatch.com, jervisbaywild.com, hydrocentre.com)

LATEST COMMENT
Betta Agustina | 4 jam yang lalu

Kurang suka menghitung tapi suka lebih suka cari kesalahan atau suka memacahkan masalah

13 Ciri Kamu Cocok Kuliah di Jurusan Teknologi dan Komputer
Dwisat Wulandari | 6 jam yang lalu

Iya bener tuh lebih baik UTBK diadakan tahun depan biar siswa gak pusing "

UTBK SBMPTN 2020 Tidak Dimajukan. Simak Penjelasannya!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©