Menu

Belajar dari Penyesalan Para Mantan Mahasiswa

Kalau kata quote ala-ala Pinterest, in the end, we only regret the chances we didn’t take. Walau katanya kita harus hidup dengan prinsip no regret, nyatanya banyak juga penyesalan terjadi dalam hidup, termasuk saat kuliah.

Saya sempet nanya ke beberapa alumni, “Apa, sih, hal yang bikin kamu nyesel karena dulu nggak dilakukan pas kuliah!”

Ini jawaban mereka!

Amira Mahanani, Universitas Negeri Jakarta – Sastra Inggris 2010
Profesi sekarang: Account Executive
“Aku menyesal karena dulu nggak ngasih kado ke dosen pembimbing selesai skripsi.”

Izna Yuniarti Iskandar, Universitas Jayabaya – Hubungan Internasional 2005
Profesi sekarang: Guru
“Gue nyesel waktu kuliah nggak berani nyamperin ke tempat nongkrong senior yang gue taksir!”

M. Novan Adrian, Universitas Gunadarma – Teknik Informatika 1999
Profesi sekarang: Technopreneur
“Aku nyesel kenapa nggak belajar tentang entrepreneurship sejak dari kuliah.”

Erina Tan, Universitas Bina Nusantara – Sastra Cina 2009
Profesi sekarang: Social Media Manager
“Karena dari jaman kuliah udah bisa cari uang, nyesel kenapa dulu nggak belajar buat nabung.”

Silviani Sabita, Universitas Indonesia – Sastra Rusia 2010
Profesi sekarang: Editor
“Gue nyesel kenapa dulu cepet-cepet lulus! Gue kangen masa-masa kuliaaaah!”

Adi Suryadi, Universitas Indonesia – Hubungan Internasional 2010
Profesi sekarang: Head of Operations
“Gue nyesel banget dulu jaim.”

Enje, Institut Kesenian Jakarta – Televisi 2005
Profesi sekarang: Promo Producer
“Gue nyesel dulu nggak belajar editing lebih serius lagi, karena sekarang gue kurang ngerti teknis!”

Septa Mellina, Universitas Indonesia – Jurnalisme 2010
Profesi sekarang: Freelance Writer
“Gue nyesel nggak produktif nulis pas kuliah dan nulis cuma kalo ada kompetisi aja. Kalo gue rajin, mungkin nama gue sekarang udah sering ada di Kompas atau Koran Tempo! Hahaha…”

Deni, Universitas Muhamadiyah Jakarta – Komunikasi 2000
Profesi sekarang: Head of Customer Service
“Nyesel dulu nggak coba deket sama salah satu dosen periklanan. Padahal harusnya saya bisa belajar banyak dari beliau.”

Widdy Puspa, Akademi Sekretasis & Manajemen Don Bosco – Sekretaris 2012
Profesi sekarang: Sekretaris
“Nyesel dulu nggak pacaran sama anak kampus sebelah!”

Cut Putri, Universitas Jayabaya – Hubungan Internasional 2005
Profesi sekarang: Admin Assistant
“Gue nyesel dulu nggak nyobain semua makanan yang ada di kantin kampus.”

Argi Hartandi, SAE/Next Academy – Film Production 2008
Profesi sekarang: Social Media 
“Nyesel dulu main mulu dan nggak lulus cepet. Kasian bokap.”

Saya sendiri nyesel dulu nggak berusaha memperjuangkan Debat Bahasa Inggris menjadi sebuah Unit Kegiatan Mahasiswa yang resmi di kampus saya. Padahal, saya tau itu bakalan seru banget!

Kompilasi Penyesalan Para Mantan Mahasiswa

Meskipun begitu, Confucius pernah bilang, study the past if you want to define the future. Apapun yang dulu bikin kita menyesal, pasti bisa dijadikan pelajaran untuk kemudian hari. Coba baca juga, deh, hal-hal yang mungkin bisa bikin nyesel kalau kamu nggak lakukan semasa kuliah.

Apa, sih, penyesalan kamu semasa kuliah?

(sumber foto: HD Wallpapers Rocks, Sweetsmile)

LATEST COMMENT
Aufa B | 45 menit yang lalu

Lebih baik ikut utbk jarena ada beberapa univ yg mandiri juga menggunakan kombinasi dengan nilai utbk

Jadwal Lengkap SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri 2019
Aufa B | 46 menit yang lalu

Nama tesnya utbk, jalur masuknya sbmptn

Jadwal Lengkap SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri 2019
Aufa B | 46 menit yang lalu

Nggak berpengaruh

Jadwal Lengkap SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri 2019
Witri syafrida femelia | 6 jam yang lalu

min saya ikut utbk soshum dan saintek namun nilai soshum saya lebih tinggi, saat mendaftar sbmptn saya ingin ambil program studi soshum untuk kedua pilihannya apakah bisa min?atau harus ambil jurusan satu saintek dan satu soshum?

Serba-Serbi SBMPTN 2019, Cek Informasi Lengkapnya!
Dela Amelianta Ginting | 8 jam yang lalu

Kak maksud dari" jangan menempatkan prodi dgn kriteria kelulusan skor tinggi di bwh prodi yg skor lukusnya relatif rendah" itu kyk mana ya..

Pengertian Keketatan Persaingan, Daya Tampung, dan Peluang dalam SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©