Apa, Sih, Program Studi Teknik Pertambangan Itu?

Gaes, hampir semua barang yang kita gunakan saat ini, sebagian atau seluruhnya itu dibuat dengan bahan tambang. Mulai dari perlengkapan dapur seperti pisau, sendok, garpu, reusable straw, hingga kendaraan yang kita gunakan dibuat menggunakan bahan tambang.

Yups, seperti yang kamu ketahui, bumi ini menyimpan kekayaan alam yang sangat berlimpah—salah satunya bahan tambang. Tinggal bagaimana manusia memafaatkan kekayaan alam tersebut sebaik mungkin.

Di Indonesia, ada banyak sekali bahan tambang (seperti mineral dan logam mulia) yang bersarang di perut bumi Indonesia. Namun sayangnya Indonesia belum mandiri buat mengolah kekayaan alamn tersebut dan masih banyak mengandalkan asing.

Nah, kalau kamu tertarik untuk mempelajari bahan tambang. Ternyata ada, lho, program studi bernama Teknik Pertambangan. Bahkan, katanya, sih lulusan program studi ini duitnya banyak, lho! Yuk, cari tahu mengenai program studi Teknik Pertambangan berikut ini.

Apa itu program studi Teknik Pertambangan?

Program studi Teknik Pertambangan merupakan salah satu cabang dari ilmu teknik yang berfokus pada ilmu tentang eksplorasi dan eksploitasi bahan galian/sumber daya mineral seperti emas, perak, alumunium, besi, dan sebagainya, serta batu bara. Pada program studi Teknik Pertambangan kamu akan mempelajari semua proses pertambangan—yang terdiri dari kegiatan penyelidikan umum (prospeksi), eksplorasi penambangan, pengolahan bahan tambang (eksploitasi), pengangkutan, sampai dengan pemasaran hasil tambang.

Apa aja yang bakal dipelajari kalau kuliah di Teknik Pertambangan?

Sesuai dengan namanya, program studi Teknik Pertambangan akan mempelajari berbagai macam hal yang berhubungan dengan proses penambangan terutama mineral berharga dan batubara. Contoh dari mineral berharga itu seperti emas, perak, platina, dan lain-lain.

Untuk ngasih gambaran ke kamu, berikut beberapa mata kuliah yang bakal kamu pelajari di Teknik Pertambangan:

1. Kalkulus

2. Fisika Dasar

3. Pengantar Teknologi Sumberdaya Bumi

4. Eksplorasi Tambang

5. Geologi Dasar

6. Kristalografi dan Mineralogi

7. Matematika Teknik

8. Teknik Gas Bumi

9. Teknik Reservoir

10. Fisika Teknik

11. Ekonomi Mineral

12. Komputasi Tambang

13. Manajemen Pertambangan

14. Geomorfologi

15. Mekanika Batuan

Prospek kerja program studi Teknik Pertambangan

Berhubung kegiatan pertambangan di Indonesia masih banyak di kuasai asing, maka kesempatan untuk bergabung di industri pertambangan perusahaan asing pun juga terbuka lebar. That’s why, para ahli yang bekerja di industri ini banyak yang berkarier di luar negeri dengan gaji fantastis.

Lulusan Teknik Pertambangan sendiri nantinya bisa bekerja di berbagai perusahaan pertambangan, gaes. Menjadi akademisi, bergabung di instansi pemerintah seperti Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, BUMN, dan sebagainya.

Psst, lulusan Teknik Pertambangan nggak melulu harus turun lapangan dan mengunjungi area-area tambang yang memiliki resiko kecelakaan tinggi, kok. Kamu juga bisa bekerja sebagai surveyor pertambangan, analis, bahkan konsultan, lho.

Kampus terbaik untuk kuliah Teknik Pertambangan

Salah satu faktor penentu yang bisa jadi acuan baik tidaknya sebuah universitas adalah tingkat akreditasi dari BAN-PT. Berikut pilihan kampus terbaik dari program studi Teknik Pertambangan yang bisa kamu pilih.

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: miraclemobile.com.au)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 13 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 23 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1