7 Pilihan Jurusan Super Kekinian untuk Kamu Pecinta Dunia Fiksi Ilmiah

Kalau ngomongin soal jurusan kuliah, dari dulu sampai sekarang mungkin jurusan yang laku masih seputar jurusan itu-itu aja: kedokteran, manajemen, atau ilmu hukum.

But wait, semakin berkembangnya teknologi, semakin berkembang pula ilmu pengetahuan yang bisa kita dalami. Kalau kamu perhatikan, sekarang udah banyak banget muncul jurusan-jurusan kuliah baru sebagai jawaban tuntutan perkembangan zaman. Soalnya, makin kesini, makin banyak cabang-cabang rumpun ilmu yang semakin relevan dengan jaman now dan future, alias kekinian. Aih.

Nah, kali ini, Youthmanual mau kasih tau jurusan kuliah super kekinian yang belajarnya serasa syuting film ala-ala science-fiction Hollywood di masa depan, which is bukan lagi hal yang fiksi-fiksi amat. Karena jurusan-jurusan kuliah tersebut akan mempersiapkan lulusannya untuk “pekerjaan masa depan”, pastinya prospek karier jurusan ini udah nggak perlu kamu ragukan lagi.

Apa aja, tuh?

1. Manajemen Rekayasa Industri 

1

Manajemen Rekayasa Industri adalah jurusan yang mengkombinasikan antara ilmu rekayasa (engineering) dan keahlian manajemen. Jurusan ini mempelajari bagaimana menginovasikan suatu produk atau jasa agar tetap bertahan. FYI, jurusan ini adalah cabang dari jurusan Teknik Industri. Bedanya, di jurusan Manajemen Rekayasa Industri, hal utama yang ditekankan dalam pembelajarannya adalah inovasi.

Zaman sekarang, para ahli di bidang teknik nggak lagi dipandang sebagai ahli yang cuma berkutat di bidang teknis aja, tapi juga dapat merangkap sebagai project manager, technical salespeople dan lead systems engineer yang melibatkan proses pendefinisian, perancangan, perintegrasian, pemasaran, dan pengujian kompleks sistem informasi teknologi-sentris.

Jurusan ini muncul sebagai langkah antisipasi kebutuhan pembangunan Indonesia yang lagi kenceng-kencengnya, dimana ada kebutuhan yang besar untuk mengembangkan usaha baru dan memperbaharui perusahan untuk mempercepat Indonesia dalam mengatasi krisis ekonomi yang berkepanjangan. Kekinian banget, nih!

2. Aeronautika dan Astronautika (Teknik Penerbangan)

2

Kalau bicara masa depan dan teknologi kekinian, pasti kamu suka kepikiran sama yang namanya luar angkasa, spaceship, atau bahkan roket. Pokoknya, di masa depan, kepikirannya kita udah bisa rekreasi ke luar angkasa gitu, deh. Yegak?

Nah, nggak ada salahnya kalau kamu pilih jurusan Aeronautika dan Astronautika kalau kamu emang ngaku pecinta fiksi ilmiah, dan tentunya menggemari pesawat dari sisi teknik, mesin, dan teknologi. Dengan mengambil jurusan ini, kelak kamu berpeluang untuk melakukan inovasi di bidang penerbangan.

Jurusan memberikan pengetahuan terkait kedirgantaraan yang mencakup perancangan, pembuatan dan pengoperasian pesawat dan wahana antariksa lainnya. Intinya, di sini kamu bakal mempelajari ilmu keteknikan pesawat. Aeronautika berkaitan dengan segala aspek penerbangan di dalam atmosfer Bumi seperti pesawat komersil, helikopter, pesawat militer. Sedangkan Astronautika berkaitan dengan aspek penerbangan di luar atmosfer Bumi seperti roket dan satelit.

3. Rekayasa Hayati 

3

Bisa dibilang dunia masa depan di cerita-cerita fiksi ilmiah identik banget sama yang namanya rekayasa. So, nggak heran kalau banyak banget jurusan-jurusan baru yang keep up dengan perkembangan teknologi juga melibatkan teknologi rekayasa, yang salah satunya adalah jurusan rekayasa makhluk hidup alias Rekayasa Hayati.

Jurusan ini memberikan pemahaman pada mahasiswanya mengenai sistem produksi dengan agen hayati berupa tumbuhan, juga bagaimana efisiensi sistem produksi rekayasa tersebut. Secara prinsip, jurusan ini emang agak mirip dengan jurusan Teknik Kimia. Bedanya, objeknya adalah agen hayati alias makhluk hidup.

Jurusan ini tentunya cocok buat kamu yang berminat terhadap biologi, senyawa bioproduk, dan teknologi, dimana kamu bisa mempelajari bagaimana merekayasa tumbuhan agar menghasilkan lebih banyak senyawa kimia. Atau, bisa aja kamu berinovasi dalam rekayasa hayati yang lebih kompleks seperti ilmuwan-ilmuwan di cerita genre sci-fi!

4. Industrial Robotics Design 

4

Robot dan kecerdasan artifisial (artificial intelligence) juga bisa dibilang salah satu staple dalam hampir setiap cerita fiksi ilmiah. Dan kalau matamu jeli, pasti kamu bisa menemukan banyak banget pekerjaan masa kini yang udah mulai tergantikan oleh robot. Di dunia nyata, contohnya, pekerjaan yang sudah mulai diambil alih robot paling banyak terdapat dalam bidang industri massal.

Inilah kenapa kamu patut mempertimbangkan jurusan Industrial Robotic Design kalau kamu ingin bertahan dalam industri dengan pekerjaan yang tergantikan ini. Di jaman yang sudah canggih ini, segala aspek tersebut bisa ditunjang dengan hadirnya sistem produksi berbasis robot. Kamu bakal mempelajari seluk-beluk robot industrial seperti merancang robot canggih yang dipergunakan untuk menggantikan tenaga manusia, sehingga proses produksi dapat berjalan lebih cepat dan meminimalisir kemungkinan terjadinya human error.

Kamu yang anaknya hi-tech, suka dan berminat dalam kegiatan robotik, dan pastinya kreatif tentu cocok banget dengan jurusan ini. Soalmya, bertambahnya populasi manusia dan perkembangan zaman menuntut tiap-tiap industri untuk terus berinovasi dan meningkatkan mutu hasil produksinya demi memenuhi permintaan pasar yang semakin meningkat.

5. Bioinformatika 

5

Ilmu kehidupan (Life Science) akhir-akhir ini juga melejit karena semakin besarnya peran teknologi dalam perkembangan ilmu yang menyangkut dengan kehidupan. Nah, penelitian dalam bidang ini menghasilkan beragam Data dalam skala besar (Big Data), yang menciptakan kesempatan baru yang sangat besar bagi para ilmuwan dengan keahlian ilmu komputer.

Bioinformatika adalah program multi disiplin yang berfokus pada penerapan teknologi dan layanan berbasis komputer, data untuk biologi, biomedis, dan penelitian bioteknologi. Jurusan ini mengajarkan kamu untuk menggunakan ilmu komputer untuk memecahkan masalah dibidang biologi yang semakin kompleks, seperti bidang biologis, genetik, ilmu dan teknologi pangan.

Dengan semakin banyaknya data biologis yang dihasilkan di seluruh sektor, ada permintaan yang tinggi untuk profesional yang mempunyai keahlian dibidang biologi, statistik, dan ilmu komputer untuk menganalisis sejumlah besar informasi dan menyajikannya dengan cara yang jelas untuk pengambil keputusan menjadi keahlian yang banyak dicari. Psst, Bioinformatika termasuk salah satu bidang keahlian dengan tren permintaan tertinggi di seluruh dunia, lho!

6. Cyber Security 

6

Programmer dan hacker juga seringkali diasosiasikan sebagai pekerjaan yang futuristik. Kalau kita udah seriiing banget ngebahas anu itu soal jurusan pemrograman atau apa pun yang berhubungan dengan sistem perkomputeran, ada lagi jurusan yang udah one step ahead dari jurusan-jurusan lain di bidang teknologi: Cyber Security.

Jurusan ini mempelajari bagaimana cara memproteksi berbagai industri dan pemerintah dari serangan yang ada pada dunia maya (cyber-attack). Jurusan ini dirancang khusus untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keahlian dalam pengujian, perancangan, dan implementasi pertahanan dalam dunia maya. Jurusan Karenanya,  memiliki dasar yang kuat pada komputer sains serta teori dan kemampuan berpikir kritis mengenai teknologi dunia maya masa kini.

Perkembangan internet di masa kini yang begitu cepat membuat keamanan dalam dunia maya yang juga semakin terancam dengan aktivitas para hacker sehingga jurusan Cyber Security ini sangat dibutuhkan untuk Cyber Defense (pertahanan dunia maya).

7. DKV Animasi 

7

Setelah seru-seruan nonton film sci-fi dan terkesan dengan kemajuan teknologi yang digunakan, kamu pun tersadar kalau semua yang kamu lihat di layar kaca adalah CGI belaka. Tapi, kalau kamu anaknya curious abis, pasti kamu kepo para dengan proses pembuatan animasi yang sedemikian rupa sampai bisa jadi sedemikian nyata.

Makanya, nggak salah kalau jurusan DKV animasi juga cocok untuk kamu yang menyenangi dunia fiksi ilmiah. Nggak cuma sekedar menjadi animator, tapi kamu juga bisa jadi pembuat film, dan keterampilan lainnya. Jurusan ini mengajarkan kamu membuat animasi dan sebagai pelengkap cerita dalam film, dengan mengkombinasikan ilmu film dan teknologi.

Animasi adalah bagian dari Film and TV Production yang melibatkan banyak gaya, proses dan teknik yang berbeda. Jurusan ini dibagi menjadi dua buah keahlian kompetensi animasi, yaitu di bidang film animasi dan animasi game (animasi interaktif). Nah, kecintaan kamu dengan dunia fiksi ilmiah bisa tertuang di jurusan ini, karena kamu akan bisa mewujudkan universe fiksi ilmiah apa pun menjadi nyata. Saik!

(sumber gambar: ste.india.com, intecreus.com, goodnewsnetwork.org, wordpress.com, wps.eu, brookings.edu, montrealgazette.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 13 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 23 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1