Menu

7 Pilihan Beasiswa Terkemuka Dalam Negeri 2019

Taukah kamu? Tiap tahunnya, banyak instansi di dalam dan luar negeri sering mengadakan program beasiswa untuk mahasiswa Indonesia. Nah, buat kamu yang sedang mencari informasi beasiswa dalam negeri berikut ada tujuh program yang bisa kamu ikuti. Cekidott!

1. Beasiswa National Champion Scholarship Tanoto Foundation

Beasiswa National Champion Scholarship Tanoto Foundation

Beasiswa National Champion Scholarship Tanoto Foundation digelar sejak tahun 2006. Beasiswa ini nggak cuma memberikan bantuan finansial hingga semester delapan aja, gaes. Mahasiswa yang terpilih dalam beasiswa ini akan mendapatkan pelatihan soft skill yang nantinya berguna saat di dunia kerja.

Beasiswa yang diperuntukkan untuk mahasiswa S1 dan S2 ini menggandeng 12 universitas di tanah air. Di antaranya adalah IPB, ITB, UI, USU, UGM, UR, UNJA, UNMUL, UNHAS, UNAND, UB, UNDIP.

Biasanya beasiswa ini akan membuka pendaftaran pada pertengahan tahun. Nah, kalau tertarik kamu bisa langsung mengunjungi www.tanotofoundation.org.

2. Beasiswa Unggulan (BU) Masyarakat Berprestasi

Beasiswa Unggulan (BU) Masyarakat Berprestasi

Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi sering digelar oleh Kemendikbud aka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Tiap tahunnya Kemdikbud membuka kesempatan bagi mahasiswa S1 hingga S3 untuk mendapatkan bantuan dana pendidikan dan pelatihan guna meningkatkan kualitas SDM di tanah air.

Beasiswa ini sendiri memprioritaskan 18 bidang keilmuan yang termasuk dalam program Nawacita, lho (Baca selengkapnya di: Ini Dia 5 Pilihan Beasiswa Terpopuler dari Kementerian Indonesia). Kalau kamu berniat untuk mendaftar ada baiknya membaca persyaratan lengkapnya di https://beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/.

Oyaa, biasanya beasiswa ini dibuka pada Maret atau April.

3. Beasiswa STIE Perbanas Surabaya

Beasiswa STIE Perbanas Surabaya

Buat kamu yang tahun ini lulus SMA dan bingung ingin melanjutkan kuliah dimana. Kamu bisa memasukkan STIE Perbanas Surabaya dalam opsi pilihanmu. Yup, universitas yang mendapat predikat Sekolah Tinggi Terbaik 2018 dari Kemristekdikti ini memberikan beasiswa untuk mahasiswa baru, lho.

Ada dua program beasiswa yang bisa kamu ikuti di STIE Perbanas Surabaya yakni beasiswa penuh dan bidikmisi. Kamu yang menerima beasiswa ini nantinya bisa berkuliah tanpa dipungut biaya pendidikan selama masa studi normal (semester satu higgga delapan).

Jika kamu tertarik, kamu harus gerak cepat, nih. Pasalnya, beasiswa Perbanas akan ditutup pada akhir Februari 2019. Lihat info dan persyaratan lebih lanjutnya di http://spmb.perbanas.ac.id/, ya.

4. Djarum Beasiswa Plus

Djarum Beasiswa Plus

Beasiswa Djarum yang satu ini mungkin sudah nggak asing di telinga banyak orang. Diadakan oleh Djarum Foundation, beasiswa ini akan memberikan dana pendidikan sebesar Rp 750.000,- tiap bulannya selama satu tahun.

Yang menariknya lagi, kamu juga akan mendapatkan beragam pelatihan yang akan mengasah soft skill-mu. Beasiswa ini bakal dibuka dari bulan Maret-Mei 2019. Kamu bisa cek informasi terkini dan persyaratan di https://djarumbeasiswaplus.org/.

5. Beasiswa BFI Finance

Beasiswa BFI Finance

Telah berlangsung sejak 2004, beasiswa BFI Finance ini bisa diikuti oleh semua mahasiswa S1. Nggak cuma mendapat biaya pendidikan hingga semester 9, penerima beasiswa juga mendapatkan jaminan bekerja di perusahaan finansial tersebut, lho. Biar nggak makin penasaran kamu bisa akses ke https://www.bfi.co.id/ untuk info lengkap beasiswa yang ditawarkan.

6. Beasiswa Bank Indonesia

Beasiswa Bank Indonesia

Beasiswa dari Bank Indonesia ini nggak cuma memberikan dana pendidikan tiap bulannya aja. Dalam beasiswa ini penerima juga akan masuk dalam komunitas Generasi Baru Indonesia (Genbi).

Kegiatan dalam komunitas ini beragam, lho, gaes. Dan pastinya akan menambah skill kamu di dunia kerja. Nah, buat kamu yang penasaran seperti apa, sih, beasiswa Bank Indonesia itu. Kamu bisa lihat akun Instagram dari Generasi Baru Indonesia.

7. Beasiswa Astra

Beasiswa Astra

Diadakan oleh PT. Astra Internasional, beasiswa Astra 1st ini diperuntukkan bagi mahasiswa program studi Teknik Elektro Teknik, Psikologi, EkonomiTeknik Informatika dan Statistika yang sedang menempuh perkuliahan di semester 2, 4 ataupun 6.

Adapun dana pendidikan yang diberikan kepada penerima beasiswa sebesar Rp 5 juta serta pelatihan skill. Beasiswa ini dibuka pada bulan Agustus 2019. Untuk lebih detailnya kamu bisa akses ke akun Instagram PT. Astra Internasional, ya, gaes.

***

Nah, itu tadi 7 pilihan beasiswa dalam negeri yang ditawarkan di tahun 2019 ini. Jangan sampai kamu lewatkan!

Ikutilah persyaratan yang diberlakukan oleh setiap beasiswa di atas biar kemungkinanmu mendapat beasiswa semakin besar. Selamat berjuang, gaes!

 

Baca juga:

(Sumber gambar: collegemagazine.com, tanotofoundation.org, stiesia.ac.id, seputarkuliah.com, milestone.co.id, fti.unand.ac.id)

LATEST COMMENT
Nur Rokhman | 3 jam yang lalu

Pas bgt deh rencana aku tahun depan nih ka. Aku lulusan tahun 2019, kalau aku ga lulus PTN tahun ini aku rencana daftar PTAIN dan ngulang sbmptn tahun depan hehe Bismillahirrahmanirrahiim

Persiapan SBMPTN Buat Mahasiswa yang Ingin Mengulang
Daru Dyah Mitasari | 8 jam yang lalu

Assalamu'alaikum kak, saya ingin bertanya, apabila kita diterima PMDK PN sebagai pendaftar bidikmisi, apakah nanti kita di SBMPTN tidak bisa menggunakan bidikmisi ? Tetapi jika kita juga diterima di SPAN PTKIN, apakah bisa menggunakan bidikmisi ? Terima Kasih atas jawabannya

Program Bidikmisi Jalur SNMPTN, SBMPTN dan Ujian Mandiri/PMDK/UMPN 2019
moza | 1 hari yang lalu

kak emang bener ya kalo camaba jalur snmptn 2019 wajib bayar uang kuliah awal yang harganya ga jauh beda dengan jalur mandiri? mohon jawabannya

10 Perubahan Penting SNMPTN dan SBMPTN 2019
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©