Menu

6 Pilihan Program Studi Sastra

Program studi Sastra mungkin bukan menjadi jurusan yang pertama dipilih oleh mayoritas murid SMA tingkat akhir untuk melanjutkan pendidikan mereka. Sebenarnya Sastra adalah program studi yang sangat umum dan juga bukan program studi yang baru.

Program studi Sastra akan selalu berkaitan sama bahasa, gaes. Karena hal itulah program studi ini nggak cuma jadi penulis aja, tetapi juga bisa menempati posisi lain di dalam perusahaan, lho. Nah, selain Sastra Indonesia atau Sastra Inggris, berikut ini ada beberapa program studi Sastra yang bisa jadi rekomendasi buat kamu.

1. Sastra Jerman 

Dalam program studi Sastra Jerman, kamu nggak cuma belajar tentang bahasa aja, gaes. Namun juga kebudayaannya. Selama menempuh perkuliahan, kamu akan mempelajari berbagai banyak hal—seperti Grammatik, Hören, Schreiben, Lesen dan Sprechen.

Kamu juga akan mempelajari tentang kesusastraan Jerman—seperti puisi-puisi dari tokoh terkenal Jerman, sejarah perkembangan kesusastraan di Jerman, hasil drama yang dibuat oleh penulis Jerman, dan lain-lain.

Program studi Sastra Jerman itu prospek kerjanya luas, lho. Kamu bisa bekerja di Kedutaan Besar Jerman, Diplomat, Penerjemah , Dosen (Secara umum) atau menjadi Guru Privat.

2. Sastra Arab (Sastra Asia Barat) 

Bahasa Arab saat ini sudah menjadi salah satu bahasa resmi PBB. Di program studi ini nggak cuma belajar bahasa, tetapi juga sejarah dan politik di timur tengah. Lulusan program studi ini juga bisa melanjutkan studi ke negara timur tengah.

Selain itu, lulusan program studi ini juga banyak terserap oleh lapangan pekerjaan yang membutuhkan keahlian dalam bidang bahasa dan sastra, antara lain Penerjemah, Peneliti, Pemandu Wisata, Pengajar dan Staf Kementrian.

3. Sastra Cina (Sastra Mandarin) 

Cina adalah salah satu negara terbesar di dunia. Ekonomi negara Cina juga sangat besar, sehingga banyak perusahaan Cina yang berada di Indonesia. Maka dari itu, bahasa Cina sangat dibutuhkan oleh perusahaan lokal maupun perusahaan Cina itu sendiri, karena banyak perusahaan Cina yang membuka lapangan pekerjaan di Indonesia.

Selain itu, lulusan program studi ini juga bisa menjadi Diplomat, Penerjemah, Jurnalis, Pemandu Wisata dan Pengajar.

4. Sastra Perancis 

Selain bahasa, program studi ini mempelajari komposisi, budaya dan sejarah. Di program studi ini juga belajar negara-negara yang menggunakan bahasa Perancis. Lulusan program studi ini bisa bekerja di dalam di dalam negeri ataupun luar negeri, antara lain menjadi pegawai di instansi Perancis, Penerjemah hingga Agen Pariwisata.

Oyaa, bahasa Perancis juga menjadi bahasa resmi PBB, lho.

5. Sastra Rusia 

Program studi ini memiliki prospek kerja yang bagus, gaes. Kenapa? Soalnya Sastra Rusia merupakan salah satu program studi ini yang langka. Program studi ini sangat jarang dimiliki oleh universitas yang ada di Indonesia.

Tentunya peluang untuk mendapatkan beasiswa ke Rusia juga terbuka lebar. Lulusan ini bisa bekerja  di Instansi Pemerintahan, Media, Pemandu Wisata, Penerjemah dan Tenaga Pengajar.

6. Sastra Korea 

Korea Selatan memang sangat terkenal dengan industri hiburannya. Banyak juga perusahaan dalam negeri yang bekerja sama dengan perusahaan Korea Selatan. Jadi, peluang kerja program studi ini sangat banyak.

Program studi Satra Korea sangat cocok buat kamu yang pecinta Korea. Lulusan ini bisa bekerja di Media, Penerjemah dan Tenaga Pengajar.

***

Itulah 6 rekomendasi program studi Sastra. Jangan remehkan program studi ini, ya, gaes. Soalnya program studi ini, 'kan juga mempelajari bahasa-bahasa asing. Dengan menguasai bahasa asing tersebut kamu bisa keluar keliling dunia, lho.

Jadi, buat kamu yang nggak tau mau kuliah apa tapi mau jalan-jalan, bisalah memilih program studi di atas ini. Hihihi.

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: ted.com)

LATEST COMMENT
Tisam Ali | 17 jam yang lalu

Yup, tapi jangan lengah. Harus tetap nge-gas alias semangat menyiapkan UTBK dari sekarang.

UTBK SBMPTN 2020 Tidak Dimajukan. Simak Penjelasannya!
Yusuf Cahyadi | 17 jam yang lalu

Akhirnya bisa bernapas lega :3

UTBK SBMPTN 2020 Tidak Dimajukan. Simak Penjelasannya!
Dhea rahma | 20 jam yang lalu

Ka aku aliyah jurusan agama aja, bisa ga ngambil ipc? Aku pengen prodi psikologi kk bisa ga ya?

Strategi Sukses IPC di SBMPTN Serta Pertimbangan Memilih IPC
Izzatin Nuriyah | 1 hari yang lalu

Kalau dari MAN terus dari jurusan keagamaan, apakah bisa masuk akpol?

Bercita-Cita Menjadi Polisi? Simak Cara dan Persyaratannya!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©