Menu

5 Program Studi yang Sesuai dengan Hobimu

Hobi merupakan suatu hal yang sering ditanyakan baik itu ketika kamu masih sekolah hingga kamu melamar kerja nanti. Ada banyak, lho, HRD yang suka menanyakan apa hobimu ketika di waktu luang.

Sebenarnya, apa, sih, hobi itu? Hobi memiliki sinonim yaitu kegemaran. Sedangkan pengertian hobi itu sendiri adalah suatu kegiatan yang kamu gemari dan dilakukan pada waktu luang atau bukan pekerjaan utama.

Biasanya, nih, gaes, kalau kamu memiliki suatu hobi, sesulit apapun hobimu, pasti kamu akan terus mengerjakannya. Misalnya, kamu hobi main lego dan menyusunnya hingga menjadi suatu bangunan. Well, meskipun sulit, tapi kamu tetap berusaha menyusun lego tersebut hingga menjadi bagunan, kan?

Nah, maka dari itu, gaes, salah satu syarat dalam memilih program studi haruslah sesuai dengan hobi atau kegemaranmu agar terasa leboh menyenangkan. Berikut sepuluh hobi beserta dengan program studi yang sesuai untukmu!

1. Hobi menggambar

menggambar

Buat kamu yang punya hobi gambar, yuk, intip program studi - program studi seperti Desain Komunikasi Visual, Seni Rupa Murni (Fine Arts) dan lain sebagainya. Ketika kamu bergabung dengan kedua jurusan tersebut, pasti, deh, hal yang akan sering kamu lakukan ialah gambar-menggambar!

2. Hobi jalan-jalan

Kamu suka jalan-jalan? Kayaknya nggak seru, ya, kalau hanya jalan-jalan tanpa mempelajari banyak hal. Nah, buat kamu yang hobi jalan-jalan tapi mau sambil belajar, coba deh masuk ke Program Studi Antropologi, Sosiologi, Pariwisata, Arkeologi , Hubungan Internasional dan lain sebagainya.

Ketika kamu bergabung dengan Program Studi Antropologi, kamu akan sering jalan-jalan ke desa-desa untuk mempelajari budaya yang ada. Kalau Sosiologi, kamu akan jalan-jalan ke industri-industri, ke desa-desa dan lain sebagainya untuk mempelajari hubungan masyarakat. Ketika kamu bergabung dengan program studi Pariwisata, kamu akan jalan-jalan sambil belajar untuk mengembangkan wilayah pariwisata. Kalau arkeologi, kamu akan jalan-jalan untuk mempelajari situs yang ada. Sedangkan hubungan internasional, jalan-jalan untuk mempelajari model United Nation.

3. Hobi jualan

jualan

Selama sekolah kamu suka jualan-jualan baik itu makanan atau barang-barang? Wah, kamu harus banget masuk ke Program Studi Manajemen Bisnis, Manajemen Bisnis Digital dan Manajemen Pemasaran (Marketing).

Pada Program Studi manajemen bisnis, kamu bisa belajar tentang bagaimana cara membuat bisnis yang baik dan juga dapat bertahan lama. Kamu juga akan diajarkan untuk menjalankan bisnis yang telah kamu buat.

Kalau Program Studi Manajemen Bisnis Digital, kamu akan belajar tentang bisnis namun diarahkan pada hal-hal digital seperti mempelajari e-marketing, database, ekonomi digital, analisa bisnis digital dan lain sebagainya.

Kalau marketing, kamu nggak akan belajar tentang bagaimana membuat bisnis. Namun, kamu akan belajar tentang bagaimana memasarkan barang yang kamu jual sebaik mungkin. Pada program studi ini, kamu akan belajar perencanaan, pengelolaan, pelaksanaan, pengawaaan hingga evaluasi proses pemasaran. Buat kamu yang hobi jualan, program studi yang satu ini, pastinya, cocok sekali untukmu.

4. Hobi menghitung

Buat kamu yang hobi dalam hal hitung-menghitung, kamu bisa masuk ke Program Studi Statistika, Matematika, Akuntansi, Aktuaria dan lain sebagainya.

Pada Program Studi Statistika, kamu akan belajar tentang banyak hal yang berhubungan dengan data-data. Pada program studi yang satu ini, kamu akan belajar tentang kalkulus, metode statistika, aljabar linear, basis data, teknik sampling dan masih banyak lagi!

Kalau matematika, kamu akan belajar tentang kalkulus, aljabar linear,  algoritma, strukrut aljabar dan masih banyak lagi! Pokoknya, nggak jauh dari hitung-hitungan, deh! Nah, kalau akuntansi, sedikit berbeda dari kedua program studi sebelumnya. Akuntansi lebih menghitung tentang data keuangan. Hal yang menjadi fokusnya lebih ke hal-hal ekonomi.

Nah, kalau aktuaria belajarnya apa, ya? Bisa dikatakan bahwa aktuaria ini merupakan program studi yang mempelajari matematika, pemograman komputer, probabilitas, keuangan dan juga statistika.

5. Hobi main video game

main game

Buat kamu yang hobi main game, apakah kamu hanya mau menjadi penikmatnya saja, gaes? Tertarikkah kamu untuk membuat video game versimu sendiri? Kalau jawabanmu adalah "iya", kamu bisa masuk ke program studi Animasi, Teknologi Game, Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak), Teknik Informatika dan sebagainya.

***

Kalau kamu memilih program studi didasari oleh kegemaranmu, pasti belajar pun menjadi suatu hal yang menyenangkan, lho, gaes! Nah, dari kesepuluh hobi di atas, adakah salah satunya yang menjadi hobimu?

Baca juga:

(Sumber gambar: sekolahdasar.net, komunitas.bukalapak.com, earnest.com, personalbrandingblog.com)

LATEST COMMENT
Zulva Nur Imawati | 2 jam yang lalu

Makasih kakk udah jawab. Soalnya aku yakin ini jurusan yang aku cari2 sejak dulu. Tapi saya tinggal bukan di perkotaan, agak khawatir sama prospek kerja. Memang sih di daerah saya setelah saya mencari data tenaga kerja RS untuk okupasi terapis tidak ada. Hanya ada fisioterapi itupun hanya 1 orang. Terimakasih kak, semoga dimudahkan sekolahnya. Doakan saya bisa masuk jurusan ini yaa

Mengenal Lebih Dekat Program Studi Okupasi Terapi
Asyila | 4 jam yang lalu

Kalo tembus fkui lewat jalur sbmptn, biayanya semahal di PTS ga sih kak? Jujur aja aku pengen bgt keterima fk cuma kasian papa aku krn mengeluarkan biaya kedokteran ku yg pastinya mahal bgt, dan juga ada ibu dan kakakku yg perlu dinafkahi oleh ayah ku, rasanya aku agak egois ga sih?

Jurusan 101: Tanya Apapun Tentang Jurusan Kedokteran di Youthmanual
Komang S. Satyanata | 5 jam yang lalu

Mohon maaf Baru balas Bantu jawab, Boleh ttapi alangkah baiknya bila ambil aja sbm nya (A)

Seleksi Mandiri Universitas Udayana 2019: Mulai Dari Syarat Pendaftaran Hingga Program Studinya
Sabrina Halimatus Sakdiyah | 5 jam yang lalu

Saya bingung nanti setelah lulus SMA saya ngambil jurusan apa. Kata temanku dan guru seniku gambaran saya bagus tapi menurutku biasa aja soalnya saya melihat temen selain kelasku ada yang lebih bagus dari saya malah jauh lebih bagus. Saya sih pengen banget jurusan kecantikan tapi takut salah melangkah jauh. Tolong saran untuk saya?

8 Pekerjaan yang Banyak Dibutuhkan di Tahun 2020
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©