Menu

5 Program Studi Langka yang Ada di Indonesia

Pendaftaran UTBK masih berlangsung hingga 25 Maret 2019. Apakah kamu sudah memilih program studi yang kamu impikan? Apakah kamu masih bingung mau pilih program studi Pendidikan Dokter, Teknik Mesin, Psikologi, atau Manajemen

Nih, ya, ada banyak sekali program studi yang nggak kalah menarik dari program studi yang disebutkan di atas dan memberikan peluang karier yang menjanjikan.Yups, setidaknya ada 5 program studi yang tergolong anti mainstream yang harus kamu ketahui, lho. Kenapa bisa saya bilang anti mainstream?

Soalnya program studi tersebut hanya ada sedikit jumlahnya di Indonesia. Penasaran program studi apa saja? Cekidot!

1. Teknik Nuklir 

Teknik Nuklir

Daftar program studi langka di Indonesia yang pertama adalah Teknik Nuklir, gaes. Kalau kamu kuliah di proram studi ini kamu akan membahas tentang teknologi nuklir dalam pembangkitan daya, radiasi dan radioisotop di industri, serta radiologi klinik—seperti radiodiagnostik dan radioterapi.

Seperti yang dilansir di laman Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), cuma Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir, Yogyakarta saja yang memiliki program studi Teknik Nuklir. Bahkan, program studi Teknik Nuklir di UGM pun sudah mengantongi akreditasi A pada 2018.

- Daya tampung SBMPTN 2019: 30

2. Oseanografi 

Oseanografi

Buat kamu yang suka dengan laut, program studi Oseanografi bisa jadi pilihan yang tepat untuk kamu melanjutkan pendidikan selepas lulus nanti. Program studi ini mempelajari tentang masalah-masalah kelautan seperti, lingkungan laut dan pesisir, eksplorasi sumber daya laut, serta pengembangan dan penerapan rekayasa teknologi kelautan. (Baca mengenai program studi Oseanografi selengkapnya di: Serba-Serbi Jurusan Oseanografi—Untuk Kamu yang Ingin “Kenalan” Lebih Jauh dengan Laut dan Seisinya)

Di Indonesia, cuma ada 4 kampus yang membuka program studi ini, gaes. Di antaranya adalah:

Namun, hanya Undip dan ITB yang mengantongi akreditasi A dari BAN-PT sejak 2015 untuk program studi Oseanografinya.

- Daya tampung SBMPTN 2019 program studi Oseanografi di Undip: 60

- Fyi, program studi Oseanografi di ITB berada di bawah naungan Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB). Dan untuk daya tampung SBMPTN 2019 FITB: 112

3. Astronomi 

Astronomi

Kalau kamu berminat untuk mengambil kuiliah dengan program studi Astronomi, kamu akan mempelajari seputar peristiwa yang terjadi di ruang angkasa, gaes. Program studi ini terdiri dari tiga bidang keahlian, yaitu Tata Surya, Fisika Bintang, serta Galaksi dan Kosmologi.

Institut Teknologi Bandung menjadi satu-satunya kampus yang memiliki program studi Astronomi. Meskipun jadi menjadi satu-satunya, program studi ini memiliki akreditasi A dari BAN-PT untuk program strata1 (S1), master (S2) hingga doktoral (S3). Oyaa, jangan keliru, Astronomi itu berbeda dengan Astrologi, lho.

- Program studi Astronomi di ITB berada di bawah naungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Dan untuk daya tampung SBMPTN 2019 FMIPA: 180

4. Jamu

Jamu

Siapa yang masih sering minum jamu di sini? Jangan bilang, kamu nggak tahu apa itu jamu. Selain seni dan budaya, Indonesia itu terkenal banget sama obat-obatan tradisionalnya, gaes—termasuk jamu.

Buat kamu yang tertarik mempelajari soal jamu, program studi Jamu hanya ada di Politeknik Kesehatan Kemenkes Surakarta, dengan akreditasi B untuk program D3. Di program studi ini akan mempelajari tentang meracik, menyediakan, hingga melakukan penyembuhan atau terapi dengan jamu.

5. Teknik Sumberdaya Air (Teknik Pengairan) 

Teknik Pengairan

Daftar program studi langka di Indonesia yang terakhir adalah Teknik Pengairan. Program studi ini akan mempelajari ilmu-ilmu teknik sipil dalam perencanaan, desain, pengoperasian, dan pemeliharaan bangunan yang berkaitan dengan sumber daya air, gaes.

Universitas Brawijaya menjadi satu-satunya kampus yang membuka program studi Teknik Pengairan. Untuk program strata1 (S1) Teknik Pengairan memiliki akreditasi A dari BAN-PT. Sementara, untuk gelar master (S2) mendapat akreditasi B.

- Daya tampung SBMPTN 2019: 70

***

Itu dia 5 program studi langka yang ada di Indonesia. Apakah kamu berminat untuk memilih salah satunya?

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: learningscientists.org, youtube.com, awesomeocean.com,  amilyfuncanada.com, suratkabar.id, sunriseirrigationandsprinklers.com)

LATEST COMMENT
Zulva Nur Imawati | 2 jam yang lalu

Makasih kakk udah jawab. Soalnya aku yakin ini jurusan yang aku cari2 sejak dulu. Tapi saya tinggal bukan di perkotaan, agak khawatir sama prospek kerja. Memang sih di daerah saya setelah saya mencari data tenaga kerja RS untuk okupasi terapis tidak ada. Hanya ada fisioterapi itupun hanya 1 orang. Terimakasih kak, semoga dimudahkan sekolahnya. Doakan saya bisa masuk jurusan ini yaa

Mengenal Lebih Dekat Program Studi Okupasi Terapi
Asyila | 4 jam yang lalu

Kalo tembus fkui lewat jalur sbmptn, biayanya semahal di PTS ga sih kak? Jujur aja aku pengen bgt keterima fk cuma kasian papa aku krn mengeluarkan biaya kedokteran ku yg pastinya mahal bgt, dan juga ada ibu dan kakakku yg perlu dinafkahi oleh ayah ku, rasanya aku agak egois ga sih?

Jurusan 101: Tanya Apapun Tentang Jurusan Kedokteran di Youthmanual
Komang S. Satyanata | 5 jam yang lalu

Mohon maaf Baru balas Bantu jawab, Boleh ttapi alangkah baiknya bila ambil aja sbm nya (A)

Seleksi Mandiri Universitas Udayana 2019: Mulai Dari Syarat Pendaftaran Hingga Program Studinya
Sabrina Halimatus Sakdiyah | 5 jam yang lalu

Saya bingung nanti setelah lulus SMA saya ngambil jurusan apa. Kata temanku dan guru seniku gambaran saya bagus tapi menurutku biasa aja soalnya saya melihat temen selain kelasku ada yang lebih bagus dari saya malah jauh lebih bagus. Saya sih pengen banget jurusan kecantikan tapi takut salah melangkah jauh. Tolong saran untuk saya?

8 Pekerjaan yang Banyak Dibutuhkan di Tahun 2020
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©