5 Program Studi Ilmu Murni dengan Prospek Kerja Mumpuni di Masa Depan

Program studi yang mempelajari ilmu murni kerap kali diidentikkan dengan prospek kerja sebagai peneliti atau dosen di program studi terkait. Bener, nggak?

Misalnya, nih, program studi Biologi prospek kerjanya pasti bakal jadi peneliti makhluk hidup, program studi kimia menjadi peneliti senyawa, program studi Astronomi menjadi peneliti luar angkasa, and so on. Anggapan ini sebenarnya bukannya tanpa dasar, karena kalau dilihat dari proses belajarnya, mahasiswa program studi murni memang banyak mendapatkan mata kuliah praktikum di laboratorium. Nggak heran kalau banyak yang mengira kalau setelah lulus nanti alumni program studi ini akan bekerja mengenakan jas lab dan berkutat dengan mikroskop.

Padahal nih, gaes, lulusan program studi ilmu murni memiliki prospek kerja yang nggak kalah luas nan mumpuni, selayaknya program studi-program studi lain. Mau tau apa aja prospek kerja dari program studi-program studi seperti Biologi, Kimia, Fisika, Matematika, dan Astronomi? Simak penjelasannya di sini, yuk!

  1. Fisika 

Apa yang ada di benakmu saat mendengar kata Fisika? Hukum Newton? Rumus yang ngejelimet? Well, kalian nggak sepenuhnya salah sih.

Pada dasarnya, program studi Fisika mempelajari tentang gejala alam yang tidak hidup atau materi dalam lingkup ruang dan waktu. Para mahasiswa Fisika murni juga akan mempelajari perilaku dan sifat materi dalam bidang yang sangat beragam, mulai dari partikel submikroskopis yang membentuk segala materi hingga perilaku materi alam semesta sebagai satu kesatuan kosmos.

Karena lingkupnya yang luas, prospek kerja dari seorang lulusan Fisika murni nggak hanya terbatas menjadi peneliti di lembaga-lembaga pemerintah maupun swasta, lho. Seorang lulusan Fisika murni juga bisa bekerja di industri Perminyakan dan Pertambangan sebagai field engineer, perusahaan konstruksi sebagai kontraktor, bahkan di perusahaan teknologi dan manufaktur.

  1. Biologi 

Jika Fisika mempelajari tentang gejala alam yang tidak hidup maupun materi, Biologi justru sebaliknya. Ilmu ini mempelajari tentang makhluk hidup, manusia, hewan, tumbuhan, dan mikroba. Beberapa subyek yang dipelajari adalah struktur dan anatomi organisme, genetika, fisiologi, ekologi, perilaku, dan sel molekul yang terdapat pada setiap makhluk hidup.

Prospek kerja program studi Biologi terbilang cukup luas, lho, gaes. Kamu nggak hanya akan bekerja di lab, ngeliatin mikroba-mikroba dengan mikroskop. Seorang lulusan Biologi bisa bekerja di berbagai bidang seperti dunia medis, perusahaan Fast Moving Consumer Goods (FMCG), lembaga preservasi kehidupan liar, hingga fotografer alam liar seperti wildlife photographer terkenal, Riza Marlon atau Bang Caca.

  1. Kimia 

Program studi Kimia akan selamanya berurusan dengan cairan-cairan berwarna aneh di dalam gelas laboratorium? Nggak, kok.

Sebagai program studi yang mempelajari tentang unsur dan senyawa yang ada di dunia ini, kamu akan mendapatkan pengetahuan mendalam mengenai sifat-sifat dasar sebuah unsur, interaksinya dengan unsur lain, hingga modifikasinya untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kamu memang akan banyak banget melakukan praktikum dan eksperimen, tapi ini akan memperdalam pemahamanmu mengenai aplikasi bahan-bahan kimia di kehidupan sehari-hari.

Prospek kerjanya? Luas banget! Tahu sendiri ‘kan bahan kimia digunakan di hampir seluruh aspek kehidupan mulai dari obat-obatan, peralatan rumah tangga, kecantikan, hingga makanan dan minuman. Sebagai lulusan Kimia kamu bisa banget bekerja di industri farmasi, kosmetika, kuliner, dan bahkan berwirausaha menciptakan produkmu sendiri!

  1. Matematika

Para mahasiswa di program studi Matematika mempelajari matematika murni seperti aljabar, geometri, dan analisis matematika. Selain itu para mahasiswa juga berpeluang untuk mempelajari statistika, komputasi, aktuaria, dan riset operasi. 

Menurut Ratnaning Palupi, alumni program studi Matematika Universitas Airlangga, belajar di program studi Matematika membuat kita jadi terbiasa untuk berpikir dan bertindak secara sistematis. Pemikiran sistematis dan logis inilah yang menjadi modal utama lulusan prodi Matematika di dunia kerja nanti.

Jangan salah, meski ilmunya spesifik dan tampak susah, tapi program studi Matematika memiliki prospek kerja yang mumpuni. Selain menjadi analis, lulusan matematika juga bisa bekerja sebagai ahli statistik, manajer keuangan, aktuaris, sampai programmer, lho!

  1. Astronomi 

Ini salah satu program studi ilmu murni yang menarik, nih. Prodi yang hanya aada di Institut Teknologi Bandung ini, menerapkan pengetahuan fisika pada objek di langit serta mempelajari struktur, sifat fisik serta evolusi alam semesta beserta isinya. Astronomi juga mendalami kosmologi, ilmu asal muasal jagat raya yang bikin kita sadar bahwa alam semesta tuh sebenernya luas banget!

Program studi Astronomi sendiri dibagi menjadi tiga bidang keahlian, yaitu Tata Surya, Fisika Bintang serta Galaksi dan Kosmologi.

Walaupun cakupan studinya spesifik, namun nyatanya prospek kerja lulusan Astronomi tuh cukup luas lho, gaes—dan pastinya nggak cuma jadi astronomer aja. Lulusan program studi Astronomi yang juga mempelajari fisika, matematika, dan bahkan programming dapat terjun ke banyak industri seperti industri Teknologi, contohnya.

Ngomong-ngomong teknologi, untuk menunjang kegiatan kuliahmu di prodi-prodi ini, kamu pastinya membutuhkan laptop yang memiliki kinerja luar biasa plus spesifikasi yang mumpuni, dong? Kenalan yuk dengan Acer Chromebook 11, laptop yang menawarkan kinerja luar biasa untuk aktivitas sehari-hari, serta didesain menarik dengan daya tahan baterai hingga 10 jam. 

acer chromebook

Acer Chromebook 11 memberikan akses mudah ke dalam ekosistem Google. Jika kamu ingin mengolah dokumen, kamu bisa memanfaatkan aplikasi Google Docs. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan berbagai aplikasi dan ekstensi Chrome lainnya, termasuk Google Maps, Gmail, Play Music, YouTube, Google Drive, dan lainnya dengan sangat mudah dan terintegrasi. Kegiatan nugas dan berbagi file dengan teman-teman maupun dosenmu pun jadi semakin efektif dengan fitur ini.

Spesifikasinya yang mantap dengan dukungan prosesor Intel Celeron, RAM berukuran 4GB, dan kapasitas penyimpanan yang mencapai 32GB, laptop ini siap menemani keseharianmu agar lebih produktif dan efektif!

Baca juga:

(sumber gambar: imperial.ac.uk, acerid.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 13 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 23 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1