Menu

5 Kelebihan Para Lulusan Bidang Sosial Humaniora

Sosial humaniora adalah suatu bidang yang mempelajari nilai-nilai humanisme namun mash berkaitan dengan ilmu sosial. Menurut Earl C. Kelley, pengarang buku Education for What is Real, bidang sosial humaniora menekankan kepada dua hal. Yang pertama ialah keunikan manusia dan dirinya sendiri karena melalui kecerdasannya, manua bisa mengontrol perkembangan fisik dan mental. Lalu yang kedua ialah pencarian manuasia akan nilai-nlai (values) dengan menggunakan daya kreatifnya. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa baca di panduan persiapan kuliah, Youthmanual, ya!

Nah, bidang sosial humaniora ini luas banget, lho, gaes. Di dalam bidang ini terdiri atas beberapa program studi – program studi seperti sosiologi, hukum, psikologi, hubungan internasional, filsafat, jurnalistik, hubungan masyarakat, manajemen produksi media dan masih banyak lagi.

Nah, karena bidang sosial humaniora ini mempelajari tentang manusia, maka, hasil belajarnya pun memberikan beberapa kelebihan bagi para lulusannya. Diantaranya adalah:

1. Memiliki komunikasi yang baik

pintar berkomunikasi

Yap, kalau kamu merupakan seorang lulusan bidang sosial humaniora, pasti kamu memiliki komunikasi yang baik. Kenapa bisa begitu? Karena, orang-orang yang berkuliah di bidang sosial humaniora, pasti lebih sering berinteraksi dengan banyak orang.

Misalnya, kamu merupakan seorang lulusan Jurusan Sosiologi, Antropologi, Kesejahteraan Sosial dan sebagainya, pasti, kamu sering berinteraksi dengan banyak orang dari berbagai macam latar belakang. Ketika kamu kuliah, kamu harus bertemu banyak orang untuk mengetahui berbagai fenomena yang terjadi di orang-orang tersebut. Tahukah kamu? Berinteraksi dengan banyak orang dapat mengasah kemampuan komunikasimu, lho.

Kemampuan komunikasi ini pun tentu sangat berguna untukmu di dunia kerja. Kemampuan komunikasi ini akan digunakan di dunia kerja agar kamu dapat menyelesaikan semua tugas-tugasmu, memaparkan semua laporan di dalam sebuah meeting, menyelesaikan berbagai permasalahan di kantor dan sebagainya.

2. Dapat menghargai perbedaan perspektif

berbeda perspektif

Ketika kamu berkualiah di bidang Sosial humaniora, pasti kamu akan biasa menemukan perbedaan-perbedaan pendapat. Misalnya, kamu adalah seseorang lulusan Program Studi Hukum, Hubungan Internasional dan sebagainya. Di dalam jurusan-jurusan tersebut, kamu pasti sering sekali berdiskusi bahkan hingga berdebat untuk menemukan suatu kebenaran dalam suatu fenomena. Kamu pun akan mendapatkan berbagai macam perbedaan perspektif dan akan menemukan orang-orang yang pro dan kontra terhadap perspektifmu.

Nah, dengan terbiasa berdiskusi, berdebat, mengeluarkan pendapat dan sebagainya, kamu akan menjadi terbiasa untuk mendengarkan perspektif yang berbeda-beda. Kamu pun tentunya akan belajar untuk tidak mengedepankan perspektifmu, melainkan mencari kebenaran dalam suatu fenomena dan tentunya dapat menghargai semua perspektif dari orang lain.

3. Dapat bekerja dimana saja

bekerja dimana saja

Yap, saya teringat dengan perkataan dosen saya. Dosen saya berkata bahwa seorang lulusan bidang sosial humaniora dapat dianalogikan sebagai berlian yang belum diasah. Intinya, para lulusan bidang sosial humaniora merupakan orang-orang yang “berharga”.

Maksud dari berharga disini ialah, para lulusan bidang sosial humaniora merupakan orang-orang yang kompeten namun belum terasah dengan sempurna. Mau bagaimana pun, para lulusan bidang sosial humaniora memiliki kemampuan bekerja di berbagai perusahaan. Setelah mereka telah bekerja, dengan berjalannya waktu, kemampuan-kemampuan baru akan terus terasah sehingga mereka pun akan menjadi “berlian yang terasah”.

Misalnya, nih, kamu seorang lulusan dari Program Studi Hukum. Pada awal kamu berkuliah, mungkin kamu hanya tahu beberapa pekerjaan yang terkait dengan Program Studi Hukum. Tapi, tahu kah kamu? Ilmu Hukum pun dapat bekerja di bank, lho.

Nggak hanya bank, semua perusahaan membutuhkan orang-orang yang berlatar belakang hukum untuk menjadi legal officer. Legal officer merupakan pekerjaan hukum di suatu perusahaan. Seseorang yang bekerja sebagai legal officer akan mengurusi hal-hal yang berkaitan dengan hukum seperti dokumen-dokumen, surat perizinan, kontrak dan sebagainya. Ada pula yang mengurusi permasalahan hukum di suatu perusahaan. Semuanya tergantung dari kebijakan dari masing-masing perusahaan.

4. Kemampuan yang tidak bisa tergantikan

tidak tergantikan

Yap, dengan kemajuan teknologi, banyak sekali kemampuan-kemampuan yang tergantikan dengan teknologi. Maka dari itu, banyak pula pekerjaan-pekerjaan yang dalam kurun waktu tertentu akan tergantikan dengan teknologi-teknologi yang baru.

Akan tetapi, kemampuan para lulusan bidang sosial humaniora sulit untuk digantikan. Para lulusan bidang sosial humaniora memiliki kemampuan-kemampuan yang tentunya dapat digunakan di dunia kerja seperti memiliki kemampuan kritis dalam menghadapi suatu masalah, memiliki logika yang bagus, analitis yang baik dan sebagainya. Selain itu, kemampuan dalam berkomunikasi yang baik pun tidak dapat digantikan dengan aplikasi atau teknologi.

5. Memiliki kreativitas yang tinggi

kreativitas tinggi

Yap, kalau kamu seorang lulusan bidang sosial humaniora, tingkat kekreativitasanmu juga akan meningkat, lho. Misalnya, kamu seorang lulusan jurusan filsafat, well, bisa dikatakan kalau kamu memiliki kekretivitasan yang tinggi dalam berpikir. Kalau kamu seorang lulusan jurusan pertelevisian, periklanan, komunikasi pemasaran dan sebagainya, kamu memiliki kreativitas yang tinggi untuk memaparkan apa yang ingin kamu beritahu kepada orang-orang.

Dengan terbiasa untuk kreatif, hal tersebut bisa menjadi suatu sifat yang melekat pada dirimu, lho. Menurut saya, dengan bekerja dimanapun, kamu perlu memiliki kreativitas untuk menyelesaikan semua pekerjaanmu.

***

Nah, kalau kamu lulusan bidang sosial humaniora, kamu jangan suka membandingkan dirimu dengan orang-orang dari bidang lainnya. Kamu dan mereka memiliki keterampilan, kemampuan dan kelebihan yang berbeda-beda.

Buat kamu yang masih bingung mau mengambil jurusan apa ketika kuliah nanti, kamu bisa jadikan artikel ini sebagai preferensimu dalam memilih jurusan. Jangan lupa juga, ya, gaes, untuk cek jurusan yang cocok untukmu di youthmanual! Hehe.

Baca juga:

(Sumber gambar: careertrend.com, truthinsideofyou.org, roberthalf.co.uk, medium.com, pcma.org, collegexpress.com)

LATEST COMMENT
Tisam Ali | 4 jam yang lalu

Tahun ini PTN bebas dipilih.

Serba-Serbi SNMPTN 2019 yang Penting Kamu Ketahui
Tisam Ali | 4 jam yang lalu

Bisa Evarina. Maksimal mengambil UTBK 2 kali, tinggal kamu ambil tes saintek dan soshum.

Serba-Serbi SBMPTN 2019, Cek Informasi Lengkapnya!
Bragiwibisana | 4 jam yang lalu

Klo masuk ke tni/polri bisa ngga sih??

25 Pilihan Jurusan Kuliah Terbaik Untuk Anak IPS
Evarina Tanar | 4 jam yang lalu

Min saya mau bertanya, jurusn sya ipa, saya mau ambil akutansi sbgai pilihan 1, dan sistem komputer sebg pil kedua, bagaimna cara mengambil utbk nya min, apakah bisa?

Serba-Serbi SBMPTN 2019, Cek Informasi Lengkapnya!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©